Belajar bahasa Inggris sendiri bisa dilakukan asal kamu menerapkan 15 cara dan tips ini! Bisa bahasa Inggris sekarang ini jadi syarat wajib saat mencari tempat magang atau mencari pekerjaan. Jika tidak punya skill berbahasa Inggris bisa-bisa kamu tidak mendapat tempat atau posisi yang bagus.

 

Mau tidak mau kamu harus belajar bahasa Inggris demi mendapatkan kualitas perusahaan yang sesuai dengan standar yang kamu inginkan. Belajar bahasa Inggris sendiri sangat mudah dilakukan jika kamu punya keinginan yang kuat.

 

Apakah bisa belajar bahasa Inggris sendiri? Bagaimana cara terbaik belajar bahasa Inggris? Apa saja langkah awal belajar bahasa Inggris dari NOL? Penasaran dengan jawabannya? Simak penjelasannya di bawah ini! Check it out

 

Cara Belajar Bahasa Inggris Sendiri

 

 

1. Fokus pada tujuan belajar bahasa Inggris

Sebelum belajar bahasa Inggris coba tanyakan pada dirimu sendiri, “Untuk apa aku belajar bahasa Inggris?”. Untuk bisa ngobrol bahasa Inggris, untuk jago writing bahasa Inggris, atau untuk apa? 

 

Tujuan belajar bahasa Inggris itu mempengaruhi fokus materi bahasa Inggris yang nantinya akan kamu pelajari, seperti misalnya kamu ingin fokus belajar speaking supaya lancar saat menjawab interview kerja bahasa Inggris. 

 

Karena tujuan utamanya ingin belajar speaking, kamu tidak perlu mendalami materi grammar bahasa Inggris terlalu dalam. Yang terpenting kamu bisa membuat kalimat bahasa Inggris dengan benar dan pronunciation kamu tidak salah-salah.

 

That’s why penting sekali untuk menentukan tujuan belajar bahasa Inggris saat baru mulai belajar.

 

2. Belajar dari materi termudah

Belajar apapun akan lebih mudah jika dipelajari dari hal yang termudah. Begitu juga saat belajar bahasa Inggris, materi-materi bahasa Inggris akan lebih mudah untuk dipahami jika dipelajari dari materi yang termudah. 

 

Buatlah list materi bahasa Inggris yang ingin kamu kuasai mulai dari yang paling mudah. Jadi kamu tidak overwhelmed dengan banyaknya materi bahasa Inggris yang kamu kuasai. 

 

Selain itu materi bahasa Inggris terutama materi dalam materi grammar saling berhubungan. Jika kamu ingin bisa membuat kalimat bahasa Inggris, kamu harus belajar part of speech terlebih dahulu sebelum bisa membuat kalimat. So, it’s better to learn from easier materials!

 

3. Buat jadwal belajar bahasa Inggris  

Saat mulai belajar bahasa Inggris kamu masih sekolah, kuliah, sedang bekerja atau masih menganggur? Karena kesibukan harian mu ini akan mempengaruhi intensitas mu saat belajar bahasa Inggris. 

 

Orang yang sudah bekerja full time tidak akan punya banyak waktu untuk belajar bahasa Inggris jika tidak meluangkan waktu. Berbeda dengan orang yang masih belum bekerja. Mereka pasti punya waktu lebih untuk belajar bahasa Inggris.

 

Makanya, saat baru mulai akan belajar bahasa Inggris kamu harus membuat jadwal. Dan jadwal tersebut harus bisa kamu tepati sendiri. Jika kamu punya kesibukan yang tidak bisa ditinggalkan, maka buatlah jadwal yang tidak bertabrakan dengan kegiatan itu. Kamu sendirilah yang tahu seperti apa kapasitasmu untuk belajar.

 

4. Luangkan waktu untuk belajar secara rutin

Kenapa harus belajar bahasa Inggris secara rutin? Karena jika kamu belajar dengan rutin materi-materi yang sudah kamu pelajari akan makin kamu pahami karena selalu digunakan untuk praktek maupun belajar. 

 

Materi bahasa Inggris akan berulang-ulang kamu baca dan gunakan saat belajar. So, secara tidak langsung kamu jadi punya kesempatan untuk mengulang kembali materi terdahulu.

 

It will be good jika kamu bisa belajar bahasa Inggris rutin setiap hari dengan meluangkan waktu 30-1 jam setiap harinya. Jika tidak bisa, it’s okay! Belajar bahasa Inggris seminggu 3 kali juga sudah cukup asalkan kamu melakukannya secara rutin.

 

5. Rutin baca buku bahasa Inggris 

Membaca buku bahasa Inggris bisa jadi tempat kamu latihan untuk melatih skill reading lho. Selain itu membaca secara tidak sadar juga bisa membantu meningkatkan vocab bahasa Inggrismu.

 

Jika pemahaman vocab kamu masih minim, mulailah dari membaca bacaan yang paling mudah. Bacalah bacaan bahasa Inggris yang dibuat untuk anak-anak, karena vocab yang dipakai biasanya jauh lebih simple dan sudah banyak dipahami orang dewasa.

 

Jangan memaksakan diri membaca teks bahasa Inggris yang terlalu tebal, karena kamu akan mudah bosan karena tidak bisa memahaminya. Pilihlah bacaan yang tipis dan vocab-nya mudah sebagai awalan. Makin lama kamu bisa meningkatkan level bacaanmu ke level yang lebih tinggi lagi.  

 

 

6. Hafalkan contoh bukan hanya vocab

Kesalahan yang banyak dilakukan orang yang sedang belajar bahasa Inggris yaitu hanya menghafalkan vocab saja tapi tidak tahu cara memakai vocab tersebut saat speaking atau writing. 

 

Untuk menghindari itu, instead of belajar kata per kata, cobalah untuk belajar frasa per frasa atau kalimat per kalimat. Dengan cara ini kamu jadi bisa hafal vocab sekaligus tahu cara pemakaian vocab tersebut saat praktik. 

 

So, saat ngobrol pakai bahasa Inggris kamu jadi tidak banyak filler (a, e, a, e) di tengah kalimat karena bingung harus pakai kata atau vocab yang mana.

 

7. Cari teman native speakers

“In order to be the best, you must learn from the best.”

“Untuk menjadi yang terbaik, kamu harus belajar dari yang terbaik.”

 

Pepatah itu juga berlaku saat kamu belajar bahasa Inggris lho. Native speakers bahasa Inggris adalah orang yang bahasa pertama dan bahasa untuk berkomunikasi sehari-hari menggunakan bahasa Inggris.

 

So, sudah pasti mereka jago berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Manfaatkan hal itu untuk belajar bahasa Inggris dari mereka. Sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi atau layanan yang menyediakan platform untuk bisa ngobrol dengan orang dari berbagai belahan dunia lainnya.

 

Daripada scroll social media berjam-jam tidak ada manfaatnya, kamu bisa mengubah habit tersebut dengan mencari teman native speakers untuk belajar bahasa Inggris.

 

8. Menulis journal dengan bahasa Inggris

Untuk melatih kemampuan writing kamu bisa melatihnya dengan cara menulis journal atau diary dengan bahasa Inggris secara rutin. Selain itu, kamu juga bisa melatihnya dengan menulis tweet, comment, atau caption bahasa Inggris saat menggunakan social media

 

Dengan menulis secara rutin nantinya kamu jadi terbiasa untuk menulis dengan bahasa Inggris. Lewat hasil tulisanmu itu, kamu juga bisa melihat progresmu saat belajar bahasa Inggris. Hasil tersebut juga bisa dijadikan parameter sudah sejauh mana kamu belajar bahasa Inggris dan kemajuan apa yang sudah kamu capai.

 

9. Tirukan cara bicara orang lain

Menirukan cara bicara orang lain bisa jadi opsi lain jika kamu tidak bisa menemukan teman native speakers yang bisa jadi teman untuk praktik berkomunikasi dengan bahasa Inggris. “Bagaimana caranya?” 

 

Caranya mudah kok kamu hanya perlu mencari video monolog atau percakapan bahasa Inggris di YouTube. Putar video tersebut dan kamu hanya tinggal menirukan saja pembicaraan yang ada di video.

 

Cara ini dapat membantu meningkatkan skill speaking, pronunciation, dan listening. Dengan melakukan cara ini kamu juga bisa secara tidak sadar akan menambah daftar vocab yang kamu pahami lho. 

 

10. Gunakan aplikasi belajar bahasa Inggris

Kalau kamu bingung harus mulai dari mana saat belajar bahasa Inggris, ada baiknya kamu menggunakan bantuan aplikasi pembelajaran bahasa Inggris. Aplikasi pembelajaran bahasa Inggris biasanya sudah didesain sebaik mungkin untuk membantu para penggunanya belajar bahasa Inggris.

 

Materinya pun juga sudah diatur sesuai dengan kebutuhan pemakainya. So, kalau kamu butuh aplikasi yang menyediakan materi untuk belajar grammar, kamu tinggal mencari di Play Store atau App Store aplikasi yang sesuai dengan kebutuhanmu. 

 

Lihat juga: Rekomendasi Aplikasi untuk Belajar Bahasa Inggris

 

11. Ikut komunitas bahasa Inggris

Komunitas belajar bahasa Inggris saat ini sudah banyak sekali bermunculan. Apalagi dengan semakin berkembangnya social media, komunitas belajar bahasa Inggris juga makin banyak muncul. Kalau kamu banyak berkumpul atau berkomunikasi dengan orang yang juga sedang belajar bahasa Inggris. 

 

Kamu akan makin semangat belajar bahasa Inggris. Kamu juga akan banyak menemukan teman seperjuangan yang sedang berusaha agar jago bahasa Inggris. So later, kamu tidak merasa bosan dan sendirian saat belajar bahasa Inggris. 

 

 

12. Ubah aturan bahasa ke bahasa Inggris

Salah satu cara agar kamu jadi terbiasa menggunakan bahasa Inggris setiap hari adalah dengan mengubah pengaturan HP, aplikasi, laptop, dan komputer menjadi bahasa Inggris. 

 

Mengubah pengaturan gadget menjadi bahasa Inggris kamu bisa menciptakan English environment untuk dirimu sendiri. Saat berada di lingkungan yang dipenuhi dengan penggunaan bahasa Inggris, lama-lama kamu jadi akan terbiasa menggunakan bahasa Inggris.

 

Kamu juga jadi terpaksa menggunakan bahasa Inggris supaya bisa menggunakan gadget yang kamu miliki.

 

13. Browsing dengan bahasa Inggris

Saat googling pasti kamu menggunakan bahasa Indonesia, kan? Mulai saat ini cobalah untuk browsing dengan menggunakan bahasa Inggris untuk mencari informasi. Terutama saat browsing tentang materi-materi pembelajaran bahasa Inggris. 

 

Cara ini akan sangat berguna untuk meningkatkan skill untuk memahami teks bahasa Inggris. Informasi-informasi tentang berita, beasiswa, dan isu terkini juga lebih cepat tersebar dengan menggunakan bahasa Inggris. So, kamu tidak akan ketinggalan informasi-informasi yang sedang naik daun!

 

14. Nonton film dengan subtitle bahasa Inggris

Cara sebelumnya adalah cara untuk memahami teks bahasa Inggris. Nah, cara kali ini adalah cara memahami orang yang sedang berbicara dengan bahasa Inggris. Caranya dengan menonton video, film, atau series menggunakan subtitle bahasa Inggris. 

 

Menonton dengan subtitle bahasa Inggris akan melatih skill listening dan vocabulary comprehension. Cara ini bisa berguna untuk mempersiapkan diri kamu nantinya jika kamu harus berkomunikasi dengan bahasa Inggris.

 

Karena kamu sudah sering praktik mendengarkan orang bicara bahasa Inggris, nantinya kamu tidak ada blank saat harus memahami perkataan orang dalam bahasa Inggris.

 

15. Praktik berbahasa Inggris setiap hari

Cara terakhir sekaligus cara yang paling ampuh untuk belajar bahasa Inggris adalah dengan memperbanyak praktik bahasa Inggris. Entah itu praktik speaking, writing, listening, reading, atau menghafal vocabulary.

 

Practice makes you get used to what you learn. Latihan membuat kamu jadi terbiasa dengan apa yang kamu pelajari. So, makin banyak kamu praktik menerapkan materi-materi bahasa Inggris yang sudah kamu pelajari, akan makin bagus pula pemahamanmu tentang materi itu.

 

Nah, itulah 15 cara belajar bahasa Inggris sendiri secara otodidak yang harus kamu terapkan agar cepat bisa lancar berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Semoga setelah membaca artikel kamu bisa menemukan metode belajar bahasa Inggris yang cocok untukmu.

 

Khusus buat kamu yang selama ini merasa sudah lama belajar bahasa Inggris, pernah nggak mengalami permasalahan di bawah ini?

  • Merasa skill speaking bahasa Inggris stuck dan gitu-gitu aja 
  • Nggak PD waktu ngomong Inggris karena takut salah grammar
  • Susah mencari partner ngobrol pakai bahasa Inggris
  • Bingung merangkai kalimat walaupun tahu banyak vocab
  • Banyak filler a, e, a, e saat speaking

 

Kalau kamu mengalami masalah-masalah di atas, Englishvit punya solusinya lho! Yuk, ikutan program live class VIP English Bootcamp di Englishvit!

 

Di kelas VIP English Bootcamp kamu akan belajar cara penggunaan grammar untuk speaking, pronunciation, dan tentunya practice speaking langsung dengan guru yang profesional dan berpengalaman. 

 

Program ini dijamin 10X lebih cepat bisa membantu kamu meningkatkan skill speaking kamu hanya dalam waktu 1 minggu aja! 

 

Kelas VIP English Bootcamp, cocok banget buat kamu yang pengen ningkatin skill speaking dalam waktu yang singkat. Setelah ikut program VIP English Bootcamp, kamu bakalan bisa:

  • Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris terutama dalam skill speaking
  • Tambah percaya diri buat ngobrol pakai bahasa Inggris
  • Dapet partner belajar bahasa Inggris yang profesional dan tidak judgmental
  • Bisa cepat merangkai kalimat saat sedang speaking dengan orang lain
  • Lancar speaking tanpa banyak jeda di tengah-tengah kalimat

 

Ada banyak banget kan keuntungan yang bisa kamu dapat dengan join program VIP English Bootcamp. Tunggu apalagi? Klik DI SINI untuk mendaftar program VIP English Bootcamp.

 

Kalau kamu tertarik, tapi pengen tanya-tanya dulu seputar program live class VIP English Bootcamp, kamu bisa menghubungi admin langsung di bawah ini untuk berkonsultasi secara GRATIS. Sampai bertemu di kelas!