Kamu pengen studi S1 GRATIS dan mendapat tunjangan hidup di Singapura? Coba deh daftar Dr. Goh Keng Swee (GKS) Scholarship!

Dr. Goh Keng Swee Scholarship

Beasiswa ini ditawarkan khusus buat kamu yang pengen kuliah S1 di negara maju seperti Singapura. Dr. Goh Keng Swee Scholarship (GKS) adalah beasiswa yang diberikan oleh Association of Banks in Singapore (ABS). Nama beasiswa ini diambil dari seorang ekonom dan mantan Wakil Perdana Menteri Singapura, Dr Gong Keng Swee.

Tidak hanya untuk pelajar Indonesia, program ini juga ditujukan untuk warga negara dari Asia Pasifik yang meliputi Brunei, Kamboja, Hong Kong, Jepang, India, Malaysia, Korea, China, Filipina, Thailand, Vietnam, Myanmar, dan Laos yang ingin kuliah di universitas yang ada di Singapura seperti Nanyang Technological University (NTU), National University of Singapore (NUS), Singapore University of Technology and Design (SUTD), dan Singapore Management University (SMU).

Walaupun beasiswa ini hanya diberikan kepada sekitar 3 sampai 4 kandidat setiap tahunnya, tapi kamu harus tetep optimis ya!

Biar makin semangat, kali ini kita kasih bocoran nih apa saja yang akan kamu dapat kalau kamu berhasil menjadi awardee beasiswa ini. 

Berikut cakupan biaya yang akan diterima awardee Dr Gong Keng Swee Scholarship:

  • Biaya kuliah dan biaya akademik lainnya
  • Tiket pesawat PP Indonesia-Singapura
  • Tunjangan tahunan senilai SGD6500
  • Tunjangan asrama
  • Tunjangan kedatangan senilai SGD200
  • Seluruh cakupan dana tersebut akan diberikan selama maksimum 4 tahun

Gimana? Setelah mengetahui benefit dari beasiswa ini kamu jadi makin termotivasi ngga nih?

Kalau kamu tertarik untuk mendaftar, kamu harus pastikan dulu bahwa kamu masuk kriteria yang mereka cari. Apa saja itu?

  • Merupakan warga negara Indonesia, Brunei, Kamboja, Hong Kong, Jepang, India, Malaysia, Korea, China, Filipina, Thailand, Vietnam, Myanmar, atau Laos 
  • Mendaftar ke salah satu universitas (NUS, NTU, SMU atau SUTD) pada program studi selain kedokteran. Pelamar harus mengikuti prosedur dan jadwal pendaftaran sesuai dengan kampus yang dituju
  • Menunjukkan kualitas kepemimpinan dan memiliki prestasi akademik ataupun kegiatan ko-kurikuler yang baik
  • Sudah atau berjanji untuk mengambil ujian SAT (untuk informasi lebih lanjut mengenai SAT dan pendaftarannya, kamu bisa kunjungi College Board website)

Nah, kamu sudah masuk dalam kriteria di atas apa belum nih? Kalau belum, kamu bisa mulai mempersiapkan diri dari sekarang.

Perlu dicatat bahwa kandidat yang berhasil menjadi awardee diharuskan untuk bekerja selama 3 tahun setelah menyelesaikan masa studi di dua jenis perusahaan ini:

  1. Perusahaan yang berada di Singapura
  2. Perusahaan Singapura yang berada di negara asal

*Penempatan akan ditentukan oleh pihak GKS

Beasiswa ini dibuka pada Bulan November-Maret tiap tahunnya. Untuk kamu yang baru lulus SMA bisa mulai mencari informasi mengenai proses pendaftaran Dr. Goh Keng Swee Scholarship di website resminya dengan KLIK DI SINI. 

Kalau kamu ada pertanyaan mengenai beasiswa dan kuliah ke luar negeri, kamu bisa nih konsultasi GRATIS dengan menghubungi nomor kami  DI LINK INI.