Englishvit.com  Hi scholarship hunter!   Beasiswa Chevening sedang buka nih! Bagi kamu yang ingin melanjutkan studimu ke UK, ini waktu yang sudah kamu tunggu-tunggu selama ini. Salah satu beasiswa untuk kuliah ke UK, yaitu Chevening sudah buka nih.

Dalam kesempatan kali ini, kita bakal sharing tentang beasiswa tersebut.

Apa itu Chevening?

Chevening adalah program beasiswa global dari pemerintah UK yang menawarkan kesempatan kepada calon pemimpin masa depan untuk belajar di UK. Beasiswa tersebut diberikan kepada para kandidat Internasional berprestasi untuk menempuh gelar S2 selama setahun dalam jurusan yang tersedia di seluruh universitas di UK.

Chevening memberikan beasiswa penuh, yang dapat membantu kamu fokus dalam meraih tujuan akademis sekaligus menikmati pengalaman belajar di UK. Bagi pendaftar beasiswa yang lolos, kamu akan tinggal dan belajar di UK selama setahun. Dalam jangka waktu tersebut kamu dapat mengembangkan jaringan, merasakan budaya UK dan mengeksplor hal lainnya di UK.

Kalau kamu punya ambisi, leadership dan latar belakang akademis yang kuat, beasiswa ini sangatlah cocok untukmu. Informasi mengenai dokumen dan persyaratannya dapat kamu lihat pada tabel di bawah.

Requirements(Persyaratan)

1

Merupakan warganegara yang memenuhi syarat Chevening (salah satunya Indonesia)

2

Bersedia kembali ke negara asal minimum dua tahun setelah beasiswa berakhir

3

Memiliki gelar sarjana yang memungkinkan masuk ke program pascasarjana di universitas Inggris dengan predikat upper second class 2:1 honours (setara IPK 3.33 – 3.67)

4

Memiliki pengalaman kerja setidaknya 2.800 jam (setara dengan 2 tahun)

5

Mendaftar di tiga jurusan kuliah berbeda yang memenuhi syarat di universitas Inggris dan menerima tawaran masuk tanpa syarat (unconditional offer) dari salah satu pilihan tersebut paling lambat 15 Juli 2021

 

Dokumen

Selain beberapa persyaratan di atas, kamu juga harus memastikan bahwa kamu bisa mengumpulkan beberapa dokumen di bawah ini.

1

Paspor/KTP yang berlaku

2

Ijazah dan transkrip universitas

3

Tiga pilihan jurusan Master berbeda di UK

4

Dua surat referensi yang mengenal kapasitas profesional dan akademik Anda

5

Biografi singkat

 

Itulah beberapa dokumen dan persyaratan yang harus kamu lengkapi agar dapat menempuh studi gratis di UK. Pastikan untuk melengkapi persyaratan dan dokumen tersebut sesuai dengan timeline di bawah ya!

Timeline

Perhatikan baik baik dan jangan sampai kamu melewatkan tanggalnya!

3 September 2020

Pendaftaran beasiswa dibuka

3 November 2020

Pendaftaran beasiswa ditutup

4 November 2020

Seleksi dokumen

Pertengahan November-Desember 2020

Penilaian pendaftar oleh komite

Awal-Pertengahan Februari 2020

Undangan interview

22 Februari 2020

Deadline pengumpulan dokumen

1 Maret-30 April

Interview beasiswa

Awal Juni 2021

Pengumuman kelulusan

15 Juli 2021

Deadline unconditional offer dari Universitas di UK

September/Oktober 2021

Awal studi di UK

 

Itulah salah satu beasiswa yang dapat mewujudkan mimpimu untuk kuliah gratis di UK. Jika tertarik dengan beasiswa tersebut, mulailah untuk melengkapi persyaratan dan ikuti timeline-nya.

Salah satu yang harus kamu siapkan adalah kemampuan bahasa Inggris tentunya. Nah, untuk Beasiswa Chevening ini, pastikan kamu memiliki sertifikat IELTS ya, jika kamu belum memilikinya, kamu bisa memulai dengan mempersiapkan sertifikat IELTS-mu dulu.

Ikuti program di Englishvit supaya kamu tidak perlu bingung belajar IELTS sendirian.

 

Untuk yang masih basic dan bingung dan terkendala dengan bahasa Inggris, silahkan ikuti program kursus yang lainnya di Englishvit. Sekian dulu informasi tentang kuliah gratis ke UK. Good luck!