Ini dia 6 beasiswa kuliah di luar negeri yang nggak butuh syarat TOEFL! Buat yang sering ngeluh, karena nggak sanggup bayar buat TOEFL, sebagai syarat daftar beasiswa. Sekarang kalian nggak perlu khawatir, karena ternyata ada cukup banyak lho, beasiswa luar negeri yang nggak minta syarat sertifikat tes TOEFL.

 

Daripada penasaran, yuk langsung aja kita bahas satu persatu daftar beasiswanya. Check it out!

 

 

1. Russian Government Scholarships

Beasiswa dari pemerintah Rusia ini jadi beasiswa pertama yang nggak ngasih pendaftarnya syarat sertifikat TOEFL. Kamu bisa ngelanjutin kuliah dari mulai jenjang S1, S2, hingga S2 pakai beasiswa ini. Nggak usah takut nggak bisa bahasa Rusia kalau mau daftar beasiswa ini. Kalau keterima, kamu bakalan dapet pembekalan bahasa Rusia langsung selama setahun kok.

 

Buat para beasiswa hunter, kamu masih ada waktu beberapa bulan nih, buat nyiapin persyaratannya. Beasiswa ini biasanya dibuka pada akhir tahun di antara bulan Oktober sampai Desember. Don’t miss it, guys!

 

 

2. Turkiye Burslari Scholarship

Turkiye Burslari Scholarship adalah program beasiswa buat mahasiswa internasional yang dibuat oleh pemerintah Turki. Nggak cuma bisa nikmatin alam negara Turki yang indah, kamu juga bakalan dapet benefits yang indah-indah kalau bisa keterima beasiswa ini. 

 

Selain dibiayai kuliah sampai selesai dan dapet uang saku, kamu juga nggak perlu mikirin biaya kesehatan, atau keberangkatan, karena kamu bakalan dapet tiket pesawat gratis untuk berangkat ke Turki. Sayang banget pendaftaran beasiswa buat tahun ini udah ditutup. Eitss, don’t be sad, guys. Beasiswa ini bakalan dibuka lagi buat tahun depan pada sekitar bulan Januari sampai Februari. Jangan sampe skip, ya!

 

 

3. Government of Brunei Darussalam Scholarships

Kalau mau kuliah di luar negeri, tapi nggak mau jauh-jauh. Kamu bisa daftar beasiswa gratis dari pemerintah Brunei. Sama seperti beasiswa lainnya, beasiswa ini nggak ngebutuhin syarat sertifikat TOEFL buat pendaftarannya. Buat yang pengen ngelanjutin kuliah di tingkat diploma, S1, atau S2, bisa coba-coba buat daftar beasiswa ini.

 

Selain fully funded, kamu juga bakalan dapet uang saku sebesar kurang lebih 5 juta rupiah perbulannya. Other than that, kamu juga bakalan dapet tiket pesawat di awal dan akhir masa perkuliahan. Jangan sampe ketinggalan, guys. Beasiswa ini biasanya buka pada akhir tahun di bulan Desember. 

 

 

4. Beasiswa Daad Germany

Buat para sobat Englishvit yang pengen ngelanjutin kuliah di Jerman tapi masih insecure sama nilai TOEFL, beasiswa daad dari Jerman ini nggak ngebutuhin sertifikat TOEFL sebagai syarat lho. Unfortunately, kamu cuma bisa ikutan daftar beasiswa ini, kalau udah kerja di perusahaan BUMN, instansi pemerintah, atau perusahaan swasta, yang kerjanya berhubungan dengan teknologi, ekonomi, dan area sosial.

 

Sertifikat bahasa yang dibutuhin bakalan bergantung sama bidang studi yang bakal kamu pelajari nantinya. Kalau kamu berencana kuliah di bidang seni, ilmu sosial, dan hukum, kamu harus banget kursus dulu bahasa Jerman sebelum daftar beasiswa ini. Pendaftaran beasiswa ini biasanya mulai dibuka pada bulan Agustus hingga bulan Januari tahun depannya.

 

 

5. Global Korea Scholarship

Di artikel sebelumnya, kita udah sedikit membahas tentang beasiswa GKS ini ya. Beasiswa ini terbuka umum buat pendaftarnya yang pengen ngelanjutin sekolah S1, S2, dan S3 di Korea Selatan. Selain nggak butuh IPK sebagai syarat, beasiswa ini juga nggak minta calon pendaftarnya untuk ngumpulin sertifikat tes TOEFL atau IELTS saat daftar.

 

Even though, sertifikat kemampuan bahasa Inggris nggak diperluin buat daftar, tapi kamu tetep harus nyiapin berkas-berkas pendaftaran pakai bahasa Inggris maupun bahasa Korea. Tenang aja, beasiswa ini fully funded kok. So, kamu bakalan dapet fasilitas biaya kuliah gratis dan uang saku per bulannya kalau keterima beasiswa GKS.

 

 

6. Chinese Government Scholarship

Chinese Government Scholarship atau CGS adalah beasiswa tahunan yang diadakan oleh pemerintah China untuk calon mahasiswa internasional yang pengen ngelanjutin kuliah S1, S2, atau S3 di China. Ada 279 universitas di China yang tiap tahunnya membuka peluang buat mahasiswa internasional buat ngelanjutin kuliah di sana. Hampir 99% kampus-kampus di China nggak butuh sertifikat TOEFL atau IELTS buat syarat. 

 

This is because mahasiswa yang keterima beasiswa ini biasanya bakal dapet training bahasa Mandarin selama setahun, sebelum masuk kuliah. Proses penerimaan beasiswa ini biasanya dimulai dari bulan Desember sampai bulan April, guys. Pastiin kamu selalu ngecek website resmi beasiswa CGS biar nggak ketinggalan info lengkapnya.

 

 

Nah, itu dia 6 macam beasiswa luar negeri yang nggak perlu sertifikat TOEFL buat syarat pendaftarannya. Even though, sertifikat kemampuan bahasa Inggris nggak jadi syarat, kamu harus tetep bisa bahasa Inggris lho. Why

 

It is because bahasa Inggris jadi bahasa komunikasi internasional. Di manapun kamu kuliah di luar negeri, kamu pasti butuh bahasa Inggris, buat at least sekedar ngobrol atau nanya-nanya informasi ke warga lokal.

 

Nah, buat kamu yang udah bisa bahasa Inggris dan pengen ningkatin level bahasa Inggrismu, yuk ikutan live class Next Level English di Englishvit. Di kelas Next Level English kamu bakal belajar kosakata tingkat lanjut, konsep dan penggunaan tata bahasa dan speaking tingkat lanjut. Tunggu apalagi? Klik DI SINI untuk mendaftar live class Next Level English.