Englishvit.com - Untuk yang sedang meniti karir maupun melanjutkan studi, kamu tentunya sudah mengetahui pentingnya skor TOEFL. Tes tersebut sudah menjadi syarat dan bahan pertimbangan baik dalam dunia akademis maupun dunia kerja. Contohnya sebagai syarat studi ke luar negeri, melanjutkan S-2 dan S-3, kelulusan Universitas hingga mekanisme perekrutan atau kenaikan jabatan. Agar dapat menghadapi TOEFL dengan lancar, persiapkan dirimu dengan melakukan beberapa tips di bawah ini.

 

Jangan buru-buru ambil tes TOEFL

Luangkanlah waktu untuk mempersiapkan tes TOEFL agar persiapanmu lebih matang. Jangan terburu-buru mendaftar sebelum merasa siap 100%. Berkomitmenlah untuk menggunakan waktumu untuk belajar dengan intensif.

 

Buatlah rencana belajar

Ada begitu banyak practice test dan sumber yang dapat kamu gunakan untuk belajar. Cobalah untuk melakukan practice test setiap 1 atau 2 minggu. Catat dan pelajari pertanyaan-pertanyaan yang sering salah kamu jawab. Jangan lupa untuk meningkatkan skill bahasa Inggrismu, karena skill yang kamu miliki akan berpengaruh terhadap skor.

 

Lakukan Simulasi Tes

Makin sering kamu latihan, makin tinggi skor-mu! Berlatihlah seolah-olah kamu menghadapi real-test, no dictionary, no phone, no help dan gunakanlah timer. Mungkin kamu merasa gugup saat melakukannya, namun ini adalah hal yang bagus untuk mengatasi kegugupanmu. Kamu akan merasa lebih tenang dan percaya diri saat menghadapi tes.

 

Ketahui Petunjuk Soal

Tes TOEFL dibuat dengan kesulitan dan perintah yang sama. Petunjuk tersebut memberi tahu apa yang harus kita lakukan dan berapa banyak waktu yang kita miliki untuk menjawab pertanyaan yang ada. Jika kamu sudah melakukan banyak tes latihan, tentunya kamu sudah familiar dengan petunjuk yang ada di tes TOEFL. Saat melakukan simulasi, bacalah petunjuknya dengan cermat. Cobalah untuk memahami perintah soal supaya tidak melakukan kesalahan saat tes TOEFL.

 

Bersahabatlah dengan waktu

Manfaatkan waktu sebaik mungkin, jangan menghabiskan waktu memikirkan soal-soal sulit. Ini hanya akan menjebakmu, sebaiknya gunakanlah waktu yang ada untuk mengerjakan soal-soal yang dirasa mudah terlebih dahulu. Gunakanlah timer saat latihan supaya lebih terbiasa membagi waktu saat mengerjakan TOEFL.

 

Fokus pada Grammar and Vocab

TOEFL adalah tes yang menguji kemampuan bahasa Inggris. Pengetahuan vocabulary dan grammar adalah dua aspek yang harus kamu kuasai. Skor TOEFL yang kamu peroleh akan merepresentasikan level pengetahuan bahasa Inggris yang kamu miliki. Mulailah memperkaya vocabulary dan mempelajari grammar karena kedua hal tersebut akan sangat membantumu dalam menghadapi tes TOEFL dengan baik. Ingatlah bahwa TOEFL adalah tes bahasa, jadi fokuslah untuk meningkatkan skillmu.

 

Temukanlah mentor

Mungkin kamu berpikir bahwa kamu dapat belajar TOEFL secara otodidak. Hal ini tidak sepenuhnya salah jika kemampuan bahasa Inggrismu sudah mumpuni. Namun, kalau kamu merasa bahwa kemampuanmu masih kurang, temukanlah seseorang yang dapat menjadi mentor dan memberikan feedback. Belajar tanpa mentor tak hanya akan membuatmu bingung, tapi juga membuat waktumu tidak efektif.

 

Itulah tadi beberapa tips yang harus kamu ketahui sebelum meklakukan tes TOEFL. Pastikan kamu melakukan tes TOEFL di lembaga yang tepat. Kalau kamu melakukan tes TOEFL untuk keperluan administratif seperti perekrutan kerja atau kenaikan jabatan, kamu dapat melakukannya di mana saja. Namun, untuk keperluan beasiswa, lembaga yang mengeluarkan sertifikat TOEFL haruslah yang terakreditasi ETS.

 

Apa itu ETS? Apa bedanya TOEFL dari ETS serta fungsinya untuk keperluan beasiswa?

Jawaban dari pertanyaan tersebut akan disampaikan oleh Arum Perwitasari, PhD dalam EDUFEST, seminar online atau daring yang ditujukan untuk mereka yang berminat melanjutkan studi di luar negeri. Acara yang diselenggarakan oleh EnglishVit ini akan berlangsung tiap Sabtu dan Minggu di bulan November. Tepatnya pada tanggal: 7 dan 8 untuk minggu pertama, 14 dan  15 untuk minggu kedua,  21 dan 22 untuk minggu ketiga, 28 dan 29 November untuk minggu keempat.

Pada tanggal 14 November 2020 Arum Perwitasari, PhD akan menyampaikan seminar dengan tema “TOEFL for Scholarship.” Peraih gelar PhD dari Leiden University ini merupakan salah satu penerima beasiswa Leiden-Dikti Scholarship untuk program doktor dan Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi untuk program master di Universitas Gadjah Mada. Saat ini beliau bekerja di ETS Global, lembaga yang mempunyai lisensi untuk mengeluarkan sertifikat TOEFL.  


Kalau kamu ingin mengambil tes TOEFL untuk keperluan beasiswa, wajib banget nih ikut acaranya. Kapan lagi  kamu dapat mengetahui secara lebih tentang TOEFL langsung dari ahlinya? Tidak hanya membahas tentang TOEFL untuk keperluan beasiswa, dalam EDUFEST akan ada 7 speaker lain yang tak kalah hebatnya. Supaya kamu tidak ketinggalan informasi, silahkan follow akun Instagram kami di @englishvit .


Selain itu, dengan mengikuti EDUFEST kamu akan mendapatkan fasilitas sebagai berikut:

  • Mendapat konsultasi gratis, kelas ini dilengkapi group support yang akan memudahkanmu meraih beasiswa. 
  • Mendapatkan materi langsung dari penerima awardee.
  • Mendapatkan partner dalam mencari beasiswa, sehingga kamu tidak ketinggalan informasi tentang beasiswa.
  • Group Komunikasi Beasiswa Seumur Hidup.

Kalau kamu tertarik atau ingin bertanya-tanya seputar info lebih lanjut. Kamu boleh chat langsung dengan admin untuk berkonsultasi GRATIS. KLIK DI SINI.

TICKET

PERIOD

PRICE

SPECIAL*

EARLY BIRD

5-11 Oktober

Rp. 100.000,00

Rp, 80.000,00

PRESALE 1

12-18 Oktober

Rp, 150.000,00

Rp, 125.000,00

PRESALE 2

19-30 Oktober

Rp, 175.000,00

Rp, 140.000,00

NORMAL

1-6 November

Rp, 295.000,00

Rp, 250.000,00

*Harga khusus member & ex-member EnglishVit

Kalau kamu ingin langsung daftar seminarnya, kamu bisa KLIK DI SINI untuk mendapatkan POTONGAN HARGA Rp, 20.000,- dari harga pendaftaran.