Memilih negara tujuan menjadi pertimbangan para pelajar yang memutuskan untuk kuliah di luar negeri. Ada banyak negara-negara di Asia yang memiliki universitas top dengan kualitas pendidikan yang tak kalah bagus dari negara-negara lainnya, seperti Amerika, Eropa, dan Australia. Hal ini terbukti dengan banyaknya universitas di Asia yang masuk dalam peringkat kampus terbaik. Bahkan ada banyak program jurusan yang belum banyak tersedia di kampus-kampus Indonesia. Di bawah ini Englishvit infromasikan 5 negara di Asia yang menjadi favorit para pelajar untuk melanjutkan studi di luar negeri.

 

Jepang

Negara pertama yang menjadi incaran para pelajar untuk kuliah di luar negeri yaitu berasal dari negeri Sakura, yaitu Jepang. Mempunyai kualitas pendidikan yang sangat baik serta teknologi yang berkembang pesat menjadi alasan banyaknya pelajar internasional yang ingin melanjutkan studi ke Jepang. Salah satunya adalah universitas terbaik yang dimiliki Jepang, yaitu University of Tokyo. Selain itu, Jepang juga mendapat predikat 2 dalam QS Best Students Cities 2019. Antusias para pelajar yang ingin melanjutkan studi di negeri ini mengakibatkan pemerintah Jepang mengambil langkah untuk menarik lebih banyak siswa internasional dengan peningkatan jumlah program yang diajarkan bahasa Inggris dan membuatnya lebih mudah untuk diterapkan. Walaupun biaya hidup di Jepang terhitung mahal, namun tak menutup semangat para pelajar yang ingin belajar di Jepang. 

 

Korea Selatan

Negara Asia selanjutnya datang dari Korea Selatan. Pemerintah Korea Selatan selalu membuka program beasiswa setiap tahunnya agar menarik para pelajar internasional untuk belajar di Korea. Salah satu tujuannya adalah memperkenalkan budaya Korea Selatan kepada para pelajar. Tak lupa juga Korea Selatan memiliki banyak universitas bergengsi dengan jurusan-jurusan yang sangat bervariasi. Beberapa kampus terbaik Korea adalah Seoul National University, KAIST, dan masih banyak universitas lainnya. Sebagai negara yang memiliki pengaruh besar dalam bidang, teknologi, pendidikan, dan pariwisata, Korea Selatan menjadi 'Macan Asia' lain yang telah berinvestasi kuat dalam penelitian dan pendidikan. Bahkan ibu kota Seoul masuk ke dalam peringkat 10 besar di QS Best Students Cities 2019. 

 

Malaysia

Negara Asia selanjutnya yaitu Malaysia yang mana menjadi negara tujuan para mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Persamaan yang dimiliki oleh Malaysia dan Indonesia mulai dari makanan, budaya, serta lingkungan sosial menjadi alasan para pelajar mahasiswa memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di negeri Jiran ini. Selain dekat, Malaysia juga memiliki universitas-universitas bergengsi dengan pilihan jurusan yang beragam. Beberapa universitas tersebut yaitu Universiti Malaya, Universiti Putra Malaysia, Universiti Kebangsaan Malaysia, serta universitas lainnya. 

 

Singapura

Sama seperti Malaysia, Singapura menjadi pilihan mahasiswa internasional termasuk mahasiswa Indonesia untuk belajar di luar negeri karena jaraknya yang dekat dengan Indonesia. Selain dekat dengan Indonesia, budaya dan lingkungan sosial Singapura tak jauh berbeda dengan Indonesia. Singapura juga memiliki list universitas top yang masuk dalam predikat kampus terbaik Asia. Adapun universitas yang terkenal dari Singapura yaitu National University of Singapore (NUS) dan Nanyang Technological University (NTU) yang mana memiliki jaminan kualitas Pendidikan terbaik di Singapura. Negara ini cocok untuk kamu yang ingin belajar mengenai bisnis, keuangan, dan manajemen. 

 

China

Negeri Tirai Bambu ini merupakan salah satu negara Asia yang juga diminati para pelajar internasional, termasuk Indonesia untuk belajar di luar negeri. Ada banyak beasiswa yang ditawarkan baik dari pemerintah China maupun beasiswa universitas yang mencakup seluruh keperluan kuliah dan kehidupan selama di China. Diantaranya ada Chinese Government Scholarship, Chinese University Program Scholarship, dan masih banyak lagi. Terkenal dengan kemajuan di bidang teknolog dan sistem Pendidikan yang maju, beberepa universitas terbaik adalah Tsinghua University, Peking University, Fudan University, dan masih banyak lagi. 

 

Kamu sudah memutuskan ingin melanjutkan studi di negara mana? Pastikan sudah mulai mencari info terkait negara tujuanmu dan universitas yang kamu pilih. Mulailah mengembangkan kemampuan bahasa Inggrismu karena akan menjadi alat komunikasi kamu ketika berada di luar negeri. Tetap semangat ya!!!