Contoh pembukaan pidato bahasa Inggris dan artinya dalam artikel ini bisa kamu gunakan saat mempersiapkan diri untuk menyampaikan pidato. Membuat pembukaan pidato bahasa Inggris itu nggak mudah lho.

 

Pembukaan jadi bahan perkenalan kita dengan audience. Kamu harus bisa mendapatkan perhatian audience, supaya bisa meyakinkan mereka kalau kamu pidato yang akan kamu sampaikan layak untuk didengarkan.

 

Nah, di artikel ini, kita akan membahas hal-hal yang harus ada dalam pembukaan pidato bahasa Inggris dan contoh pembukaannya.

 

 

Hal yang harus ada dalam pembukaan pidato bahasa Inggris

Pembukaan pidato tidak perlu terlalu panjang. Jika terlalu lama bisa-bisa audience sudah bosan diawal dan jadi malas memperhatikan. Berikut adalah hal-hal yang harus ada dalam pembukaan pidato bahasa Inggris:

 

a. Greeting (salam)

b. Introducing yourself (perkenalan diri)

c. Opening remarks (kata sambutan)

d. Opening statement (pernyataan pembuka)

 

Contoh pidato bahasa Inggris dan artinya

 

 

Contoh 1

Good morning, everyone. The honorable, the headmaster of SMA N 3 Yogyakarta, the teachers, and the graduates who attend today's graduation. 

 

Allow me to introduce myself, my name’s Poppy. Today, I am here to share how thankful I am to have teachers who have built me into the person I am today.

 

(Artinya: Selamat pagi semuanya. Yang terhormat kepala sekolah SMA N 3 Yogyakarta, para guru, dan para wisudawan yang hadir pada wisuda hari ini. 

 

Izinkan saya untuk memperkenalkan diri, nama saya Poppy. Hari ini, saya berada di sini untuk berbagi betapa bersyukurnya saya memiliki guru yang telah membangun saya menjadi orang seperti sekarang ini.)

 

 

Contoh 2

Assalamualaikum, Wr. Wb. Good afternoon, everyone. First of all, I would like to thank God Allah SWT who has been giving us blessings and mercies so we can attend today's in a good condition.

 

I also want to thank the master of ceremony for giving me the opportunity to deliver the speech. My name is Poppy. On this occasion I am going to talk about education in our city.

 

(Artinya: Assalamu'alaikum, Wr. Wb. Selamat siang semuanya. Pertama-tama, saya panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga kita dapat menghadiri acara hari ini dalam keadaan sehat.

 

Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada pembawa acara yang telah memberi saya kesempatan untuk menyampaikan pidato. Nama saya Poppy. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pendidikan di kota kita.)

 

 

Contoh 3

Good morning ladies and gentlemen. I am incredibly delighted that all of you could come to this event. Today, some of you present here have been a part of this company for a very long time. 

 

And some of you are new members whom we are happy to have. Well, ladies and gentlemen, on this opportunity I’d like to say that it is amazing to think I have worked at Englishvit for 5 years.

 

(Selamat pagi hadirin sekalian. Saya sangat senang bahwa kita semua bisa datang ke acara ini. Hari ini, beberapa dari orang yang hadir di sini sudah lama menjadi bagian dari perusahaan ini.

 

Dan beberapa dari kalian adalah karyawan baru yang dengan senang hati kami miliki. Baiklah, hadirin sekalian, dalam kesempatan ini saya ingin mengatakan bahwa luar biasa rasanya bisa bekerja di Englishvit selama 5 tahun.)

 

 

Contoh 4

Welcome, Mrs. Poppy! And good afternoon to all employees. I am Vina, a part of the marketing team. It is truly my honor that on behalf of the entire office, I am given the opportunity to give Mrs. Poppy a formal farewell.

 

(Artinya: Selamat datang, Bu Poppy! Dan selamat siang karyawan semuanya. Saya Vina dari tim pemasaran. Sungguh suatu kehormatan bagi saya atas kesempatannya untuk mengucapkan perpisahan secara resmi kepada Bu Poppy.)

 

 

Contoh 5

Peace be upon you all. Thank you very much for coming along here today. My name's Poppy, I represent Englishvit in this event. I hope my speech isn't going to take too long and that you will find it interesting. Let me start by asking you a question. What are your problems when learning English?

 

(Artinya: Salah sejahtera bagi kita semua. Terima kasih banyak telah datang. Nama saya Poppy, saya mewakili Englishvit dalam acara ini. Semoga pidato saya tidak akan memakan waktu terlalu lama dan Anda akan menganggapnya menarik. Ijinkan saya memulai dengan mengajukan pertanyaan. Apa kendala Anda saat belajar bahasa Inggris?)

 

Khusus buat kamu yang selama ini merasa sudah lama belajar bahasa Inggris, pernah nggak ngalamin permasalahan di bawah ini?

 

  • Ngerasa skill speaking stuck dan gitu-gitu aja 
  • Nggak PD waktu ngomong Inggris karena takut salah grammar
  • Susah nyari partner ngobrol pakai bahasa Inggris
  • Bingung merangkai kalimat walaupun tahu banyak vocab
  • Banyak filler a, e, a, e saat speaking

 

Kalau kamu ngalamin masalah-masalah di atas, Englishvit punya solusinya lho! Yuk, ikutan program live class VIP English Bootcamp di Englishvit!

 

Di kelas VIP English Bootcamp kamu akan belajar cara penggunaan grammar untuk speaking, pronunciation, dan tentunya practice speaking langsung dengan guru yang profesional dan berpengalaman. 

 

Program ini dijamin 10X lebih cepat bisa membantu kamu meningkatkan speaking skill kamu hanya dalam waktu 1 minggu aja! 

 

Kelas VIP English Bootcamp, cocok banget buat kamu yang pengen ningkatin skill speaking dalam waktu yang singkat. Setelah ikut program VIP English Bootcamp, kamu bakalan bisa:

 

  • Ningkatin kemampuan bahasa Inggris terutama dalam skill speaking
  • Tambah percaya diri buat ngobrol pakai bahasa Inggris
  • Dapet partner belajar bahasa Inggris yang profesional dan nggak judgmental
  • Bisa cepat merangkai kalimat saat sedang speaking dengan orang lain
  • Lancar speaking tanpa banyak jeda di tengah-tengah kalimat

 

Ada banyak banget kan keuntungan yang bisa kamu dapat dengan join program VIP English Bootcamp. Tunggu apalagi? Langsung aja klik DI SINI untuk mendaftar live class VIP English Bootcamp

 

Kamu juga bisa berkonsultasi dulu secara GRATIS terkait program dengan admin DI SINI ya! See you in one of our classes!