Tips mudah belajar pronunciation bahasa Inggris untuk pemula seringkali jadi topik yang sering dicari-cari oleh orang yang baru mulai belajar bahasa Inggris. Pronunciation adalah cara pengucapan suatu kata. Pronunciation yang baik tak hanya dilihat dari suara yang terdengar dari mulut, namun perlu pula diperhatikan artikulasi, penekanan, dan juga intonasinya.

Pronunciation bahasa Inggris penting banget lho untuk dilatih dan dipelajari agar tidak ada kesalahpahaman saat kamu bercakap-cakap dengan orang lain. Ketika pronunciation kamu salah atau kurang tepat, hal ini akan menyulitkan orang lain untuk memahami maksud dari perkataan yang ingin kamu sampaikan sehingga percakapanmu menjadi tidak efektif.

4 Tips Mudah Belajar Pronunciation Bahasa Inggris untuk Pemula

Untuk menghindari hal-hal itu, yuk simak 4 tips mudah belajar pronunciation bahasa Inggris yang bakalan cocok banget buat kamu para pemula!

1. Konsisten dengan satu aksen saat belajar bahasa Inggris

Aksen atau logat aksen adalah cara pengucapan kosakata yang khas dari sekelompok orang tertentu. Saat ini, ada 2 macam aksen yang paling terkenal untuk dipelajari dalam bahasa Inggris yaitu aksen Amerika dan British. Di awal kamu memulai belajar bahasa Inggris, kamu sebaiknya menentukan akan memilih belajar bahasa Inggris dengan menggunakan aksen Amerika atau British, karena kedua aksen tersebut memiliki karakteristik cara pronunciation yang cukup berbeda. 

Pilihlah aksen berdasarkan kebutuhan dan rencana kamu setelah belajar bahasa Inggris. Misalnya kamu berencana berkuliah di Inggris setahun lagi. Nah, karena kamu sudah punya rencana akan berkuliah di Inggris, akan lebih baik jika kamu belajar pronunciation dengan aksen British. Pilihan ini juga akan mempengaruhi penguasaan kosakata kamu, karena aksen Amerika dan British memiliki penggunaan kosakata yang cukup berbeda.

2. Mempelajari cara membaca phonetic symbol

/ˈhæp.i/ tulisan di samping merupakan contoh dari phonetic symbol dari kata happy. Phonetic symbol atau simbol fonetik adalah karakter tertulis yang digunakan untuk mewakili suara ucapan tertentu yang membentuk sebuah kata. Simbol ini bisa kamu temukan saat membuka kamus digital maupun non digital, yang mana digunakan untuk menunjukkan cara pengucapan suatu kosakata yang benar. 

Di awal paragraf kamu bisa melihat bahwa tiap-tiap huruf dalam sebuah kata belum tentu menunjukkan secara tepat cara pengucapan kata tersebut. Dengan mempelajari phonetic symbols kamu akan bisa bisa meningkatkan kemampuan pelafalan kosakata bahasa Inggris kamu dan kamu juga bisa dengan mudah mempelajari cara pronunciation kosakata bahasa Inggris yang baru saat kamu sudah tau cara membaca phonetic symbol.

3. Dengarkan dan tirukan cara bicara native speakers

Kamu bisa melakukan cara ini dengan melihat video native speakers saat berbicara dan mendengarkan intonasinya, kemudian menirukan cara pengucapan orang yang ada di dalam video dengan cara menghentikan video sejenak.

Meniru cara bicara native speakers dengan suara keras juga akan melatih pronunciation kamu. Saat kamu sudah terbiasa mengucapkan kosakata bahasa Inggris, organ-organ yang digunakan untuk memproduksi suara seperti mulut, bibir, lidah, pita suara dan tenggorokan, juga akan terbiasa dan menjadi terlatih pula mengucapkan kata bahasa Inggris dengan benar. Selain itu cara ini bermanfaat juga untuk menambah ingatan kamu tentang kosakata bahasa Inggris.

4. Melatih otot lidah dengan tongue twister

Pernah dengar kalimat ‘Ular melingkar-lingkar di atas pagar’? Kalimat tersebut merupakan contoh tongue twister namun dalam bahasa Indonesia. Tongue twister bisa jadi salah satu cara seru buat kamu untuk melatih pronunciation lho. Cara ini sudah terbukti dapat memperjelas pengucapan kata karena bisa melatih dan memperkuat otot-otot yang digunakan untuk berbicara. Dengan tongue twister, kamu jadi tahu kosakata dan suara yang selama ini sulit kamu ucapkan. Kamu bisa mulai dengan mengucapkan tongue twister secara perlahan, lalu mengulanginya dengan mengucapkannya secara cepat secara berulang-ulang.

Contoh-contoh tongue twister untuk melatih pronunciation:

  • Peter Piper picked a peck of pickled peppers
  • How much wood would a woodchuck chuck if a woodchuck could chuck wood?
  • Betty Botter bought some butter
  • She sells seashells by the seashore.
  • When a doctor doctors a doctor, does the doctor doing the doctoring doctor as the doctor being doctored wants to be doctored or does the doctor doing the doctoring doctor as he wants to doctor?

Nah, itu tadi 4 tipas mudah yang bisa kamu lakukan untuk melatih dan belajar pronunciation kamu menjadi lebih baik lagi. Jangan lupa praktekkan tips ini sesering mungkin ya!

Buat sobat Englishvit yang ingin mempelajari bahasa Inggris secara lebih lanjut, yuk ikutan live class Next Level English. Kelas Next Level English cocok banget buat kamu yang sudah memiliki kemampuan dasar dalam bahasa Inggris dan ingin meningkatkan kemampuan supaya lebih mahir dalam hal speaking, grammar dan hafalan kosakata. Tunggu apalagi? Klik DI SINI untuk mendaftar live class Next Level English.