englishvit.com - Kalau kamu mengincar beasiswa di Taiwan, Pemerintah Negara Taiwan mempunyai Taiwan Scholarship Program (MOE) yang ditujukan untuk pelajar-pelajar internasional yang ingin menempuh pendidikan di Taiwan.

Program beasiswa ini dibuka untuk jenjang S1, S2, dan S3.

Beasiswa ini bertujuan untuk mendorong para pelajar internasional melanjutkan pendidikan di Taiwan serta mempromosikan komunikasi, pemahaman, dan rasa pertemanan antara Taiwan dan komunitas internasional.

Informasi beasiswa MOE Taiwan

Ada beberapa poin yang harus kamu perhatikan ketika ingin mendaftar beasiswa MOE Taiwan.

Keuntungan yang didapatkan dari beasiswa MOE Taiwan

  • Biaya hidup bulanan: untuk jenjang S1 sebesar NT$ 15,000 atau sekitar IDR 7,715,800. Sedangkan jenjang S2 dan S3 sebesar NT$ 20,000 atau sekitar IDR 10,287,733.
  • Biaya pendidikan sebesar NT$ 40,000 per semester untuk setiap penerima beasiswa. Jika biaya pendidikan melebihi jumlah yang diberikan maka akan ditanggung sendiri oleh penerima beasiswa.

Tidak seperti beasiswa lainnya, beasiswa MOE Taiwan hanya menanggung tunjangan bulanan dan biaya Pendidikan.

Lalu untuk biaya lainnya, seperti biaya administrasi, biaya pembimbing skripsi, tesis, dan disertasi, biaya asuransi, biaya akomodasi, biaya internet dan biaya lainnya menjadi tanggungan sendiri oleh penerima beasiswa. 

Selain itu, durasi beasiswa MOE Taiwan terdiri dari:

  • Jenjang S1: Maksimal 4 tahun
  • Jenjang S2: Maksimal 2 tahun
  • Jenjang S3: Maksimal 4 tahun

Total durasi penerimaan beasiswa tidak boleh lebih dari 5 tahun.

Siapa saja yang dapat mendaftar beasiswa MOE Taiwan?

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi untuk beasiswa ini adalah:

  • Pendaftar merupakan warga negara selain Taiwan atau Tiongkok (termasuk Indonesia).
  • Bagi pendaftar yang ingin melanjutkan jenjang S1 sudah menyelesaikan jenjang SMA/Sederajat, dan pendaftar yang melanjutkan jenjang S2 atau S3 sudah menyelesaikan jenjang S1 atau S2.
  • Pendaftar yang ingin mendaftar beasiswa terlebih dahulu mendaftar secara mandiri di universitas yang diinginkan di Taiwan.

Ada yang perlu diperhatikan ketika ingin mendaftar beasiswa MOE Taiwan. Pelamar tidak dapat mendaftar beasiswa jika:

  • Memiliki status Overseas Chinese Student atau warga negara Taiwan.
  • Pernah terdaftar/sedang menempuh pendidikan di universitas yang ada di Taiwan atau sudah diterima pada tahun sebelumnya.
  • Pernah belajar di Taiwan pada jenjang yang sama.
  • Ketika belajar di Taiwan, pelamar merupakan mahasiswa yang mengikuti program pertukaran pelajar atau double degree yang merupakan program kerja sama antar universitas.
  • Pernah menerima beasiswa dari pemerintah Taiwan dengan total lebih dari 5 tahun.
  • Pernah membatalkan atau dibatalkan dalam program beasiswa Huayu Enrichment Scholarship (HES).
  • Saat belajar di Taiwan di periode yang sama, pelamar menerima beasiswa dari pemerintah Taiwan lainnya atau beasiswa dari universitas; tidak termasuk jika universitas memberikan potongan biaya kuliah saat biaya kuliah melebihi beasiswa yang diberikan untuk kerja sama program beasiswa ini.

Dokumen Persyaratan Beasiswa MOE Taiwan

  • Formulir pendaftaran Beasiswa MOE Taiwan (Formulir Pendaftaran)
  • Fotokopi paspor dan kartu keluarga
  • Fotokopi ijazah dan transkrip nilai Pendidikan yang telah keluar

Catatan: Dokumen-dokumen di atas harus dalam bahasa Inggris atau bahasa Mandarin. Jika dokumen tidak dalam bahasa Inggris atau bahasa Mandarin, maka harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris atau bahasa Mandarin, dan dilegalisir.

Apabila pelamar merupakan lulusan dari luar negeri, maka ijazah dan transkrip perlu dilegalisir di kantor TETO (Taipei Economic and Trade Office) di negara tersebut, alias Indonesia. Prosedur legalisir

  • Fotokopi atau scan bukti formulir pendaftaran universitas yang menunjukkan bahwa peserta telah mendaftar ke universitas yang ada di Taiwan

Contoh: fotokopi bukti transfer uang pendaftaran, formulir pendaftaran universitas, fotokopi bukti tanda terima formulir pendaftaran, email, dll.

  • 2 surat rekomendasi yang telah ditandatangani dan tersegel rapat dalam amplop (bisa dari Kepala Sekolah, Rektor, Dekan, Profesor atau Supervisor)

Catatan: surat rekomendasi dalam bentuk email atau fotokopi tidak berlaku.

  • Fotokopi sertifikat kemampuan bahasa:
  • Program studi yang tidak menggunakan bahasa Inggris

Fotokopi sertifikat “Test of Chinese as a Foreign Language” (TOCFL) dengan minimal tingkat menengah (B1). Tidak menerima sertifikat bahasa Mandari lain selain TOCFL.

Untuk jadwal ujian TOCFL Indonesia tahun 2021 bisa dilihat di: https://www.roc-taiwan.org/id/post/4298.html 

Fotokopi sertifikat resmi TOEFL atau sertifikat bahasa Inggris lainnya yang diakui oleh internasional.

Perlu diingat, selain mengirim dokumen persyaratan ke TETO, pelamar juga wajib untuk mengisi formulir online di link https://forms.gle/Q8LUfuswb1crkVC4A 

Jika hanya mengirimkan dokumen persyaratan ke TETO tanpa mengisi formulir online, maka pendaftaran beasiswa tidak diterima oleh pihak TETO.

Prosedur Pendaftaran Beasiswa MOE Taiwan

  • Sebelum mendaftar beasiswa, pelamar wajib untuk melakukan pendaftaran secara mandiri terlebih dahulu ke universitas yang dituju yang ada di Taiwan. Proses pendaftaran setiap universitas berbeda-beda sehingga kamu harus melihat website resmi masing-masing universitas.
  • Mengisi formulir pendaftaran online formulir pendaftaran
  • Melengkapi semua dokumen persyaratan yang telah disebutkan dia atas, lalu dikirimkan kepada kantor TETO dengan alamat:

Kantor Taipei Economic and Trade Office

Gedung Artha Graha Lt. 17,

Jl. Jend Sudirman kav 52-53, SCBD,

Jakarta 12190

(dituliskan di amplop depan: “Pendaftaran MoE Taiwan Scholarship”)

Beasiswa MOE Taiwan biasanya dibuka pada awal tahun. Untuk pengumuman beasiswa, pihak TETO akan mengirimkan pengumuman beasiswa kepada masing-masing penerima beasiswa melalui email.

Untuk informasi lebih lanjut terkait beasiswa, silahkan kunjungi Instagram resmi  TETO - TEC Indonesia.

Tertarik untuk kuliah di Taiwan? Jika kamu ingin mengambil program studi dengan bahasa pengantar bahasa inggris, pastikan kamu sudah memiliki sertifikat TOEFL sebagai dokumen persyaratan. 

Kalau kamu ingin melakukan tes TOEFL, Englishvit punya program TOEFL test online yang setara dengan standar TOEFL ETS dan mendapatkan sertifikat yang diakui secara nasional.

Dengan mengikuti tes TOEFL ini kamu bisa memprediksi skor TOEFL kamu dan mempersiapkan diri lebih matang untuk persiapan beasiswa nanti. 

Jika tertarik untuk mengikuti tes TOEFL, silahkan langsung chat admin DISINI untuk info lebih lanjut yaa.