Jika kamu ingin ikut tes TOEFL, tentunya harus udah tau tips-tips untuk bisa menjawab soal grammar TOEFL selain tips menjawab soal listening TOEFL dan soal reading TOEFL. Ketika sudah tahu tips dan triknya, dijamin kamu gak akan kesulitan saat mengerjakan tes hingga selesai dan berhasil mendapatkan skor bagus.

 

Sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang Tips menjawab soal listening TOEFL dan Cara mengerjakan soal reading TOEFL dengan cepat. Dan di artikel ini, Englishvit bakal share 5 tips untuk bisa mengerjakan soal grammar TOEFL. Jadi setelah tahu semua tips dari setiap section, tentunya sudah bisa dong jawab semua pertanyaan yang ada.

 

Tipe-Tipe Soal Grammar dalam TOEFL

Banyak orang-orang menganggap kalau menjawab soal grammar TOEFL atau lebih dikenal dengan Structure and Written section tak kalah susahnya seperti soal Reading section. Sebenarnya section ini gak begitu susah kok. Jika dalam reading section kita bisa membaca pertanyaannya dulu lalu mencari keyword di text yang mengarah pada jawabannya. Nah, sama seperti reading section, pada soal grammar TOEFL atau structure and written expression kamu bisa fokus pada susunan kalimatnya dan pilih mana kata atau phrase yang tepat untuk melengkapi struktur kalimat tersebut.

 

Fyi, soal grammar di TOEFL dibagi menjadi 2 bentuk, yaitu:

1. Structure berjumlah 15 pertanyaan

Pada bagian structure, kamu akan melihat susunan kalimat yang tidak lengkap dan pilih kata atau phrase yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut.

 

2. Written expression berjumlah 25 pertanyaan

Pada bagian written expression, kamu akan diberikan soal berupa kalimat yang sebagian katanya digaris bawahi dan menentukan bagian mana yang salah dalam kalimat tersebut.

 

Nah, untuk mengerjakan section ini, tentunya kamu harus teliti membaca setiap susunan kalimat karena di section ini butuh basic grammar. Itulah mengapa pentingnya untuk belajar grammar. Namun, jika kamu sudah belajar grammar tapi masih sering salah saat mengerjakan soal grammar TOEFL, berarti kamu perlu beberapa tips ini untuk membantu kamu menjawab soal grammar TOEFL.

 

Tips menjawab soal grammar TOEFL

 

 

1. Cari subject dan verb dalam kalimat

Menemukan subject dan verb merupakan step awal yang harus dilakukan ketika menjawab soal grammar TOEFL. Karena dalam sebuah kalimat wajib memiliki subject dan verb, jika dalam kalimat tidak ada subject atau verb maka bisa jadi jawabannya terdapat subject atau verb

 

Namun, terkadang saat menemukan suatu struktur kalimat, kamu kadang merasa bingung menentukan subject dan verb. Disinilah penting untuk sering berlatih mengerjakan soal grammar TOEFL agar kamu terbiasa menemukan bentuk soal seperti ini.

 

2. Cek setiap pilihan jawaban yang tersedia

Setelah mengetahui susunan kalimatnya, seperti subject, verb, atau adverb, yang harus dilakukan adalah mencari jawaban berupa kata atau phrase yang sesuai untuk melengkapi kalimat tersebut. Maka dari itu, pentingnya untuk kamu membaca dulu soal secara keseluruhan dan setiap jawabannya. 

 

Jangan sampai kamu menjawab sebelum membaca soal hingga selesai dan juga pilihan jawaban yang tersedia karena terkadang semua pilihan jawaban akan terlihat benar kecuali kita membaca dengan teliti.

 

3. Perhatikan kata atau phrase yang digarisbawahi

Dalam mengerjakan soal TOEFL written expression, perhatikan kata atau phrase yang digarisbawahi. Dari kata yang digarisbawahi, kita bisa mencari tahu kata mana yang ternyata tidak tepat di dalam kalimat tersebut. Untuk lebih jelasnya, kita simak contoh salah satu soal TOEFL structure and written expression di bawah ini.

 

On Ellesmere Island in the Arctic one fossil forest consist of a nearly hundred large stumps scattered on an exposed coal bed.

 

Jika kamu perhatikan kalimat di atas, kata yang kurang tepat adalah kata nearly karena tidak memerlukan determiner. Hal itu dibuktikan dengan phrase setelahnya, yaitu hundred large stumps yang mana stumps sudah termasuk bentuk plural.

 

 

4. Sering latihan mengerjakan soal-soal TOEFL structure and written expression

Pentingnya untuk kamu mengerjakan latihan soal-soal TOEFL jika kamu ingin mengikuti tes TOEFL. Kunci utama untuk bisa sukses mendapatkan skor TOEFL yang bagus adalah kamu sudah menguasai bentuk soal TOEFL dan sering berlatih mengerjakan soal-soal tersebut. Jika kamu tidak ada minat untuk berlatih, belum tentu kamu bisa mengerjakan soal TOEFL dengan baik.

 

5. Pelajari materi grammar yang sering keluar dalam soal structure and written expression

Kalau ingin bisa menjawab soal-soal grammar TOEFL, penting untuk kamu mempelajari materi-materi grammar yang sering muncul dalam soal TOEFL. Diantara materi-materi yang sering keluar adalah:

  • Subject & Verb Agreement.
  • Noun, Pronoun, Phrase, Clause (dependent & independent clause, noun clause, adjective clause & appositive), Sentence (compound& complex sentence).
  • Part of Speech.
  • Irregular Verbs.
  • Singular dan Plural.
  • Parallel Structure.

 

Problemnya, kamu sudah mempelajari materi-materi ini tapi kamu masih belum bisa memahami semuanya karena materi ini perlu penjelasan mendalam untuk setiap poinnya. Nah, buat sobat Englishvit yang lagi nyiapin diri untuk tes TOEFL buat di persyaratan kuliah ke luar negeri, yudisium, atau mendaftar kerja pernah nggak takut ngalamin hal ini saat tes ngerjain TOEFL?

  • Tidak mendapatkan skor akhir yang maksimal
  • Kesulitan memahami soal listening 
  • Kurang paham soal-soal grammar
  • Kesusahan saat mengerjakan soal reading karena tidak hafal vocab
  •  

Kalau iya, jangan langsung tes! Kalau gagal sayang lho biayanya mahal. Buat persiapan supaya nggak gagal, yuk siapin diri kamu dengan ikutan program TOEFL Master Class di Englishvit. 

 

Di kelas ini kamu bakalan belajar cara-cara meraih skor TOEFL 550+. Setelah ikut kelas TOEFL Master Class, kamu bakalan bisa:

  • Mendapatkan skor TOEFL lebih dari 550
  • Paham saat mendengarkan audio di soal listening
  • Tahu trik mengerjakan soal grammar dengan cepat
  • Hafal vocab-vocab sulit yang sering muncul di tes TOEFL
  •  

Menarik kan? Ada banyak banget keuntungan yang bisa kamu dapat dengan join program TOEFL Mini Bootcamp ini. Tunggu apalagi? Klik DI SINI untuk mendaftar program TOEFL Master Class.

 

Kalau kamu tertarik dan ingin bertanya-tanya dulu seputar program TOEFL Master Class, kamu bisa langsung menghubungi admin untuk berkonsultasi secara GRATIS. Sampai jumpa di kelas!