englishvit.com - Gimana step belajar bahasa Inggris yang benar untuk pemula? Belajar grammar dulu? Vocabulary? Atau langsung praktek speaking? Mostly udah bingung duluan mau belajar bahasa Inggris darimana dulu karena kita tau semuanya penting. In fact, belajar bahasa Inggris tuh gak masalah mau belajar yang mana dulu, entah belajar vocab dulu atau belajar grammar karena setiap pembahasannya connected. Jadi kamu bisa aja belajar grammar sambil belajar speaking atau belajar vocab dari nonton film bahasa Inggris, tinggal kamu pilih mau belajar yang mana dulu.

Tapi, biar proses belajarmu efektif, Englishvit mau kasitau nih step belajar bahasa Inggris yang tepat untuk pemula. Karena dengan step belajar yang tepat, kamu bisa improve your English dengan cepat dan maksimal. Disimak yuk artikelnya!

How to learn English from the beginning?

Ngerasa gak sih kalau bahasa Inggris dibutuhkan di semua kondisi? Contohnya banyak banget, kayak interview kerja, meeting bareng klien, presentasi tugas kuliah atau projek kerjaan, atau juga untuk kuliah di luar negeri. See? hampir semuanya pake bahasa Inggris. Because English is an international language, so you have to master English as well. Jadi penting untuk kamu menguasai bahasa Inggris di era sekarang. Karena kalau gak belajar dari sekarang, maka kamu bakalan kesusahan ketika di kampus atau di tempat kerja ternyata mewajibkan untuk bisa bahasa Inggris. 

“Tapi apa bisa kalau baru mau belajar sekarang kak? Soalnya aku bener-bener gak punya basic sama sekali.” Bisa dong! Jika kamu belum punya basic sama sekali, ini dia steps belajar bahasa Inggris yang benar untuk bantu kamu menguasai bahasa Inggris dengan baik.

Tentukan alasan kuat untuk belajar bahasa Inggris

Sounds easy, right? Padahal gak gampang tau melakukannya. Coba deh inget-inget, kalian pasti punya temen yang belajar bahasa Inggris di sekolah juga sama kayak kalian tapi skill nya ga improve. Beda dengan kamu yang belajar bahasa Inggris di sekolah juga tapi skill kamu berkembang dengan baik. Kira-kira tau gak kenapa? It's because dia ga serius mau belajar bahasa Inggris. Dia cuman nganggep belajar bahasa Inggris karena pelajaran sekolah.

Jika kamu emang serius untuk belajar, bakal gampang kok untuk belajar bahasa Inggris dengan baik dan cepat. Coba deh kamu pikirin why do you need to learn English? Terus juga pikirin apa keuntungan dari belajar bahasa Inggris. Setelah mikirin alasannya kamu bakal sadar kalo bahasa Inggris itu memang penting dan bikin kamu serius untuk belajar.

Belajar basic 4 skills (listening, speaking, reading, writing)

Setelah udah tau alasan belajar bahasa Inggris, saatnya kamu belajar 4 skills penting dalam bahasa Inggris, yaitu listening, speaking, reading dan writing. Keempat skills ini merupakan basic skills yang penting kamu pelajari. Dari skills ini, bisa dipastikan skill bahasa Inggrismu bakal ter-improve dengan baik.

  • Listening

Firstly, yang bisa kamu lakukan untuk praktekkin skill ini yaitu kamu bisa dengerin podcast, nonton video di Youtube atau film yang berbahasa Inggris. Ini bakal membiasakan kamu untuk denger hal-hal yang berkaitan dengan English. Cara mudahnya, dalam sehari kamu dengerin podcast atau nonton video berbahasa Inggris selama 30 menit. Dan coba sebisa kamu untuk mengerti apa yang dibahas dari audio atau video tersebut. Jika tetap gak ngerti, kamu bisa nulis vocab atau phrase-nya dan cari artinya di kamus atau situs terjemahan.

  • Speaking

Biar kamu berani speaking, cara yang bisa dilakukan hanya dengan beranikan diri bicara bahasa Inggris sedikit demi sedikit setiap harinya. Gak usah mikirin dulu grammar atau pronunciation-nya, at least kamu beraniin diri dulu untuk speaking English. Setelah kamu udah berani, kamu bisa nih melatih pronunciation-mu dengan membuat to-do list kosakata yang ingin kamu pelajari dalam 1 hari.

  • Reading

Baca buku, artikel, atau tulisan yang berbahasa Inggris adalah cara selanjutnya untuk improve your reading skill. Kamu bisa cari topik atau tulisan yang kamu memang suka dan coba baca 1 buku atau tulisan dalam 1 hari. Dan juga, coba pahami topik dari bacaan tersebut. Gunakan kamus untuk membantu kamu memahami kata atau frasa yang susah dipahami.

  • Writing

Skill yang terakhir ini gak kalah pentingnya dengan skills yang sudah dijelaskan sebelumnya. Kamu bisa mulai coba menulis apa yang kamu lakukan setiap harinya pake bahasa Inggris di buku catatan khusus untuk belajar bahasa Inggris. Jangan lupa kamu review tulisanmu di akhir hari dengan memeriksa spelling atau grammar-nya. 

Jadikan bahasa Inggris sebagai bagian kehidupan sehari-hari

Coba sekarang cek settingan hape kamu.  Kalau masih pake bahasa Indonesia berarti mulai sekarang diubah ke bahasa Inggris ya.  Ini salah step bagus untuk mulai membiasakan bahasa Inggris di kehidupan sehari-hari. Dengan pake bahasa Inggris di kehidupan sehari-hari, secara gak langsung kamu jadi belajar bahasa Inggris dan juga dapat knowledge baru setiap harinya.

Belajar tenses dasar

Selain belajar 4 basic skills, belajar basic tenses juga gak kalah penting sebagai pengetahuan awal untuk grammar. Adapun basic tenses yang dipelajari adalah:

  • Simple Present
  • Present Continuous
  • Present Perfect
  • Simple Past
  • Simple Future

Beda dengan bahasa Indonesia, di bahasa Inggris kamu perlu belajar tenses karena penggunaan kata subject, verb, adjective bakal beda sesuai dengan kondisi waktu atau situasi tertentu. Dan juga dengan menguasai basic tenses, setidaknya kamu paham apa yang lawan bicaramu omongin dan gak misunderstanding deh. Kamu bisa cek pembahasan mengenai 5 Tenses yang wajib kamu kuasai yang telah dibahas sebelumnya ya.

Mencari partner untuk belajar bahasa Inggris 

Carilah teman atau partner yang sama-sama ingin belajar bahasa Inggris. Dengan adanya partner kamu tetep merasa termotivasi untuk belajar bahasa Inggris sekaligus pengingat kamu untuk terus belajar. Kamu bisa practice speaking bareng partner sekaligus ngelatih biar kamu pede untuk ngomong bahasa Inggris.

Gimana? Mau belajar bahasa Inggris gak? Gak ada kata terlambat untuk belajar kok. Kamu bisa mulai belajar dari sekarang. Belajar secara otodidak juga bisa dilakukan dari sekarang. Namun, akan lebih baik jika kamu belajar bareng partner yang sama-sama ingin belajar bahasa Inggris atau bersama orang yang lebih berpengalaman.

Tapi daripada susah-susah cari partner belajar, kamu bisa banget loh belajar di Englishvit. Fyi, Englishvit adalah lembaga belajar bahasa Inggris yang bakal bantu kamu improve your English dibimbing tutor berpengalaman dengan biaya yang terjangkau. Jika kamu belajar di Englishvit, kamu bakal dapet materi pembelajaran berupa ebook, audio, video, latihan soal atau daily quiz yang bisa diakses kapan dan dimana saja. Disini juga kamu bisa pilih program kelas yang didesain sesuai kebutuhanmu terhadap bahasa Inggris. Kamu bisa konsultasi dulu nih sama admin apa kebutuhanmu sama bahasa Inggris.

Menarik bukan? Kamu gak perlu susah-susah nyari materi dan partner karena kamu bisa dapetin disini.

Kalau kamu mau cek langsung program kelasnya, kamu bisa cek langsung website englishvit  atau bisa juga chat admin dulu untuk tanya-tanya jika masih belum jelas. Jangan lupa juga untuk cek Instagram englishvit karena disana bakal sering share tips-tips belajar bahasa Inggris nih.