Public speaking atau bicara di muka umum emang nggak mudah, apalagi pakai bahasa Inggris. Padahal entah itu di lingkungan sekolah, kampus, tempat kerja, bahkan di lingkungan tempat tinggal semuanya butuh skill public speaking.

 

Butuh waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk seseorang supaya bisa lancar saat public speaking. Di artikel ini, Englishvit bakalan ngebocorin ke kalian gimana caranya supaya kamu bisa lancar saat public speaking pakai bahasa Inggris. Sebelumnya, kenalan lagi yuk apa itu public speaking. Let’s go!

 

Apa itu public speaking?

Public speaking adalah kegiatan berbicara di muka umum atau di hadapan sekelompok orang. Presentasi, pidato, pitching, memberi sambutan, mengajar adalah beberapa contoh kegiatan public speaking.

 

Nah, seseorang bisa dibilang sukses dalam public speaking jika dia bisa membuat audiens memperhatikan, mendengarkan, dan melakukan hal yang dia suruh. Salah kunci sukses public speaking adalah bicara dengan lancar tanpa a, e, a, e di tengah kalimat. Yuk, ikuti tips di bawah ini supaya public speaking-mu makin jago lagi!

 

 

Tips Lancar Public Speaking Bahasa Inggris, Auto Jago!

 

1. Nervous itu normal 

Grogi sebelum ngomong di depan orang itu wajar banget lho, guys! In fact, kamu bisa mengubah kekurangan itu jadi kelebihan. Saat kita nervous, kita jadi punya keinginan untuk melakukan sesuatu sebaik mungkin.

 

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar bisa mengurangi rasa grogi. Salah satunya adalah dengan persiapan. Persiapan yang matang bisa menurunkan rasa nervous kita untuk tampil di muka umum. Saat kamu bisa menurunkan rasa nervous itu, dijamin speaking kamu akan lancar tanpa hambatan!

 

2. Kuasai materi yang akan disampaikan

Tips kedua ini sebenarnya berkaitan dengan tips pertama, yaitu sebelum tampil di muka umum kita harus paham betul topik yang akan kita sampaikan. Persiapkan penampilan ini dari jauh-jauh hari.

 

Research sebanyak mungkin tentang informasi dari topik yang akan kamu bicarakan. Semakin kita paham dengan suatu topik, kita juga bisa makin lancar saat menjelaskannya kembali ke orang lain.

 

Tips ini juga berguna saat nanti ada sesi tanya jawab di penampilan kamu. Kalau kamu paham materinya, otomatis kamu bisa menjawab dengan lancar semua pertanyaan audiens. Ini juga bisa membuat audiens makin percaya dengan informasi yang kamu sampaikan lho.

 

3. Cari tahu siapa audiens mu

Sebelum tampil, pastikan kamu tahu siapa orang yang akan mendengarkan public speaking-mu. Ada 2 manfaat kenapa kita harus tahu dengan siapa kita bicara.

 

Pertama, kamu bisa mempersiapkan pemilihan penggunaan bahasa (word choices) yang sesuai dengan audiens. Kedua, kamu bisa menebak bagaimana cara audiens-mu berpikir. Audiens dari kelompok anak muda akan punya cara berpikir yang beda dengan audiens dari kelompok ibu-ibu rumah tangga.

 

Audiens ini juga tolok ukur cara kita menyusun naskah public speaking agar kita bisa membuat audiens engage dengan hal yang kita bicarakan.

 

4. Wajib praktik sebelum tampil

Praktik sebelum public speaking hukumnya wajib ya, guys! Usaha nggak bakal mengkhianati hasil kok. Kalau kamu rajin latihan ngomong sebelum acara, pasti saat tampil nanti performance kamu dijamin bagus.

 

Ngomong di depan orang apalagi pakai bahasa Inggris itu challenging banget lho. Praktik ini bisa kamu jadikan tempat untuk melatih pronunciation juga! Aksen apapun yang kamu pake itu nggak terlalu penting. 

 

Yang terpenting, kamu harus bisa mengucapkan kata-kata dalam bahasa Inggris dengan pronunciation yang benar. Pronunciation yang belepotan bisa bikin kamu dianggep nggak professional dan nggak well educated lho. Nggak mau kan dianggap kayak gitu?

 

Nah, itulah cara-cara yang harus kamu lakukan supaya public speaking kamu makin bagus. Sekarang udah tahu kan caranya? Nah, kalau kamu masih butuh temen buat latihan public speaking, cocok banget nih ikutan kelas English Pro di Englishvit!

 

Di kelas English Pro kamu akan belajar langsung praktik tentang materi, serta tips and trick jago public speaking pakai bahasa Inggris. Kelas di Englishvit dijamin nggak cuma kebanyakan teori doang lho, karena porsi prakteknya bakalan jauh lebih banyak!

 

Menarik, kan? Kalau kamu tertarik buat belajar public speaking di Englishvit, langsung aja klik DI SINI untuk mendaftar live class English Pro. Kamu juga bisa konsultasi dulu secara GRATIS terkait program dengan admin di bawah ini ya! See you in one of our classes!