englishvit.com – Pasti dah gak asing lagi kan sama kata Wish dan Hope? Yup, kamu wajib tahu kalau kata Wish dan Hope dalam bahasa Inggris punya perbedaan dalam penggunaannya di kalimat loh! Tapi sebelumnya, kata Wish dan Hope punya makna yang sama, yaitu “berharap”. Biasanya kata ini dipakai kalo kamu mau ngomongin tentang harapan atau terjadi hal yang kita mau.

Tapi tau gak sih dua kata ini punya makna yang berbeda dalam konteks kalimat! Nah, biar kamu gak salah lagi pas pake 2 kata ini, Englishvit bakal jelasin perbedaan kata Wish dan Hope dalam bahasa Inggris plus contohnya. Yuk di simak!

Wish

Menurut Cambridge Dictionary, Wish berarti “To hope or express hope for another person's success or happiness or pleasure on a particular occasion.” (untuk berharap kesuksesan orang lain pada kesempatan tertentu). Dalam makna lain, kata Wish juga berarti mengharapkan sesuatu yang gak mungkin terjadi.

Contoh kalimatnya adalah:

I wish I can fly (Aku berharap bisa terbang)

Dari kalimat di atas, udah jelas gak mungkin terjadi karena manusia gak bisa terbang.

Selain itu, kata Wish juga dipakai dalam beberapa makna, yaitu:

  • Menginginkan sesuatu saat itu juga (something you want now)

Contoh kalimat:

I wish I could speak English (Aku berharap aku bisa berbahasa Inggris)

  • Mengandaikan sesuatu dari masa lalu

Contoh kalimat:

She wishes she hadn’t eaten all the chocolate (Dia berharap dia tidak memakan semua coklatnya)

He wishes he had bought a different car (Dia berharap dia membeli mobil yang berbeda)

  •  Mengungkapkan doa

I wish all the best for you (Aku berharap yang terbaik untukmu)

Hope

Kata selanjutnya adalah Hope yang berarti “berharap sesuatu yang sangat mungkin terjadi”. Biasanya kata Hope terjadi dengan adanya usaha yang memungkinkan hal tersebut tercapai.

Contoh penggunaannya dalam kalimat adalah:

  • I hope you will win (Aku berharap kamu akan menang)
  • She hopes you will always be safe and healthy here (Dia berharap kamu akan selalu aman dan sehat disini)
  • My hope is that we can always be together like this, forever (Harapanku adalah kita dapat selalu bersama seperti ini selamanya)

Nah, sekarang udah bisa bedain kata Wish dan Hope? Sekarang coba kamu buat kalimat dari kedua kata ini dan praktekkin dalam speaking kamu. Diharapkan dari artikel ini kamu tidak bingung lagi ya ketika menggunakan kata ini.

Eits, masih ada lagi lho kata-kata yang memiliki kesamaan arti namun penggunaannya berbeda dalam kalimat. Tapi pasti akan ribet kalau kamu harus mencari kata mana saja yang punya arti sama namun makna dalam kalimat berbeda. Daripada kamu harus pusing mikirinnya, bagaimana kalau Englishvit tawarkan salah satu program kelas yang mana dapat memenuhi kebutuhanmu dalam menyelesaikan permasalahan ini? Selain dapat belajar bahasa Inggris bersama tutor professional, kamu juga akan mendapatkan banyak sekali ilmu-ilmu baru, mulai dari vocabulary yang update, ebook dan video pembelajaran bahasa Inggris, dan masih banyak lagi.

Penasaran gak?

Kalau iya yuk langsung chat admin DISINI untuk tanya-tanya lebih lanjut tentang program yang ada di englishvit serta konsultasi kebutuhanmu dalam bahasa Inggris. Kamu juga bisa kunjungi website englishvit.com atau Instagram @englishvit yaa!