Menulis essay bahasa Inggris sering jadi tugas wajib saat kuliah atau sekolah. Sebagian besar orang menganggap kalau menulis essay adalah tugas yang sulit. Jarang yang menganggap kalau menulis essay bahasa Inggris itu mudah.

 

Menulis essay bahasa Inggris sebenarnya mudah jika kita sudah tahu struktur dan cara menulisnya. Apa saja struktur essay? Dan bagaimana cara membuat essay dalam bahasa Inggris? Yuk, simak jawaban lengkapnya di bawah ini!

 

Struktur Essay Bahasa Inggris

Meskipun tiap-tiap essay punya topik dan tujuan yang berbeda, semua essay memiliki struktur yang sama. Essay terdiri dari introduction (pendahuluan), body (isi), dan conclusion (kesimpulan). Perhatikan penjelasan di bawah ini supaya tahu hal-hal apa yang harus dituliskan di bagian introduction, body, dan conclusion.

 

1. Introduction 

Introduction atau pendahuluan adalah bagian awal dari sebuah essay. Bagian introduction biasanya berisi informasi latar belakang yang dibutuhkan pembaca untuk memahami essay yang kamu tulis. Selain itu di akhir paragraf introduction biasanya akan terdapat thesis statement

 

Apa itu thesis statement? Thesis statement adalah kalimat yang merangkum poin utama dari essay yang ditulis. Kalimat tersebut juga sekaligus menyatakan sudut pandang penulis tentang topik yang dibahas dalam essay.

 

Contoh thesis statement:

  • Getting married at a young age can hinder the mental and emotional development of both parties, and act as an obstacle in their career path. 

(Menikah di usia muda dapat menghambat perkembangan mental dan emosional kedua belah pihak, dan menjadi penghambat dalam perjalanan karir mereka.)

 

  • School uniforms should be required because they make school safer, promote school spirit and save parents money. 

(Seragam sekolah harus diwajibkan karena membuat sekolah lebih aman, meningkatkan semangat bersekolah dan menghemat uang orang tua.)

 

Tujuan adanya paragraf introduction adalah untuk memperkenalkan pembaca pada topik yang akan dibahas dalam essay dan untuk menyampaikan thesis statement, sehingga pembaca menjadi tahu essay yang kamu buat akan dibawa ke arah mana.

 

Pengen punya partner buat belajar nulis essay? yuk join kelas English Pro. Klik DI SINI buat daftar programnya!

 

 

2. Body 

Body atau isi adalah bagian penting dan juga bagian paling panjang dari sebuah essay. Banyak sedikitnya bagian ini tergantung pada thesis statement yang kamu sampaikan pada introduction. Jika kamu menyampaikan 3 poin dalam thesis statement, maka body essay akan terdiri dari 3 paragraf.

 

Tiap-tiap paragraf dalam paragraf isi harus diawali dengan topic sentence (kalimat topik) yang menyatakan inti paragraf dengan jelas. Topic sentence kemudian harus diikuti dengan kalimat yang mengandung bukti untuk mendukung poin tersebut.

 

Berikut adalah beberapa hal yang harus dituliskan dalam tiap-tiap paragraf isi.

1. Kalimat topik atau ide pokok paragraf (topic sentence)

2. Penjelasan, detaiil dan bukti pendukung tentang topic sentence

3. Kalimat penutup paragraf

4. Kata transisi untuk menghubungkan antar paragraf (Contoh: first, second, third, next, finally, etc)

 

Contoh body essay:

First, wearing school uniform minimizes school bullying and increases student safety in school, because it helps to eliminate the socioeconomic tension that affects students who cannot afford the latest trends. Clothing could make children from poor backgrounds get bullied from privileged ones. 

 

Schools which had to wear uniforms reported lower levels of school bullying than did those who attended schools with no uniform requirements. Because everyone would be dressed the same, students would not be bullied because of their clothing.

 

(Artinya: Pertama, mengenakan seragam sekolah meminimalkan intimidasi dan meningkatkan keamanan siswa di sekolah, karena membantu menghilangkan kesenjangan sosial ekonomi yang mempengaruhi siswa yang tidak mampu mengikuti tren terbaru. Pakaian bisa membuat anak-anak dari latar belakang miskin ditindas dari yang kaya. 

 

Sekolah yang mengharuskan mengenakan seragam melaporkan tingkat perundungan di sekolah yang lebih rendah daripada mereka yang tanpa menggunakan seragam. Karena semua orang akan berpakaian sama, siswa tidak akan dirundung karena pakaian mereka.)

 

 

3. Conclusion 

Conclusion atau kesimpulan adalah bagian akhir dari sebuah essay. Kesimpulan harus menegaskan kembali poin-poin yang sudah disebutkan dalam body essay secara singkat tanpa menambahkan argumen atau informasi yang baru. Kesimpulan dari essay harus berisi poin-poin berikut:

  • Hasil parafrase dari thesis statement
  • Penjelasan singkat tentang poin-poin penting dalam body
  • Alasan kenapa essay yang kamu tulis tersebut penting untuk dibahas

 

Setelah tahu apa saja struktur essay bahasa Inggris, yuk kita lanjutkan dengan pembahasan tentang alur menulis essay bahasa Inggris. Check it out!

 

Cara Menulis Essay Bahasa Inggris

Lakukan 4 langkah-langkah ini saat menulis essay bahasa Inggris!

 

1. Tentukan jenis dan topik 

Step pertama yang harus kamu lakukan saat menulis essay adalah menentukan jenis essay yang ingin kamu tulis. Dalam bahasa Inggris, terdapat beberapa macam tipe essay, seperti  argumentative, expository, narrative, dan descriptive essay. Setelah menentukan tipe essay-nya, langkah selanjutnya yaitu menentukan topik yang akan kamu bahas dalam essay.

 

Topik bisa berupa pertanyaan atau masalah yang menjadi keresahan orang banyak atau dirimu sendiri. Pilihlah topik yang menarik sehingga orang yang membaca essay mu dapat mendapat insight baru dari tulisan yang kamu buat.

 

 

2. Buatlah thesis statement dari topik yang sudah dipilih

Thesis statement adalah kalimat yang merangkum poin-poin dari essay yang kamu tulis. Thesis statement biasanya diletakkan di akhir paragraf introduction. Kenapa thesis statement harus dibuat di awal? Secara tidak langsung, thesis statement menentukan isi (body) dari sebuah essay.

 

Jadi setelah menentukan topiknya, kamu bisa mempersempit topik essay dengan membuat thesis statement. Misalnya kamu akan menulis essay dengan topik penggunaan seragam sekolah dan kamu setuju dengan penggunaan seragam di sekolah. Dalam thesis statement, kamu bisa menyebutkan bahwa ada tiga manfaat dari penggunaan seragam di sekolah.

 

Topic

Thesis statement

Uniform policy at school

School uniforms should be required because they make school safer, promote school spirit and save parents money.

 

3. Membuat outline essay

Apa itu outline? Outline adalah kerangka essay. Dengan membuat kerangka essay nantinya akan mempermudah kamu saat mengembangkan essay menjadi tulisan yang lengkap. Outline berisi ringkasan kalimat atau frasa untuk setiap poin yang akan kamu bahas di setiap paragraf dalam essay

 

Outline ini wajib sekali dibuat untuk agar essay-mu nantinya lebih runtut. Dalam proses ini kamu bisa memutuskan kira-kira poin-poin apa saja yang akan didiskusikan di tiap-tiap paragraf dalam essay

 

 

4. Tulis dengan jelas poin yang ingin kamu sampaikan

Setelah membuat outline, tibalah kamu distep yang paling penting yaitu menulis essay. Step ini akan jadi mudah jika kamu sudah melakukan ketiga step sebelumnya. Jadi tugasmu hanya perlu mengembangkan outline menjadi paragraf yang nyaman untuk dibaca.

 

Hal yang perlu diperhatikan saat mengembangkan essay yaitu writing style atau gaya bahasa. Gaya bahasa ini harus disesuaikan dengan permintaan atau disesuaikan dengan audience yang akan membaca essay tersebut. Jika essay ini kamu buat sebagai tugas di kampus atau sekolah pastikan kamu memakai bahasa akademik atau academic language.

 

Nah, itulah struktur dan cara menulis essay bahasa Inggris yang baik dan benar. Terapkan materi dan tips yang sudah disampaikan di atas untuk berlatih menulis essay. Semoga setelah membaca artikel ini kamu sudah tidak bingung lagi saat membuat essay bahasa Inggris. 

 

Nah, kalau kamu masih butuh temen buat belajar nulis essay bahasa Inggris, cocok banget nih buat ikutan kelas English Pro di Englishvit!

 

Di kelas English Pro kamu akan belajar langsung praktik tentang materi, serta tips and trick jago nulis essay pakai bahasa Inggris. Kelas di Englishvit dijamin nggak cuma kebanyakan teori doang lho, karena porsi praktek nulisnya bakalan jauh lebih banyak!

 

Menarik, kan? Kalau kamu tertarik buat belajar cara nulis essay di Englishvit, langsung aja klik DI SINI untuk mendaftar live class English Pro. Kamu juga bisa konsultasi dulu secara GRATIS terkait program dengan admin di bawah ini ya! See you in one of our classes!