Tips lancar belajar speaking bahasa inggris untuk pemula yang wajib kamu ketahui jika ingin lebih jago bahasa Inggris.

Sebagai pemula, pasti kamu sering gagap atau berhenti ditengah-tengah pembicaraan karena lupa vocab atau karena gugup. Padahal kemampuan speaking ini sangat penting untuk dikuasai agar dapat berkomunikasi dengan baik dengan dunia luar.

Buat kamu yang ingin lancar speaking bahasa Inggris, 4 tips ini mungkin cocok buat kamu!

1. Menirukan cara native speakers berbicara

Belajar speaking dengan cara meniru penutur asli bahasa Inggris akan membantu mengurangi bahkan menghilangkan aksen ‘medok’ yang kamu punya. Meniru native speakers bisa dilakukan secara mudah dengan melihat video di YouTube. 

Saat kamu nonton video, kamu hanya perlu mendengarkan lalu meniru kata-kata yang diucapkan dalam video. Jika di video terdengar suara “I’m really tired today.”, maka kamu harus mengulang kalimat itu sampai kamu terdengar seperti orang yang berbicara di video. 

Dengan metode ini, kamu jadi bisa tau cara pengucapan dan gaya berbicara bahasa Inggris yang sebenarnya. Kamu juga bisa mempelajari gerakan mulut dan bibir pembicara, lho. Selain itu, cara ini bisa membantu mengenal kosakata baru.

2. Jangan langsung fokus dengan grammar

Buat kamu para pemula yang mau memperlancar speaking, taruh dulu bukunya dan berhenti dulu belajar grammarnya. Nggak bisa dipungkiri bahwa belajar Grammar memang penting, tapi hal itu seharusnya bukan menjadi fokus utama kamu saat mau belajar speaking. Kalau kamu fokus ke grammar terus, speaking nya kapan dong? Yang terpenting dari speaking adalah kamu mampu menyampaikan pesan atau informasi kepada orang yang kamu ajak bicara. 

Jangan berkecil hati kalau kamu masih belum jago urusan grammar. Yang terpenting kamu sudah tahu cara menyusun kalimat dalam bahasa Inggris.

3. Memperbanyak praktek speaking bahasa Inggris

Tips ini adalah tips paling penting buat kamu yang ingin lancar speaking. Jika kamu ingin jago speaking, kamu harus mengerahkan seluruh tenaga untuk praktek speaking. Seperti kata pepatah ‘Practice makes perfect’. Kamu akan lancar setelah banyak berlatih.

Gimana sih caranya praktek speaking? Pertama kamu bisa latihan dengan native speakers langsung. Sekarang sudah banyak situs dan aplikasi yang menyediakan layanan ngobrol gratis dengan native speaker, seperti Italiki, HelloTalk, Speaky, HiNative, dan lain-lain.

Kamu juga bisa praktek speaking tanpa bantuan orang lain dengan cara dengan ngomong sendiri di depan kaca, membicarakan hal-hal yang kamu sukai. Misalnya kamu suka nonton k-drama, nih. Sobat Englishvit bisa lho belajar speaking dengan cara menceritakan kembali k-drama yang sedang ditonton. Dengan cara ini kamu juga bisa menambah kepercayaan diri!

4. Bangun kepercayaan diri kamu

Banyak pemula yang merasa takut dan malu berbicara dalam bahasa Inggris. Ada yang takut salah, takut kedengeran medok, takut dikira sok inggris, dan masih banyak lagi takut-takut lainnya. Padahal ketakutan kamu itu bisa menghalangi kamu untuk lancar berbicara, lho. 

Karena kamu takut dan tidak percaya diri, kamu membuang kesempatan melatih ilmu speaking yang sudah kamu pelajari sebelumnya. Jadi, bicaralah dengan rasa percaya diri dan dengan seiringnya waktu kamu pasti akan lancar speaking kok! It’s okay to make mistakes when you’re learning! Dengan melakukan kesalahan, kamu jadi tau hal-hal yang masih perlu kamu perbaiki dan tingkatkan lagi.

Itu tadi 4 tips agar lancar speaking bahasa Inggris untuk pemula. Mudah kan untuk dipraktekkan?

Kalau kamu masih punya kesulitan speaking dan ingin punya partner latihan yang udah jago bahasa Inggris, Englishvit punya program-program speaking yang bisa kamu ikuti, lho. Klik di sini untuk mengetahui programnya!