Seleksi ujian perguruan tinggi negeri tinggal beberapa bulan lagi akan segera dilaksanakan. Selain karena reputasinya yang baik, impian lolos masuk universitas negeri masih jadi incaran para calon mahasiswa baru karena biaya kuliah di universitas negeri yang kadang lebih murah dibandingkan dengan biaya kuliah di perguruan tinggi swasta.

Tips Ampuh Lolos Universitas Negeri Favorit

Buat kamu para siswa kelas 12 atau lulusan SMA dan SMK yang lagi gap year untuk menyiapkan seleksi PTN, yuk ikuti 5 tips lolos masuk universitas negeri favorit impian kamu di bawah ini!

1. Cari tahu jadwal ujian masuk PTN incaran mu

Saat ini ada 3 jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri yaitu SNMPTN, UTBK, dan seleksi mandiri. Setelah menentukan universitas yang kamu incar, kamu harus rajin-rajin ngepoin website universitas negeri incaranmu. Jangan sampai kamu terlewat tidak ikut ujian di universitas impianmu karena kamu tidak tahu tentang informasi dan jadwal pelaksanaannya ya. Ujian masuk perguruan tinggi negeri biasanya hanya dilaksanakan sekali dalam setahun. So, kalau kamu melewatkan ujian seleksi pada tahun ini kamu terpaksa harus mengikutinya di tahun depan lho.

2. Persiapkan diri kamu sedini mungkin

Sebenarnya kapan sih seharusnya kita mulai menyiapkan diri untuk seleksi PTN? Kamu bisa mulai mempersiapkan rencana kuliah sejak awal masuk SMA atau SMK dengan cara memilih jurusan yang sejalur dengan jurusan yang akan kamu pilih di universitas nantinya. Selain itu, apabila kamu ingin lolos universitas negeri melalui jalur SNMPTN, kamu harus belajar sebaik mungkin selama masa SMA agar bisa mempertahankan nilai rapor supaya tidak turun. Kamu juga harus aktif berprestasi saat SMA atau SMK, agar jadi nilai plus buat kamu untuk lolos seleksi SNMPTN.

3. Riset peluang jurusan yang kamu mau

Saat memilih jurusan, kamu harus tau kuota mahasiswa baru yang akan diterima dan juga jumlah pendaftar di tahun sebelumnya. Untuk apa sih cari tahu masalah ini? Tips ini harus kamu lakukan agar kamu mempunyai gambaran tentang kira-kira jumlah saingan kamu saat mendaftar jurusan tersebut. Kamu juga harus sadar akan kemampuan dan potensi diri kamu. Kebanyakan calon mahasiswa gagal ujian masuk PTN karena salah strategi saat memilih prodi dan jurusan. Usahakan memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki.

4. Memperbanyak latihan soal ujian masuk PTN

Gagal seleksi di SNMPTN? Nggak perlu patah semangat. Masih ada UTBK dan seleksi mandiri lho. Mempersiapkan untuk UTBK dan seleksi mandiri lebih penting daripada fokus melulu dengan SNMPTN. Persiapan UTBK dan seleksi mandiri ini juga harus kamu lakukan sedini mungkin. Jangan ditunda-tunda hingga 1 bulan sebelum ujian agar hasilnya maksimal. Latihan soal ujian masuk PTN bisa kamu mulai dari kelas 11 atau di awal masuk kelas 12. Semakin banyak kamu berlatih mempelajari soal ujian masuk PTN kamu jadi akan terbiasa mengerjakannya.

 

 5. Rajin mengikuti tryout 

Saat mempersiapkan ujian masuk, usahakan untuk mengikuti beberapa tryout UTBK dan seleksi mandiri yang dilaksanakan oleh lembaga bimbingan belajar ataupun yang diselenggarakan oleh sekolah. Tryout ujian masuk PTN tidak hanya akan mengasah pengetahuan kamu terhadap materi-materi ujian, namun juga menambah rasa percaya diri kamu nantinya di saat ujian yang sebenarnya. Kamu akan terbiasa berada di suasana ujian sehingga kamu tidak gugup lagi di hari ujian nantinya.

Nah itu tadi 5 tips yang harus kamu lakukan agar bisa lolos universitas negeri favorit impian kamu. Ada nggak tips yang ternyata sudah kamu terapkan selama ini?

Kamu tau nggak kalau kemampuan bahasa Inggris itu penting dimiliki sebelum kamu masuk perguruan tinggi? Selain untuk persiapan tes masuk, kemampuan bahasa Inggris juga penting dimiliki karena hampir seluruh kampus akan menguji kemampuan bahasa Inggris kamu melalui tes TOEFL. Skor tes TOEFL sering digunakan sebagai persyaratan kelulusan dan persyaratan saat mendaftar beasiswa lho!

Yuk persiapkan diri kamu dengan mengikuti program Grammar for TOEFL Hack di Englishvit. Di program Grammar for TOEFL Hack, kamu akan mendapatkan tips and trik mengerjakan soal grammar TOEFL. Akan ada 600 soal grammar+pembahasannya, serta 60 video berisi tips mengerjakan soal grammar TOEFL. Kamu hanya perlu membayar sekali, dan program ini bisa kamu akses seumur hidup! Tunggu apalagi? Klik DI SINI untuk mendaftar program!