Memilih universitas untuk berkuliah di luar negeri tak boleh sembarangan lho, apalagi kamu sudah punya kesempatan untuk kuliah di luar negeri. Kuliah di luar negeri bukan lagi privilege hanya untuk orang-orang dari keluarga yang berkecukupan. 

Kesempatan untuk berkuliah di luar negeri saat ini juga sudah semakin mudah, karena banyak lembaga-lembaga pemerintah maupun swasta yang memberikan beasiswa untuk menempuh pendidikan tinggi di negeri orang. 

Jika kamu sudah punya rencana kuliah di luar negeri, memilih universitas akan jadi hal pertama yang harus dilakukan. Saat memilih universitas di luar negeri pun kamu tak boleh asal. Banyak hal-hal yang harus diperhatikan.

Tips cara memilih universitas yang bagus di luar negeri

Untuk tau hal-hal apa saja yang perlu dipertimbangkan saat memilih universitas di luar negeri, simak penjelasan lengkapnya dalam tulisan di di bawah ini!

1. Tentukan negara di mana kamu ingin berkuliah

Sebelum membuka artikel ini, kemungkinan besar kamu sudah memiliki negara tujuan tertentu yang ingin kamu pilih sebagai tempat berkuliah nantinya. Negara yang kamu pilih akan sangat mempengaruhi pilihan universitas, serta mempengaruhi hal-hal lain seperti biaya kuliah, biaya hidup, cuaca, transportasi, makanan, dan lain-lain. 

Jika kamu berkuliah di luar negeri tanpa beasiswa, biaya yang akan kamu keluarkan saat kuliah di luar negeri tak akan semurah berkuliah di dalam negeri. Menentukan negara diawal sebelum kamu berkuliah di luar negeri akan memberikan kamu gambaran tentang hal-hal yang berkaitan dengan finansial. Selain itu, negara juga jadi mempengaruhi proses pendaftaran kuliah seperti saat mempersiapkan visa pula.

2. Mengecek persyaratan masuk tiap-tiap universitas

Tidak semua universitas di luar negeri memiliki persyaratan masuk yang sama. Ada universitas yang meminta sertifikat TOEFL sebagai syarat pendaftaran, namun ada juga universitas yang meminta sertifikat IELTS. Bahkan, beberapa universitas mewajibkan calon mahasiswanya untuk menguasai bahasa utama negara tersebut. 

Di Jerman, sebagian besar universitas meminta calon mahasiswanya untuk memiliki sertifikat kemampuan bahasa Jerman sebagai salah satu persyaratan masuk universitas. Menguasai bahasa utama negara tujuan kuliahmu akan mempermudah proses belajar saat perkuliahan dan mempermudah untuk beradaptasi dengan lingkungan negara yang baru. Pastikan kamu sudah paham betul apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mendaftar universitas tujuanmu.

3. Pilihlah lokasi universitas yang mudah dijangkau kendaraan umum

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat berkuliah di luar negeri, kemungkinan besar kamu tidak akan mempunyai kendaraan pribadi sendiri. Sebagian besar mahasiswa di luar negeri pasti akan memanfaatkan kendaraan umum sebagai alat transportasi untuk pergi ke kampus. Lokasi universitas juga menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan. 

Pilihlah universitas yang dekat dan dijangkau dengan fasilitas kendaraan umum. Selain agar mempermudah akses ke universitas, lokasi universitas juga akan mempengaruhi tempat tinggalmu nantinya saat di luar negeri.

4. Mencari tahu kualitas dosen dan fasilitas yang ditawarkan universitas

Dosen dan fasilitas kampus akan menunjang performa perkuliahanmu saat berada di luar negeri. Semakin baik kualitas dosen dan fasilitas yang diberikan oleh kampus, akan semakin baik pula nantinya outcome yang akan kamu terima sebagai mahasiswa universitas tersebut.  

Informasi mengenai dosen dan fasilitas universitas biasanya bisa kamu akses melalui situs resmi universitas tujuanmu. Jika tidak tersedia di situs resminya, kamu bisa bertanya mengenai informasi tentang dosen dan fasilitas yang didapatkan melalui email universitas. Pihak universitas pasti akan dengan senang hati menyediakan informasi ini pada calon mahasiswanya.

5. Menanyakan testimoni pada alumni universitas tersebut

Jika kamu masih ragu untuk dalam menentukan program studi dan universitas tujuan di luar negeri, cobalah untuk mencari tahu pengalaman dari para alumni yang sebelumnya berkuliah di universitas tersebut. 

Kamu bisa menanyakan secara pribadi kepada alumni dari Indonesia maupun dari negara lain tentang kesan, hal positif dan negatif saat berkuliah di universitas tersebut, dan saran-saran jika akan berkuliah di universitas itu. Bertanya kepada alumni akan memberikan kamu gambaran secara menyeluruh tentang perkuliahan di luar negeri.

6. Cari tahu model pengajaran dan kurikulum universitas tujuanmu

Model pengajaran dan kurikulum universitas luar negeri mungkin akan berbeda dengan yang ada di Indonesia. Sebelum menentukan tujuan universitas pilihanmu, pastikan kamu sudah mencari tahu model pengajaran dan kurikulum universitas tujuanmu. 

Pilihlah universitas yang memiliki cara pengajaran yang cocok denganmu. Jika kamu tidak cocok dengan model pengajarannya, kamu akan merasa kesulitan untuk menerima pelajaran selama berkuliah di luar negeri.

Itu tadi 6 tips penting tentang cara memilih universitas di luar negeri yang wajib kamu ketahui. Sekarang sudah tau kan hal-hal apa saja yang harus dipertimbangkan saat memilih universitas untuk berkuliah di luar negeri? Pastikan kamu memilih universitas yang terbaik ya! 

Untuk sobat Englishvit yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri, tapi masih pengen ningkatin kemampuan bahasa Inggris, yuk ikutan live class Next Level English di Englishvit. Kelas Next Level English English cocok banget buat sobat Englishvit yang ingin meningkatkan penguasaan vocabulary, penggunaan grammar, dan mengembangkan kemampuan speaking bahasa Inggris yang akan dibimbing oleh guru yang profesional dan berpengalaman. Tunggu apalagi? Klik DI SINI untuk mendaftar live class Next Level English.