Ini dia daftar beasiswa untuk kuliah gratis di Eropa. Kamu ada rencana pengen kuliah di luar negeri? Impian kuliah di luar negeri bukan jadi barang mahal lagi jaman sekarang. Nggak perlu insecure dan takut nggak mampu bayar, guys.

 

Sekarang ini udah banyak banget beasiswa-beasiswa yang disediakan pemerintah luar negeri, ataupun beasiswa langsung dari universitasnya buat kuliah di luar negeri. Biaya bukan lagi masalah for you to reach your full potential.

 

Khusus buat kamu yang pengen ngelanjutin kuliah di Eropa. Englishvit udah ngerangkum nih, beberapa daftar beasiswa yang bisa kamu coba ikuti. Check it out!

 

 

1. Swiss Government Excellence Scholarships

Buat yang udah lulus S2 dan pengen ngelanjutin sekolah lagi, coba deh cek beasiswa yang satu ini! Beasiswa ini merupakan beasiswa tahunan yang diberikan oleh pemerintah Swiss untuk mahasiswa internasional. Unfortunately, Indonesia nggak masuk sebagai negara yang dapet kuota untuk beasiswa master degree atau S2.

 

Eitss, jangan khawatir! Kamu masih bisa mendaftar di program S3-nya, kok. Program beasiswa ini termasuk fully funded ya, artinya nggak perlu ngeluarin biaya buat bayar kuliah dan biaya hidup. Beasiswa ini biasanya dibuka di antara bulan Agustus hingga Oktober tiap tahunnya.

 

 

2. The Holland Scholarship

Ada lagi nih, beasiswa buat pelajar yang mau kuliah di Belanda. Beasiswa Holland Scholarship ini diperuntukkan bagi mahasiswa internasional dari luar negara Eropa, yang pengen ngelanjutin studi S1 atau S2 di Belanda. 

 

Sayangnya, beasiswa ini nggak fully funded, guys. Kalau keterima beasiswa ini kamu cuma akan dapet biaya kuliah dan hidup sebesar 5000 euro aja. Dan uang itu hanya diberikan satu kali aja selama masa perkuliahan.

 

 

3. Swedish Institute Scholarship for Global Professional

Swedish Institute Scholarship for Global Professional (SISGP) adalah salah satu beasiswa program master atau S2 dari pemerintah Swedia untuk menempuh pendidikan tinggi di Swedia. Sebelum daftar beasiswa ini, pastiin kamu udah punya pengalaman kerja kurang lebih selama 3.000 jam ya, karena ini termasuk dalam syarat pendaftarannya. 

 

Buat biaya, kalian nggak perlu khawatir. Beasiswa ini fully funded, kok. Kalau lolos beasiswa ini kamu akan dapet banyak benefits. Salah satunya adalah uang saku sebesar SEK 10000 atau sekitar 14 juta rupiah perbulannya. Menarik kan?

 

 

4. Ministry of Foreign Affairs Scholarships

Ministry of Foreign Affairs Scholarships merupakan program beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Rumania. Beasiswa ini terbuka buat kamu yang mau ngelanjutin kuliah S1, S2, atau S3 di Rumania. Unfortunately, buat kamu yang mau kuliah di jurusan kedokteran, kedokteran gigi dan farmasi, belum bisa daftar ke beasiswa ini, ya.

 

Untuk perkuliahan program S1 dan S2, hanya tersedia dalam bahasa Romania aja, guys. So, sebelum daftar beasiswa ini pastiin kamu udah jago komunikasi pakai bahasa ini. Tenang.. Tenang… Bakalan ada course tentang bahasa Rumania, yang bakal kamu ikuti selama setahun sebelum kamu mulai perkuliahan, kok.

 

 

5. VLIR-UOS Scholarships

Tiap tahunnya, institusi dari Belgia bernama VLIR-UOS memberikan kesempatan pelajar internasional untuk belajar di Belgia. Beasiswa ini diberikan khusus untuk program S2 aja, ya. Hanya ada 15 program master di 5 universitas di Belgia yang bakal diterima di beasiswa ini.

 

Hence, pastiin kamu selalu mengecek website resmi beasiswa VLIR-UOS ya, supaya selalu update info-info terbaru tentang beasiswa ini. Cuma ada 150 orang dari negara-negara di Afrika, Asia atau Amerika Latin, yang bakal beruntung mendapatkan beasiswa ini. Yuk, persiapkan diri kamu sebaik mungkin untuk mendaftar beasiswa ini.

 

 

Nah, itu dia list beasiswa yang tersedia buat kalian para scholarship hunters yang pengen kuliah di Eropa. Tips penting buat kamu yang pengen kuliah di luar negeri, pastiin kamu udah jago bahasa Inggris sebelum daftar beasiswanya. Supaya nantinya nggak kesusahan saat komunikasi waktu lagi di luar negeri.

 

Nah, buat kamu yang udah bisa basic bahasa Inggris, dan pengen ningkatin level bahasa Inggrismu, yuk ikutan live class Next Level English di Englishvit. Di kelas Next Level English kamu bakal belajar kosakata tingkat lanjut, konsep dan penggunaan tata bahasa dan speaking tingkat lanjut, lewat zoom dengan tutor yang profesional dan berkualitas. Klik DI SINI untuk mendaftar live class Next Level English.