Belajar bahasa Inggris sendiri selalu jadi jalan alternatif buat orang yang nggak suka belajar bareng-bareng dengan kondisi ramai. Artikel ini aku khususin buat kamu yang mau belajar bahasa Inggris sendiri jadi lebih efektif. Cek ulasan di bawah ya.. 

Beberapa orang di planet Bumi ini merasa kalau belajar bareng sama orang-orang itu cenderung nggak kondusif dan banyak bercandanya. Apalagi belajar bahasa Inggris yang butuh konsentrasi lebih buat memahami grammar dan juga menghafal vocab, enaknya belajar sendiri dengan keadaan yang tenang. 

Kalau kamu adalah tipikal orang yang suka belajar sendiri buat belajar apapun termasuk belajar bahasa Inggris, berikut ini adalah hal-hal yang bisa kamu perhatikan ketika kamu pengen belajar bahasa Inggris sendiri: 

  • Prepare

Persiapan yang dimaksud adalah persiapan dari segala aspek. Dari niat kamu belajar bahasa Inggris, mental kamu dalam belajar bahasa Inggris, sampai hal-hal apa aja yang sekiranya bisa mendukung kamu belajar bahasa Inggris termasuk alat tulis. 

  • Niat 

Kenapa niat harus disiapin? 

Karena dari niat semuanya jadi sedikit lebih mudah. Ketika suatu hari nanti kamu merasa hilang semangat buat belajar dan merasa putus asa, niat bisa dijadiin pegangan. Kamu harus inget-inget lagi apa tujuan kamu buat belajar dan kenapa kamu harus bisa bahasa Inggris. So, pastiin kamu punya niat yang bagus buat belajar bahasa Inggris, oke?!

  • Mental 

Persiapan yang nggak kalah penting adalah mental. Seringnya orang-orang disekitar bakal berisik ketika kita belajar sesuatu. Ada yang mendukung ada juga yang bakal bilang “Ah sok-sokan belajar bahasa Inggris, cinta tanah airnya mana?” untuk inilah mental kamu perlu disiapkan, biar nggak gampang sakit hati kalau ada omongan begitu. 

  • Make a List & Schedule 

Sebelum mulai belajar bahasa Inggris, mulai dulu dengan menyusun materi apa aja yang mau kamu pelajarin dan tentuin jadwal. Misalnya kamu mau belajar grammar dasar, yang harus kamu lakukan adalah:

                            1. Tulis materi tentang grammar dasar apa aja

                            2. Urutkan materi dari yang mudah ke yang rumit

                            3. Buat jadwal belajar. Sesuaikan agar tidak mengganggu kegiatan yang lain. 

Buatlah daftar dan jadwal belajar seefektif mungkin supaya belajar kamu jadi maksimal dan nggak keganggu dengan aktivitas lainnya.

  • Keep Yourself Organized 

Kalau jadwal udah dibuat, usahakan untuk tidak menggabung-gabungkan jadwal satu dengan yang lainnya. Kalau kamu udah buat jadwal belajar bahasa Inggris hari Sabtu jam 10 pagi sampai jam 11.30 yaudah cukup lakukan di jam itu. Jangan tiba-tiba nanti jam 3 sore kamu belajar lagi disambi belajar bahasa Korea misalnya. Itu akan merusak jadwal dan berakhir dengan belajar yang tidak maksimal alias setengah-setengah. Jadi lakuin satu-satu sesuai dengan jadwal yang udah kamu buat. 

  • Choose your Fighter

Untuk mendukung belajar lebih optimal, kamu bisa download beberapa aplikasi di handphone untuk membantu belajar. Saat ini ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunain untuk belajar bahasa Inggris. Ada Word Up misalnya, aplikasi kamus online/offline yang bisa kamu pakai kalau kamu butuh cari arti vocab. Untuk lebih jelasnya tentang Word Up kamu bisa cek di sini. 

  • Put Your Textbook

Sesekali kamu juga harus pergi dari buku. Kamu bisa belajar bahasa Inggris dari banyak hal seperti film, novel, komik, dan lagu-lagu. Atau kalau jenuh dengan semua itu kamu bisa lho sesekali pergi ke museum atau tempat wisata di daerah kamu buat sekedar bacain brosur tempat wisata yang berbahasa Inggris atau bahkan ngobrol sama turis kalau kamu mau. 

  • Evaluation

Biarpun kamu belajar sendiri, evaluasi itu penting. Setidaknya kamu harus melakukan evaluasi 2 minggu sekali atau sebulan sekali. Hal ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana kemampuan bahasa Inggris kamu, ada perkembangan kah atau justru stagnan disitu-situ aja. Kamu bisa minta guru kamu atau temen kamu yang kamu rasa mumpuni di bahasa Inggris sebagai evaluator kamu. 

Cukup banyak ya persiapan yang harus kamu lakuin buat belajar bahasa Inggris, tapi nggak papa. Semakin banyak hal yang kamu perhatikan menandakan bahwa kamu emang niat dan sungguh-sungguh untuk belajar bahasa Inggris. 

 

Itu dia artikel tentang belajar bahasa Inggris sendiri, cek artikel lainnya tentang belajar bahasa Inggris seperti 15 Vocab tentang Perkuliahan di sini. 

Semangat belajar bahasa Inggris dan jangan lupa praktekin ya...