englishvit.com - Pengen ngerasain kuliah di luar negeri? Berarti kamu harus tau nih beasiswa S1 fully funded yang ada di Korea Selatan. Yup, Korea Selatan punya program beasiswa bergengsi yang ramai diburu para pemburu beasiswa lho! Beasiswa itu adalah KGSP/GKS.

Beasiswa KGSP (Korean Government Scholarship Program) atau sekarang lebih dikenal dengan GKS (Global Korea Scholarship) merupakan program beasiswa yang diberikan Pemerintah Korea Selatan untuk kamu yang ingin kuliah di Korea pada semua jenjang. Beasiswa ini dikelola oleh NIIED (National Institute for International Education) yang mana merupakan lembaga eksekutif di bawah Kementerian Pendidikan Korea Selatan.

Beasiswa KGSP ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu Undergraduate untuk Jenjang Diploma (D2) dan Sarjana (S1), lalu Graduate untuk jenjang Master (S2), Doktor (S3) dan Riset Program. Nah, kali ini Englishvit akan bahas dengan detail mengenai beasiswa KGSP untuk jenjang Undergraduate (S1 dan D2). Dibaca sampai habis ya!

Informasi Beasiswa KGSP

Sebelumnya kita udah jelaskan kalau beasiswa KGSP dibuka untuk jenjang S1, S2, S3 dan program bahasa. Nah, kali ini kita fokus pada jenjang S1 atau dalam beasiswa KGSP disebut dengan jenjang Undergraduate. Ada beberapa poin yang harus kamu perhatiin ketika memutuskan untuk mendaftar beasiswa KGSP. Mulai dari timeline pendaftaran, persyaratan berkas, benefit yang didapatkan, dan masih banyak lagi.

Waktu & Jalur Pendaftaran Beasiswa KGSP

Untuk jenjang Undergraduate, beasiswa KGSP membuka pendaftarannya mulai dari September-Oktober setiap tahunnya. Fyi, beasiswa KGSP ini punya 2 jalur pendaftaran, yaitu:

  1. Jalur Kedutaan Besar Korea (Embassy Track)
  2. Jalur Universitas (University Track)

Setiap jalur yang kamu pilih punya syarat dan cara mendaftar yang berbeda. Selain itu, kamu cuman boleh memilih satu jalur aja ketika mendaftar karena penyeleksi beasiswa KGSP akan mendiskualifikasi kamu jika kamu ketauan mendaftar 2 jalur secara bersamaan. Jadi pastiin kamu menyiapkan semua berkas sesuai jalur yang dipilih ya!

Cakupan Biaya Beasiswa KGSP

Kalo kamu mutusin untuk kuliah di Korea Selatan, gak usah mikirin biaya yang diperlukan selama kuliah nanti. Beasiswa KGSP ini merupakan beasiswa fully funded yang mana akan menanggung semua kebutuhan kamu selama kuliah di Korea Selatan dari awal hingga akhir kuliah. Adapun benefit yang akan didapatkan adalah:

Biaya kuliah.

Akomodasi tiket pesawat PP Korea-Indonesia pada saat awal dan akhir kuliah.

Tunjangan dan uang saku.

  • Tunjangan awal saat tiba di Korea sebesar 200,000 KRW.
  • Uang saku sebesar 900,000 KRW untuk jenjang Sarjana.
  • Uang saku sebesar 900,000 KRW untuk jenjang Associate Degree.

Biaya belajar bahasa Korea yang disediakan secara penuh selama 1 tahun.

Asuransi kesehatan.

Hibah Kemampuan Bahasa Korea sejumlah 100,000 KRW per bulan bagi penerima beasiswa KGSP S1 maupun D2 yang memiliki TOPIK level 5 dan 6.

Hibah Penyelesaian Beasiswa sebesar 100,000 KRW, dengan catatan sebagai berikut:

  • Dana ini diberikan kepada penerima beasiswa KGSP saat kembali ke negara asal dan berhasil menyelesaikan masa studi selama penerimaan beasiswa.
  • Dana ini tidak berlaku bagi kamu yang memutuskan untuk menetap di Korea setelah menyelesaikan masa studi.

Persyaratan Beasiswa KGSP

Setelah udah tau nih timeline pendaftaran beasiswa dan juga benefit dari beasiswa, ini dia bagian penting yang harus kamu perhatiin saat mendaftar beasiswa KGSP, yaitu persyaratan beasiswa. Untuk persyaratan yang harus dipenuhi ketika mendaftar beasiswa KGSP adalah: 

Warga negara

  • Pendaftar bukan warga negara Korea Selatan
  • Pendaftar tidak memiliki kewarganegaraan ganda
  • Orangtua pendaftar bukan warga negara Korea Selatan
  • Orang tua tidak memegang kewarganegaraan ganda

Usia, yaitu maksimal 25 tahun per tanggal 1 Maret di tahun pendaftaran

Riwayat pendidikan

  • Sudah lulus SMA atau setara paling lama 1 Maret pada tahun pendaftaran
  • Khusus pendaftar yang dinyatakan 'akan lulus' saat mendaftar, maka boleh menyertakan surat kelulusan sementara saat mengajukan beasiswa

Nilai, yaitu dengan rata-rata 80% dari skala 100 atau kamu juga menempati ranking 20% terbaik dari satu angkatan pada semester akhir sekolah

Sehat jasmani dan rohani, serta melampirkan Form "Personal Medical Assessment"

Pendaftar belum pernah mendapatkan beasiswa dari pemerintah Korea sebelumnya, serta belum pernah menempuh exchange student atau program S1/sederajat di Korea

Dokumen yang Diperlukan untuk Beasiswa KGSP

Jika kamu udah memenuhi ketentuan dari persyaratan beasiswa, sekarang kamu siapin berkas-berkas yang diminta untuk mendaftar beasiswa KGSP. Ingat, jangan sampai kamu gak baca dengan teliti dan melewatkan satu aja dokumen yang diminta. Bisa-bisa kamu langsung gagal saat seleksi dokumen persyaratan. Persyaratan dokumen yang diminta dari beasiswa KGSP terdiri dari:

Formulir Pendaftaran (Form 1)

NIIED Pledge (Form 2)

Personal Statement (Form 3)

Study Plan (Form 4)

Dua buah Surat rekomendasi (Form 5)

Personal Medical Assessment (Form 6)

Akta Lahir atau KTP (note: Paspor jika ada)

Kartu keluarga atau KTP orang tua (note: Paspor jika ada)

Sertifikat TOPIK (jika ada)

Sertifikat TOEIC (jika ada)

Sertifikat TOEFL (jika ada)

Sertifikat IELTS (jika ada)

Published Paper (jika ada)

Research Paper (jika ada)

Awards (jika ada)

Dokumen Tambahan (untuk jenjang S1):

Ijazah SMA atau sederajat

Transkrip nilai SMA atau sederajat

Nah, formulir pendaftaran beasiswa KGSP ini bisa kamu unduh di situs resmi Beasiswa KGSP. Jangan lupa kalau semua dokumen ini harus dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Korea. Kamu bisa menggunakan jasa penerjemah yang sudah bersetifikasi untuk menerjemahkan semua dokumen ini.

Cara Mendaftar

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, terdapat 2 jalur pendaftaran beasiswa KGSP yang memiliki prosedur pendaftaran sesuai dengan jalurnya masing-masing.

Jalur Kedutaan Besar Korea

  1. Download dokumen pendaftaran.
  2. Lengkapi seluruh dokumen yang diperlukan.
  3. Kirim berkas ke alamat Kedutaan Besar Korea Selatan.
  4. Tuliskan KGSP di bagian kanan atas amplop.

NOTE: Untuk jalur Kedutaan, kamu bisa memilih 3 jurusan dan 3 universitas

Jalur Universitas

  1. Download dokumen pendaftaran.
  2. Lengkapi seluruh dokumen yang diperlukan.
  3. Kirim berkas ke alamat Universitas yang dipilih.
  4. Tuliskan KGSP di bagian kanan atas amplop.

Informasi Lebih Lanjut Beasiswa KGSP

Kamu bisa mengakses situs https://www.studyinkorea.go.kr/ yang mana merupakan situs resmi beasiswa KGSP untuk mendownload formulir pendaftarannya serta informasi lebih lanjut terkait beasiswa.  Tertarik untuk mencoba beasiswa ini? Catat timeline pendaftaran beasiswanya dan selalu pantengin situs resmi penyelenggara beasiswa yaa. Kamu juga harus persiapkan diri dari sekarang dengan mulai menulis essay dan berkas-berkas lainnya. Semangat pejuang beasiswa!