Undangan dalam bahasa Inggris adalah invitation. Undangan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sama-sama merupakan permintaan pada seseorang untuk datang ke suatu acara.

 

Apa itu invitation dan contohnya? Apa saja jenis undangan dalam bahasa Inggris? Penasaran sama jawabannya? Yuk, langsung saja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

 

Jenis Undangan dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris ada 2 macam jenis undangan, yaitu formal invitation (undangan resmi) dan informal invitation (undangan tidak resmi). Kedua macam undangan ini punya tujuan yang sama yaitu untuk mengajak seseorang datang ke sebuah acara.

 

Bedanya, formal invitation ditulis dengan bahasa resmi atau formal, dengan format resmi, dan acaranya pun juga formal, seperti undangan pernikahan, kelulusan, upacara, dan lain-lain. 

 

Sedangkan dalam informal invitation penggunaan bahasanya cenderung lebih santai dan acaranya pun juga bersifat santai, seperti acara ulang tahun, peresmian rumah baru, syukuran naik jabatan, dan masih banyak lagi. 

 

 

Cara Membuat Undangan Bahasa Inggris

Berikut adalah beberapa hal yang wajib kamu perhatikan dan lakukan saat membuat undangan bahasa Inggris.

 

1. Menentukan sifat acara dalam undangan

Sebelum membuat invitation, kamu harus yakin terlebih dahulu dengan jenis acara yang akan kamu buat. Apakah acaranya akan formal atau santai? Jenis acara akan mempengaruhi keseluruhan undangan bahasa Inggris yang akan kamu buat, mulai dari struktur dan juga bahasanya. 

 

Jika acaranya formal, maka undangannya akan menggunakan bahasa yang lebih formal. Jika acaranya lebih santai, maka bahasa yang digunakan dalam undangan bisa ditulis dengan bahasa yang lebih santai.

 

Baca juga: Kalimat Ajakan dalam Bahasa Inggris

 

2. Pastikan seluruh informasi dalam undangan lengkap

Hal kedua yang harus kamu perhatikan dalam membuat invitation adalah informasi dalam undangan. Agar informasinya lengkap, kamu harus membuat invitation dengan struktur undangan sebagai berikut:

 

a. Invitee/Receiver (orang yang diundang)

Invitee atau receiver adalah orang yang akan diundang dalam acara yang kamu selenggarakan. Biasanya invitee ini dituliskan di bagian kiri atas undangan. Pastikan dalam penulisan nama orang yang akan diundang ini sudah benar.

 

Jika undangannya resmi, kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu gelar orang tersebut, dan yang paling penting jangan sampai typo ya! Walaupun undangannya tidak resmi, typo bisa membuat invitee merasa tidak dihargai karena salah penulisan nama. 

 

Kamu bisa double check invitation yang akan kamu kirimkan untuk memastikan kembali bahwa tidak ada typo.

 

b. Body (Isi undangan)

Body atau isi undangan adalah bagian penting dari sebuah invitation. Bagian ini berisi semua informasi penting tentang acara yang akan kamu adakan. Body invitation harus berisi informasi tentang nama acara, hari dan tanggal acara, waktu dimulainya acara, dan lokasi acara.  

  • Subject: Nama acara
  • Day/Date: Hari dan tanggal acara
  • Time: Waktu acara
  • Place: Lokasi di mana acara diselenggarakan

 

Informasi tersebut wajib harus ada dalam invitation, agar memudahkan orang yang kamu undang untuk hadir di acara tersebut.

 

c. Sender (Pengirim undangan)

Sender atau pengirim undangan biasanya berada di bagian paling akhir atau paling bawah pada undangan bahasa Inggris. Dalam bagian ini, tuliskan namamu atau jabatanmu jika diperlukan, agar orang yang membaca undangan tersebut tahu siapa yang mengundang. 

 

Kalau kamu lupa mencantumkan sender, bisa-bisa undangan kamu diabaikan dan orang tidak akan datang ke acaramu karena tidak jelas undangan tersebut dari siapa. 

 

3. Mencantumkan RSVP jika dibutuhkan

RSVP merupakan singkatan dari kata répondez s'il vous plaît yang berarti tolong tanggapi. Kata tersebut berasal dari bahasa Perancis. Pasti kamu pernah kan menemukan singkatan RSVP dalam undangan bahasa Inggris? Apa fungsi dari RSVP?

 

Jika terdapat kata RSVP tertulis pada undangan, itu berarti orang yang memberikan undangan meminta agar tamu undangan membalas dengan mengatakan apakah mereka berencana untuk menghadiri acara atau tidak. Jadi, invitee harus menghubungi sender untuk konfirmasi kehadiran.

 

Contoh Undangan Bahasa Inggris

 

1. Contoh undangan ulang tahun dalam bahasa inggris

Hello, Manda!

 

I hope you're doing well. I'd like to invite you to my birthday party next week at my house. All the food and drinks will be provided here so you don't have to bring anything. Lots of my friends are coming and you know some of them. I'm sure we are going to have fun. You already know my address as you've come here for quite a long time. Hope to see you soon.

 

I hope you're doing well. I'd like to invite you to my birthday party next week at my house. All the food and drinks will be provided here so you don't have to bring anything. Lots of my friends are coming and you know some of them. I'm sure we are going to have fun. You already know my address as you've come here for quite a long time.  Hope to see you soon.

 

Kisses,

Poppy

 

Artinya: 

Hai, Manda

 

Aku harap kamu baik-baik saja. Aku ingin mengundangmu ke pesta ulang tahunku minggu depan di rumahku. Semua makanan dan minuman akan disediakan, jadi kamu tidak perlu membawa apa-apa. Banyak teman ku yang akan datang dan kamu tahu beberapa dari mereka. Aku yakin kita akan bersenang-senang nantinya. Kamu sudah tahu alamatku kan karena sudah sering datang ke sini. Berharap tidak lama lagi akan berjumpa denganmu.

 

Dengan sayang,

Poppy

 

2. Contoh undangan pernikahan bahasa Inggris

To: My dearest friend, Manda 

 

I would be grateful to have your presence near me on the most important and responsible day of my life, that is the day when I get married to my beloved man. Without you, my big day will not be the same. It will be held on:

 

Date    : Sunday, September 28th, 2022

Place   : Merdeka Convention Center, Jakarta, Indonesia

Time    : 12.00 p.m - 1.00 pm.

 

I will be extremely grateful if you decide to come and celebrate this happy occasion together with me!

 

With love,

Poppy

 

Artinya: 

Kepada: Sahabatku tersayang, Manda

Aku akan senang dengan kehadiranmu di dekat saya pada hari yang paling penting dan bertanggung jawab dalam hidupku yaitu hari ketika aku menikah dengan pria yang ku cintai. Tanpamu, hari besarku tak akan sama. Yang akan diadakan pada:

 

Tanggal : Minggu, 28 September 2022

Tempat : Merdeka Convention Center, Jakarta, Indonesia

Waktu : 12.00 - 13.00.

 

Aku akan sangat berterima kasih jika kamu mau datang dan merayakan acara bahagia ini bersamaku!

 

Dengan sayang,

Poppy

 

3. Contoh undangan ulang tahun dalam bahasa inggris

To: My best friend

 

I would like to invite you to come to my birthday party. It will be held on:

Date    : Saturday, September 16th, 2022

Place   : My house at Jalan Muda Mudi, Yogyakarta

Time    : 2.00 p.m - 5.00 pm.

 

Hopefully you can come to my precious moment, your coming is my honor. Thank you very much for coming.

 

With love,

Juwita

 

Artinya:

Untuk: Teman terbaikku

 

Aku ingin mengundangmu untuk datang ke pesta ulang tahun saya. Yang akan diadakan pada:

Tanggal : Sabtu, 16 September 2022

Tempat : Rumahku di Jalan Muda Mudi, Yogyakarta

Waktu : 14.00 - 17.00.

 

Semoga kamu bisa datang ke momen berhargaku, kedatanganmu adalah kehormatan bagiku. Terima kasih banyak sudah mau datang.

 

Dengan cinta,

Poppy

 

4. Contoh undangan rapat bahasa Inggris

Dear Andi,

 

I would like to invite you to a conference call to discuss our new client's house project.

 

The meeting will take place on the 20th of September, starting at 2 pm and finishing at 4 pm. Could you please confirm whether you will be able to participate?

 

I have attached additional files which provide some more background on our topic. 

 

Kind regards,

Sofi

 

Artinya:

Yang terhormat Andi,

 

Saya ingin mengundang Anda untuk menghadiri panggilan konferensi untuk membahas proyek rumah klien baru kita.

 

Pertemuan akan berlangsung pada 20 September, mulai pukul 14.00 dan selesai pukul 16.00. Bisakah Anda mengkonfirmasi apakah Anda akan bisa datang?

 

Saya telah melampirkan file tambahan untuk memberikan gambaran lebih banyak latar belakang tentang topik yang akan didiskusikan.

 

Salam,

Sofi

 

4. Contoh undangan syukuran bahasa Inggris

We are thrilled to inform you that we now have a home of our own! We warmly welcome you to our housewarming event! 

 

We’ll be so glad to have you with us on 16th September as we introduce our new house. Please don’t miss the party because your presence is valuable!

 

Artinya:

Kami sangat senang untuk memberitahumu bahwa kami sekarang memiliki rumah sendiri! Kami dengan hangat menyambutmu di acara syukuran pindahan rumah kami!

 

Kami akan sangat senang kalau kamu bisa datang pada 16 September saat kami memperkenalkan rumah baru kami. Tolong jangan lewatkan pestanya karena kehadiranmu sangat berharga!

 

Nah, itulah cara dan tips membuat undangan bahasa Inggris dan beberapa contohnya. Kamu bisa menggunakan contoh-contoh undangan bahasa Inggris tersebut untuk membuat invitation sesuai dengan acara yang akan kamu adakan. Kamu bisa mengganti dan menyesuaikan informasi-informasinya dengan informasi yang sudah kamu siapkan.

 

Buat kamu yang pengen ningkatin kemampuan speaking bahasa Inggris untuk percakapan sehari-hari, yuk ikutan live class Daily Conversation di Englishvit! Di program Daily Conversation, kamu akan dapat materi dan bisa belajar speaking dengan langsung praktik dengan materi lengkap dan topik percakapan yang paling sering dipakai diobrolan bahasa Inggris sehari-hari. 

 

Menarik, kan? Yuk langsung aja, klik DI SINI buat join program Daily Conversation. Kalau kamu tertarik join, tapi masih pengen tanya-tanya lagi seputar program live class Daily Conversation, kamu bisa langsung menghubungi admin DI SINI untuk konsultasi secara GRATIS! Sampai ketemu di kelas!