Contoh body email lamaran pekerjaan bahasa Inggris agar diterima oleh HRD! Email sudah tidak asing lagi jadi salah satu cara untuk mengirimkan lamaran pekerjaan. Seperti yang sudah kamu tahu, mengirimkan email lamaran kerja bahasa Inggris, tidak boleh asal.

 

Semua elemen harus terisi dan tersusun dengan baik, mulai dari subject, body email, serta lampiran. Jangan sampai hanya mengirimkan lampiran berupa CV saja ya! Bisa-bisa email lamaran pekerjaanmu langsung masuk folder sampah.

 

Untuk kamu yang sedang mencari-cari contoh body email lamaran kerja bahasa Inggris, Englishvit sudah merangkum beberapa contoh dan beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menulis body email lamaran kerja bahasa Inggris. Simak penjelasannya berikut ini!

 

 

Isi Body Email Lamaran Pekerjaan Bahasa Inggris

 

1.  Kalimat sapaan

Kalimat sapaan atau salutation jadi bagian paling atas dari body email lamaran pekerjaan. Seperti namanya, kalimat sapaan ini digunakan untuk menyapa penerima email. Kalimat sapaan ada yang bersifat formal dan informal.

 

Of course untuk urusan email lamaran pekerjaan kamu harus menggunakan kalimat sapaan formal dalam body email. Kalau tahu kamu bisa lho menyebutkan nama HRD yang merekrut dalam kalimat sapaan supaya email tersebut terasa personalized.

 

Contoh kalimat sapaan atau salutation:

  • Dear Mr. Bambang (jika kamu tahu nama recruiter-nya)
  • Dear Hiring Manager
  • To Whom It May Concern

 

2. Perkenalan diri

Di bagian selanjutnya kamu harus memperkenalkan diri secara singkat. Kamu hanya perlu menyebutkan nama, jurusan kuliah dan kampus kuliah jika fresh graduate, pengalaman magang atau terakhir yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar, atau posisi kerja saat ini. 

 

Contoh: 

  • I am Poppy, a last year student majoring in English Japanese from Universitas Indonesia. 

(Artinya: Saya Poppy, mahasiswa tahun terakhir jurusan Sastra Jepang dari Universitas Indonesia.)

 

  • I am currently working in Englishvit as content creator.

(Artinya: Saat ini, saya bekerja di Englishvit sebagai pembuat konten.)

 

3. Alasanmu mengirim email

Selanjutnya, kamu bisa menyambung body email dengan menjelaskan mengapa kamu menulis email tersebut. Sebutkan di platform apa kamu menemukan lamaran pekerjaan itu, misalnya di situs web perusahaan, koran, LinkedIn, Glints, dan lain-lain, dan cantumkan juga tanggal saat menemukan lamaran pekerjaan itu jika ada.

 

Jangan lupa juga untuk menyebutkan posisi pekerjaan yang kamu lamar di perusahaan tersebut.

 

Contoh: 

  • Your job posting on LinkedIn for an English Teacher piqued my interest.

(Artinya: Posting pekerjaan Anda di LinkedIn untuk mencari guru bahasa Inggris menarik minat saya.)

 

  • I am writing to apply for the English Teacher position posted on LinkedIn. 

(Artinya: Saya menulis ini untuk melamar posisi guru bahasa Inggris yang diposting di LinkedIn.)

 

4. Kualifikasi diri yang cocok dengan posisi

Jelaskan secara singkat kenapa kamu cocok untuk menempati posisi pekerjaan tersebut. Kamu bisa mulai dengan menyebutkan pengalaman organisasi selama kuliah yang relevan, pengalaman magang atua volunteer. 

 

And then, sebutkan hal-hal yang kamu capai selama ikut organisasi, magang, atau bekerja, misalnya kamu bisa menyebutkan kalau kamu berhasil meningkatkan followers akun organisasi sebanyak 1000 followers perbulannya. 

 

Contoh: 

  • For the past six months, I have been responsible for creating content plan and the content itself for all company's social media channel. In that span of work, I am able to increase the company's IG followers double than the first I joined the company, and able to generate 1 millions website clicks every month.

(Artinya: Selama enam bulan terakhir, saya bertanggung jawab untuk membuat rencana konten dan konten itu sendiri untuk semua saluran media sosial perusahaan. Dalam rentang waktu itu, saya dapat meningkatkan pengikut IG perusahaan dua kali lipat dari jumlah awal saat saya bergabung dengan perusahaan, dan mampu mendatangkan 1 juta klik di situs perusahaan setiap bulannya.)

 

Contoh Body Email Lamaran Kerja Bahasa Inggris

 

1. Contoh body email lamaran pekerjaan untuk video editor

 

Dear hiring manager, 

 

I came across a very exciting position on your company's website that I believe fits me perfectly. I am interested in applying for the position of Video Editor at PT. Muda Mudi Percaya Diri. 

 

During my study, I've edited short clips and long videos and become a freelance video editor for some reputable companies. 

 

My resume is attached. If I can provide you with any further information on my background and qualifications, please let me know. 

 

I look forward to hearing from you. Thank you for your consideration. I would be delighted for the opportunity to bring my skills to work within your company.

 

Artinya:

Kepada manajer perekrutan,

 

Saya menemukan posisi yang sangat menarik di situs web perusahaan Anda yang menurut saya sangat cocok untuk saya. Saya tertarik melamar posisi Video Editor di PT. Muda Mudi Percaya Diri.

 

Selama studi saya, saya telah mengedit semua klip pendek dan video panjang dan telah menjadi editor video lepas untuk beberapa perusahaan terkemuka.

 

Resume saya sudah terlampir. Jika saya dapat memberi Anda informasi lebih lanjut tentang latar belakang dan kualifikasi saya, tolong beritahu saya. Saya akan senang atas kesempatan untuk membawa keterampilan saya untuk bekerja di perusahaan Anda.

 

2. Contoh body email lamaran pekerjaan untuk customer service

 

Dear hiring manager, 

 

I am writing to apply for the Customer Service position at PT. Satu Dua Sembilan. I am a highly motivated individual with great customer service skills and experience, so I would be a valuable asset to your company.

 

In my previous customer service roles as an intern at PT. Muda Mudi Percaya Diri, I have always gone above and beyond for customers. I have a natural ability to build relationships and solve problems, so I am confident that I can provide excellent service to your customers.

 

By joining your company, I hope to develop my skills further and contribute to the success of the business. I see myself fitting in long-term to use my skills to help the company achieve its customer service goals.

 

Please find attached my resume and certificates for you to read. I am able to start work immediately.

 

Thank you for your time and consideration. I look forward to hearing from you soon.

 

Artinya:

Kepada manajer perekrutan,

 

Saya menulis email ini untuk melamar posisi Customer Service di PT. Satu Dua Sembilan. Saya adalah individu yang sangat penuh motivasi dengan keterampilan dan pengalaman saya sebagai customer service akan jadi aset berharga bagi perusahaan Anda.

 

Dalam peran saya sebagai customer service sebelumnya sebagai karyawan magang di PT. Muda Mudi Percaya Diri, saya selalu mengutamakan pelanggan. Saya memiliki kemampuan yang alami untuk membangun hubungan dengan pelanggan dan dalam memecahkan masalah, jadi saya yakin bahwa saya dapat memberikan layanan terbaik kepada pelanggan Anda.

 

Dengan bergabung dengan perusahaan Anda, saya berharap dapat mengembangkan keterampilan saya lebih jauh dan berkontribusi pada kesuksesan bisnis Anda. Saya melihat diri saya cocok dalam jangka panjang untuk menggunakan keterampilan saya dalam membantu perusahaan mencapai tujuan.

 

Terlampir adalah resume dan sertifikat saya. Saya dapat segera mulai bekerja.

 

Terima kasih atas waktu dan pertimbangannya. Saya berharap untuk mendengar kabar baik dari Anda segera.

 

3. Contoh body email lamaran pekerjaan untuk guru

 

Dear Hiring Manager, 

 

In response to your advertisement on LinkedIn on September 22th, I am submitting my application for the post of English teacher in Englishvit.

 

In each student that I have taught, 100% of my students passed their English exams and improved their English skills remarkably. I have also mentored one of my students to win an English speech competition nationally.

 

I hope I will be the right person for this position, and kindly review the enclosed resume with this letter. 

 

I am looking forward to hearing from you.

 

Artinya:

Kepada manajer perekrutan,

 

Sebagai tanggapan atas iklan Anda di LinkedIn pada tanggal 22 September, saya mengirimkan lamaran saya untuk posisi guru bahasa Inggris di Englishvit.

 

Di setiap siswa yang saya ajar, 100% siswa saya lulus ujian bahasa Inggris dan dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka secara luar biasa. Saya juga pernah membimbing salah satu siswa saya untuk memenangkan kompetisi pidato bahasa Inggris tingkat nasional.

 

Saya harap saya akan menjadi orang yang tepat untuk posisi ini, dan mohon tinjau resume saya yang terlampir dalam email ini.

 

Saya menanti jawaban dari Anda.

 

Itulah beberapa hal yang perlu dituliskan dalam body email lamaran pekerjaan, dan beberapa contoh body email lamaran pekerjaan bahasa Inggris. Kamu bisa gunakan contoh-contoh di atas sebagai template untuk mengirim email lamaran pekerjaan. Kamu bisa mengganti contoh body email di atas dengan informasi diri kamu.

 

Setelah sukses mengirim email lamaran pekerjaan, step selanjutnya yang akan dilakukan jika lolos seleksi adalah interview kerja! Buat kalian yang baru pertama kali akan ikut interview kerja, pasti kalian sering mengalami beberapa hal ini:

  • Cemas tidak bisa menjawab pertanyaan dari pewawancara
  • Tidak percaya diri dengan pengalaman diri sebelum mendaftar kerja
  • Kurang paham cara menghubungi recruiter
  • Takut kurang persiapan saat interview

 

Masalah-masalah di atas bisa diatasi kalau kamu ikut program Job Interview Hack di Englishvit, lho! Apa itu program Job Interview Hack? Job Interview Hack adalah program khusus yang dibuat untuk mengupas tuntas tips persiapan interview kerja dengan bahasa Inggris. 

 

Program ini dibuat langsung oleh HRD yang sudah berpengalaman menginterview pelamar kerja, lho! Jadi, materi interview kerja yang diberikan pun pasti valid dan akan sangat membantu kamu untuk lolos ke tahap penerimaan kerja selanjutnya. 

 

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti program Job Interview Hack, yaitu:

  • Cara mengirim email agar dibaca oleh HRD 
  • Kisi-kisi cara menjawab pertanyaan HRD dengan tepat saat interview
  • Trik ‘menjual’ pengalaman diri ke HRD
  • Persiapan agar sukses lolos interview kerja

 

Ada banyak banget kan keuntungan yang bisa kamu dapat dengan join program Job Interview Hack Tunggu apalagi? Klik DI SINI untuk mendaftar program Job Interview Hack

 

Kalau kamu tertarik untuk mendaftar, tapi pengen tanya-tanya lagi info seputar program Job Interview Hack, kamu bisa menghubungi admin langsung di bawah ini untuk berkonsultasi secara GRATIS!