englishvit.com - The Wesleyan Freeman Asian Scholarship Program memberikan kesempatan untuk kuliah S1 GRATIS di Wesleyan University, US bagi pelajar Asia. Apa saja syaratnya?

The Wesleyan Freeman Asian Scholarship Program diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan hubungan Amerika Serikat dengan negara-negara di Asia yang meliputi China, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Malaysia, Filipina, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, Thailand dan Vietnam. 

Program ini akan mengcover biaya kuliahmu beserta biaya hidupmu termasuk akomodasi selama 4 tahun.

Setiap penerima beasiswa akan mendapatkan sejumlah dana dengan total sekitar $80,000. 

Seperti namanya, beasiswa ini hanya diberikan khusus untuk kamu yang ingin menuntut ilmu di Wesleyan University.

Apa sih Wesleyan University itu?

Bagi kamu yang belum familiar dengan universitas ini, kita kenalin dulu nih apa itu Wesleyan University. 

Wesleyan University merupakan kampus tertua ke-4 di Amerika Serikat. Wesleyan University terletak di Middletown, Connecticut. Kampus ini merupakan satu-satunya institusi liberal arts yang memiliki program S1 bidang humaniora, ilmu sosial, dan ilmu pengetahuan alam beserta program master dan PhD.

Lalu apa saja persyaratan untuk mendaftar beasiswa ini?

  • Telah menyelesaikan studi SMA/sederajat
  • Merupakan warga negara di salah satu negara berikut ini: : People's Republic of China, Hong Kong, Indonesia, Japan, Malaysia, the Philippines, Singapore, South Korea, Taiwan, Thailand, Vietnam.
  • Hanya siswa yang mengajukan bantuan keuangan berbasis kebutuhan dan telah menunjukkan kebutuhannya lah yang akan dipertimbangkan (pengajuan aplikasi bantuan keuangan melalui  CSS Profile)

Kriteria seleksi

  • Pencapaian akademik
  • Keingintahuan intelektual
  • Tingkat kedisiplinan
  • Komitmen yang tinggi
  • Kualitas diri
  • Kegiatan ekstrakurikuler, khususnya pengabdian masyarakat
  • Kemampuan bahasa inggris

Khusus untuk pelamar yang berasal dari negara berbahasa non Inggris, dianjurkan untuk melampirkan nilai ujian kemampuan bahasa inggris dengan skor minimum seperti pada tabel berikut ini

ExamMinimum Expected Score
TOEFL100
IELTS7.0
SAT700 Evidence-Based Reading and Writing
ACT29 Reading and English section scores or English
and Language Arts (ELA) combined score
Duolingo English Test120
Cambridge English Assessment190

Persaingan dalam mendapatkan Wesleyan Freeman Asian Scholars ini akan sangat kompetitif karena penyedia beasiswa hanya akan menerima 11 kandidat yang mendaftar dari berbagai negara dalam list yang telah disebutkan di atas.

Nah, kandidat yang lolos seleksi akan diberitahu dan akan diberi formulir untuk mendapatkan visa pelajar F-1 ke Amerika Serikat.

Proses Seleksi

  1. Submit Common atau Coalition application dan menyertakan informasi mengenai latar belakang, essay, transkip nilai SMA/sederajat, surat rekomendasi dari dua guru dan satu penasehat, serta hasil ujian nasional. Jika kamu adalah lulusan sekolah di luar Amerika Serikat dan tidak menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa utama, kamu akan diminta untuk menjawab pertanyaan tambahan.
  2. Rangkaian seleksi beasiswa ini tidak mengharuskan pelamar untuk menjalani interview, akan tetapi interview dianjurkan untuk dilakukan karena dapat menjadi bahan evaluasi dalam proses penerimaan dan menjadi kesempatan berharga bagi kandidat dan universitas untuk bertukar informasi.

Itulah sedikit penjelasan mengenai The Wesleyan Freeman Asia Scholars Program, salah satu beasiswa untuk studi S1 di Amerika Serikat. 

Setelah membaca penjelasan mengenai The Wesleyan Freeman Asia Scholars Program di atas, kira-kira kamu tertarik ngga nih buat daftar? Jarang-jarang loh ada beasiswa kuliah S1 ke Amerika Serikat.... 

Ayo persiapkan diri dari sekarang mumpung masih banyak waktu yang tersisa karena deadline program ini sampai tanggal 1 Januari 2021.

Kalau kamu ada pertanyaan yang ingin disampaikan, boleh loh tulis di kolom komentar. Kamu juga bisa konsultasi GRATIS bersama tim kami dengan menghubungi kami DI SINI.