Ini dia daftar beasiswa luar negeri tanpa meminta syarat IPK. Siapa sih yang nggak pengen kuliah gratis di luar negeri? Pasti semua orang pernah sekali kepikiran buat ngelanjutin sekolah ke luar negeri. Ngelanjutin kuliah S2 di luar negeri sekarang bukan jadi barang mahal lagi lho. Udah banyak scholarships yang dibuat dari institusi dalam negeri maupun luar negeri.

 

Lebih enaknya lagi, sekarang kamu nggak perlu khawatir atau cemas sama IPK yang kamu dapet waktu kuliah S1 lalu, karena ternyata ada lho, beasiswa luar negeri yang nggak minta IPK S1 sebagai syarat pendaftarannya. Pengen tahu apa aja daftar beasiswanya? Cek list di bawah ini yuk! Let’s go!

 

 

1. Chinese Government Scholarship (CGS)

Beasiswa CGS merupakan beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Tiongkok Untuk mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studi S1, S2, S3. Other than biaya kuliah yang free dan biaya akomodasinya, kamu juga bakalan dapet uang saku lho.

 

Kalau kamu daftar beasiswa S2, you will get 3000 RMB per bulannya atau sekitar 6 juta rupiah, dan kalau kamu daftar beasiswa untuk S3 kamu bakal dapet uang saku 3500 RMB, atau sekitar 7 juta rupiah per bulannya. Nggak ada batasan jurusan ataupun universitas, kamu bisa daftar kampus atau jurusan apapun yang tertera di website beasiswa CGS.

 

Pendaftaran online beasiswa CGS biasanya dimulai dari bulan November sampai dengan Februari. Masih ada waktu sampai November nanti buat nyiapin berkas-berkas yang dibutuhin lho. Tertarik lanjut S2 atau S3 ke China?

 

 

2. Global Korea Scholarship (GKS)

Buat para sobat Englishvit yang pengen ngelanjutin S2 atau S3 gratis di negeri asal drama Korea, yuk cobain daftar beasiswa GKS. Beasiswa GKS merupakan program beasiswa dari Pemerintah Korea Selatan untuk mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan pendidikan S1, S2, ataupun S3, di Korea Selatan. 

 

Sama kayak Beasiswa CGS, beasiswa GKS juga fully funded lho. Selain biaya kuliahnya gratis, kamu juga bakalan dapet uang saku KRW 1 juta atau sekitar IDR 11 juta per bulannya. Unfortunately, beasiswa GKS 2022 udah ditutup akhir bulan Maret lalu. 

 

But, don’t worry guys, beasiswa ini bakalan buka lagi tahun depan. So, kamu masih ada waktu buat nyiapin essay atau cari-cari info lainnya tentang beasiswa GKS. Catet ya, beasiswa GKS biasanya bakalan buka dari akhir tahun sampai bulan Maret. Don’t forget to regularly check their official website, guys!

 

 

3. Beasiswa France Excellence

Kalau 2 beasiswa sebelumnya masih seputar di wilayah Asia, ada nih beasiswa yang nggak mempermasalahkan nilai IPK tapi di Perancis. Yups, dari namanya aja udah ketauan ya kalau beasiswa France Excellence memberi kesempatan kepada pelajar internasional untuk melanjutkan studi S2 ke Perancis melalui Kementerian Luar Negeri Perancis. 

 

Karena kuliahnya di Perancis, jadi kamu juga perlu persiapan untuk les bahasa Perancis dulu ya sebelum daftar beasiswa ini. Dijamin persiapan les bahasa Perancis kamu nggak bakalan sia-sia, karena kalau keterima beasiswa ini, kamu akan dapet banyak benefits yang bakalan menunjang dan memperingan biaya hidup waktu kuliah di Perancis nantinya.

 

Kamu bakalan dapet uang pembuatan visa pelajar ke Perancis, asuransi kesehatan, biaya kuliah dengan plafon maksimal 5000 euro per tahun, biaya hidup 700 euro per bulan atau setara kurang lebih 11 juta rupiah, dan masih banyak lagi benefit-benefit lainnya. Biasanya beasiswa ini hanya dibuka 2 bulan antara bulan Maret sampai bulan April. Buat yang mau sekolah S2 di Perancis, jangan sampai skip tanggalnya ya!

 

 

4. Italian Government Scholarship atau MAECI

Selain beasiswa yang udah kita sebutin sebelumnya, masih ada lho beasiswa tanpa syarat IPK lainnya buat kuliah di Eropa. Italian Government Scholarship atau MAECI adalah beasiswa yang ditawarkan pemerintah Italia untuk mahasiswa internasional lulusan S1 dan S2 yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3 di Italia.

 

Unfortunately, beasiswa ini cuma memprioritaskan pendaftarnya yang ingin melanjutkan S2 atau S3 di Italia di bidang seni & desain, ekonomi, hukum, ilmu & profesi terapan, ilmu komputer & IT, ilmu sosial, jurnalisme & media, kedoktoran & kesehatan, pelatihan & pendidikan, pertanian dan kehutanan, rekayasa & teknologi, sains & matematika, sastra, teknik. 

 

Meskipun cuma dibuka buat beberapa bidang studi, beasiswa MAECI juga fully funded lho, guys. So, kalian nggak usah pusing lagi mikirin tentang biaya kuliah. Usually, beasiswa ini ditutup pada pertengahan tahun di bulan Juli. masih ada kesempatan nih, buat kamu persiapin syarat-syarat yang dibutuhkan sampai nanti bulan Juli. Jangan sampai ketinggalan jadwal pendaftarannya, ya!

 

 

5. New Zealand Scholarships (NZS)

Beasiswa terakhir yang tidak mempermasalahkan IPK sebagai syarat pendaftaran, datang dari negara yang cukup dekat dengan indonesia, yaitu New Zealand. Program New Zealand Scholarships merupakan beasiswa dari pemerintah New Zealand, yang ditujukan untuk pelajar internasional yang yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3 di New Zealand. 

 

Unfortunately, kayak beasiswa MAECI nggak semua bidang studi bisa keterima belajar lewat beasiswa ini, guys. Untuk pendaftar dari Indonesia, New Zealand bakal lebih prioritasin pendaftar yang tertarik dengan bidang yang berkaitan dengan climate change and the environment, disaster risk management, food security and agriculture, renewable energy, dan governance.

 

Sama seperti beasiswa lainnya, beasiswa NZS ini juga fully funded ya, guys. Banyak banget benefits yang bakal kamu dapetin setelah dapet beasiswa ini, selain biaya kuliah, uang saku, dan asuransi kesehatan, kamu juga bakal dapet tiket pesawat pada awal dan akhir masa perkuliahan, biaya penelitian dan tesis, biaya tes IELTS buat yang belum tes tapi udah keterima beasiswanya, dan masih banyak lagi.

 

 

Nah, itu dia daftar 6 beasiswa untuk kuliah di luar negeri yang nggak mempermasalahkan nilai IPK sebagai syaratnya. Kira-kira, kamu tertarik daftar beasiswa apa nih?

 

Buat para sobat Englishvit yang butuh sertifikat tes TOEFL untuk daftar beasiswa ataupun keperluan kuliah, yuk tes TOEFL online di Enlighvit aja. Test TOEFL online ini juga bisa kamu kerjain di mana pun dengan gadget kesayanganmu, so kamu nggak perlu repot-repot dateng ke Englishvit buat tes. Don’t worry, sertifikatnya juga bisa langsung didownload, kok! Tertarik? Klik DI SINI untuk mendaftar test TOEFL online di Englishvit.