Apakah CV berpengaruh saat melamar pekerjaan? BIG YES! CV sangat berpengaruh buat menentukan apakah kamu bisa diterima di sebuah pekerjaan atau tidak lho. 

 

Hal pertama yang pasti akan baca HRD adalah CV yang kamu kirimkan. So, kalian harus buat CV kalian sebaik mungkin agar HRD tertarik memilih CV milikmu. 

 

Buat para fresh graduate yang masih clueless sama caranya bikin CV bahasa Inggris yang menarik, yuk ikuti tips membuat CV di bawah ini supaya CV kamu lolos seleksi HRD. Check it out!

 

Apa itu CV?

CV adalah singkatan dari curriculum vitae. CV sendiri merupakan dokumen singkat yang berisi deskripsi diri, daftar riwayat hidup, riwayat pendidikan, riwayat atau pengalaman pekerjaan. Tapi, nggak semua daftar informasi itu harus kamu masukkan ke CV lho!

 

Hanya informasi-informasi penting dan sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar saja yang perlu dimasukkan. Misalnya, kamu ingin melamar pekerjaan sebagai content writer di sebuah start up. Sebelumnya, kamu punya pengalaman nih magang sebagai customer service

 

Nah, pengalaman jadi CS itu tidak sesuai dengan kualifikasi menjadi content writer kan, jadi pengalaman itu tidak perlu dicantumkan di CV. Paham ya? 

 

Informasi-informasi penting yang harus dimasukkan dalam CV, yaitu:

  • Nama
  • Jabatan (jika sudah bekerja), jurusan (jika fresh graduate)
  • Deskripsi diri dan kemampuan atau skill
  • Daftar pengalaman kerja, magang, atau organisasi
  • Latar belakang pendidikan (hanya tuliskan pendidikan terakhir saja)
  • Kontak aktif yang bisa dihubungi

 

 

Tips Membuat CV Bahasa Inggris Auto Lolos Screening!

 

1. Tuliskan informasi penting saja

CV itu nggak perlu panjang-panjang lho guys. Bisa dibilang CV ini ringkasan dari pengalaman dan skill yang kamu punya yang akan mengantar kamu supaya bisa diterima kerja di pekerjaan yang akan kamu lamar.

 

Seperti yang sudah dimention di awal artikel, tuliskan saja hal-hal penting yang sesuai kualifikasi pekerjaan yang kamu lamar. 

 

2. Gunakan action verb

Apa itu action verb? kata kerja yang digunakan untuk menunjukkan tindakan mental atau fisik, dan memberi tahu apa yang dilakukan subjek kalimat. 

 

Dengan menggunakan action verb ini, HRD yang akan membaca CV kamu ini bisa tahu dengan jelas apa yang kamu lakukan di pekerjaan atau pengalamanmu sebelumnya. Experience yang kamu cantumkan juga bakal makin strong dengan penggunaan action verb itu.

 

Baca juga: Action Verb yang Sering Digunakan dalam CV

 

3. Tuliskan kontak yang aktif

Pastikan contact person yang kamu cantumkan dalam CV aktif dan tidak salah ya. Jangan sampai HRD mau menghubungi kamu lewat Whatsapp atau email tapi kamu typo. Bisa-bisa tawaran pekerjaan itu nyasar lho ke orang lain.

 

Pastikan juga email yang kamu cantumkan adalah alamat email yang profesional. Jangan pakai alamat email dengan username yang aneh-aneh, seperti [email protected] atau [email protected]

 

Bisa-bisa lamaran kerja kamu langsung di skip sama HRD kalau pakai alamat email seperti itu. Got it?

 

4. Selalu cek grammar di CV

Sebelum mengirimkan CV, selalu cek ulang CV yang sudah kamu buat. Jangan sampai ada typo atau kesalahan grammar ya! Kalau ada kesalahan bisa-bisa CV kamu dianggap nggak profesional lho. 

 

Kamu juga bisa dianggap nggak bisa bahasa Inggris kalau ternyata masih ada grammar mistakes di dalam CV. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa minta teman kamu untuk membantu mengoreksi CV yang sudah kamu buat.

 

Itulah tips-tips ampuh yang bisa kamu terapkan saat bikin CV bahasa Inggris supaya lamaran kerjamu bisa lolos dilirik HRD. Kira-kira tips mana nih yang selama ini belum kamu terapkan waktu kamu bikin CV bahasa Inggris? Hopefully, setelah baca artikel ini CV kamu bisa lolos interview ya!

 

Nah, buat persiapan interview kerja bahasa Inggris, yuk gabung program Job Interview Hack di Englishvit. Apa itu program Job Interview Hack? Di program Job Interview Hack kamu bisa mengakses tips dan trik sukses lolos interview kerja yang dibuat oleh HRD yang sudah berpengalaman mewawancarai kandidat loh.

 

Menarik, kan? Tunggu apalagi? Klik DI SINI untuk mendaftar program Job Interview Hack. Kalau kamu tertarik untuk mendaftar, tapi pengen tanya-tanya lagi info seputar program Job Interview Hack, kamu bisa menghubungi admin di bawah ini untuk konsultasi secara GRATIS.