Bikin CV akademik menjadi lebih bagus dan menarik adalah hal penting yang harus kamu lakukan. Kenapa? Soalnya semakin bagus CV akademik semakin tinggi juga kesempatan untuk dapet beasiswa.  Mau tau gimana caranya? Cek ke bawah dong!

Minggu lalu aku lagi nyiapin CV akademik buat persiapan beasiswa kampus yang ada di Inggris dan salah satu persyaratannya adalah CV akademik. Aku pikir CV akademik sama non akademik itu sama aja, tapi ternyata setelah aku searching kesana dan kemari kedua CV itu beda. 

Terus bedanya CV akademik sama non akademik apaan dong? 

Bedanya tipis banget kok dan sesuai sama namanya, kalau CV akademik itu untuk kebutuhan pendidikan. Bisa dengan tujuan daftar beasiswa dan daftar sekolah atau bisa juga untuk lampiran dihasil penelitian. Nah untuk yang non akademik biasanya tujuannya untuk melamar kerja seperti yang orang kebanyakan tau. 

Kalau tujuannya aja beda pasti isinya juga beda dong. Berdasarkan googling dari satu website ke website lain, aku jadi tau beberapa hal yang harus kamu tuliskan dalam CV akademik dan beberapa hal yang nggak perlu kamu cantumkan di CV akademik kamu. 

2 Hal yang wajib kamu lakukan agar CV akademik lebih menarik

  • Keep it Short and Simple 

CV yang panjang dan bertele-tele cenderung membosankan. Buatlah CV yang ringkas tapi mencakup segala informasi penting. Seperti latar belakang pendidikan, pengalaman penelitian, dan hal-hal berkaitan dengan beasiswa yang kamu apply. 

  • Up to Date 

Rumus penting biar CV bisa ringkas dan rinci adalah cantumkan pengalaman dan pencapaian yang kamu dapetin selama 3-5 tahun terakhir. Menang lomba debat waktu SMP skip aja. Inget ya, 3-5 tahun terakhir. Buat CV itu harus keep it short and simple and up to date

3 Hal yang tidak perlu kamu cantumkan dalam CV akademik:

  • Informasi Spesifik 

Informasi mengenai agama, usia, suku, kewarganegaraan, dan alamat yang detail sebaiknya nggak usah dicantumin di CV akademik. Selain karena terlalu menghamburkan informasi yang tidak begitu penting, informasi mengenai agama, suku dan kewarganegaraan sering menimbulkan bias informasi yang akan berdampak ke hal-hal lain. 

  • Email Cute 

Mau se-cute apapun email kamu untuk kali ini, please… gunain email yang formal agar terlihat meyakinkan. Kamu nggak mau dong pihak beasiswa ngira kamu main-main dalam beasiswa yang kamu apply. Kalau misal belum punya coba bikin satu email formal untuk kebutuhan beasiswa dan kebutuhan-kebutuhan lainnya.

  • Riwayat Pendidikan yang Panjang

Nah kalau ini sering banget dilakuin sama orang kebanyakan, termasuk aku. Mencantumkan pendidikan dari TK sampai kuliah itu ternyata berlebihan. Pihak beasiswa cuma butuh riwayat pendidikan terakhir, kalau SMA ya tulis SMA, kalau kuliah ya tulis aja nama kampus, tahun masuk dan tahun keluar. 

Sekarang udah tau dong rumus bikin CV akademik biar menarik yang ringkas. Langsung dicoba aja deh buat CV akademiknya. 

Selain bikin CV akademik, persiapan beasiswa itu banyak banget! Surat rekomendasi salah satunya, nah buat yang belum paham tentang surat rekomendasi beasiswa klik di sini coba, aku punya infonya!