Fakta unik tentang bahasa inggris yang jarang orang tahu ini wajib kamu ketahui! Sudah berapa lama kalian belajar bahasa Inggris? Sehari, seminggu, sebulan, atau sudah lebih dari satu tahun?

 

Sebagai bahasa internasional yang dipakai oleh berbagai negara untuk berkomunikasi atau berbisnis, bahasa Inggris punya beberapa fakta menarik yang kadang tak banyak diketahui bahkan oleh orang yang sudah jago bahasa Inggris sekalipun.

 

Pengen tahun fakta unik dan menarik tentang bahasa Inggris? Langsung saja simak penjelasannya di bawah ini!

 

6 Fakta Unik Tentang Bahasa Inggris yang Jarang Orang Tahu!

 

 

1. Bahasa Inggris sebenarnya berasal dari Jerman dan Belanda

Bahasa Inggris awalnya berasal oleh suku Jermanik. Pada abad ke-5 Masehi, suku ini menginvasi Inggris, dan ikut menyebarkan bahasa Inggris. Suku Jermanik berasal dari tempat yang saat ini dinamakan sebagai negara Jerman dan Belanda.

 

Menyebarnya penggunaan bahasa Inggris di seluruh negara di dunia awalnya karena hasil dari penjajahan negara Inggris selama ratusan tahun ke negara-negara lainnya. Inggris terkenal sebagai negara penjajah yang rajin mengajarkan bahasanya ke negara yang sedang dijajah.

 

 

2. Bahasa Inggris dulunya punya 32 huruf

Beberapa ratus tahun lalu, alfabet dalam bahasa Inggris ada 32 huruf. Penulisan penggunaan alfabet sudah dimulai sekitar empat ribu tahun yang lalu. Penggunaan alfabet modern dengan jumlah 26 huruf dimulai pada abad ke-16.

 

Perkembangan dan perubahan ini mendapat pengaruh dari skrip Semit, Fenisia, Yunani dan Romawi. Enam huruf bahasa Inggris yang dihilangkan, yaitu ethel (œ), ash (æ), yogh (ȝ), wynn (ƿ), thorn (þ), dan eth (ð).

 

 

3. Kata terpendek dan paling umum digunakan adalah ‘I’

Siapa sih yang tidak tahu dengan kata 'I'? Pronoun 'I" adalah kata terpendek dan tertua dalam bahasa Inggris. Kata ini juga merupakan kata yang paling umum digunakan dalam percakapan maupun tulisan bahasa Inggris.

 

Kata ini digunakan sebagai kata ganti pada subjek orang pertama dalam kalimat bahasa Inggris. Seperti dalam kalimat berikut ini.

 

Contoh kalimat:

  • I want to take a nap. (Aku ingin tidur siang.)
  • I have to iron my skirt. (Aku harus menyetrika rokku.)
  • I usually go to the gym after work. (Aku biasanya pergi ke gym setelah bekerja.)

 

 

4. Lebih dari 1000 kata bahasa Inggris berasal dari Shakespeare

Buat yang lagi belajar bahasa Inggris, kalian pasti kenal dengan Shakespeare kan? Shakespeare nggak cuma dikenal sebagai penulis naskah drama yang hebat, tetapi juga dikenal sebagai penemu kata bahasa Inggris.

 

Bapak Sastra legendaris ini ternyata turut menyumbang lebih dari 1000 kata bahasa Inggris lho. Kata bahasa Inggris buatan Shakespeare sering kali kita gunakan dalam percakapan bahasa Inggris sehari-hari, seperti kata bandit, critic, dauntless, lonely, skim-milk, unaware, uncomfortable, undress, unreal, shooting star, dan masih banyak lagi.

 

 

5. Kata terpanjang bahasa Inggris terdiri dari 45 huruf

Kata terpanjang dalam bahasa Inggris terdiri dari 45 huruf. Kata tersebut adalah pneumonoultramicroscopicsilicovolcanoconiosis. Kata itu merupakan nama dari sebuah penyakit paru-paru yang disebabkan karena menghirup debu kecil, seperti abu dari gunung berapi. 

 

Selain 10 fakta unik di atas, bahasa Inggris juga punya kosakata unik yang jarang orang ketahui dan jarang sekali dipakai untuk percakapan atau tulisan di media sosial karena tak banyak orang yang tahu. 

 

Jarang digunakan bukan berarti tidak bisa digunakan lho. Kamu tetap bisa menggunakan kosakata ini. Ketika digunakan dengan hati-hati dan benar, kosakata unik bahasa Inggris ini dapat meningkatkan kualitas tulisan atau ucapanmu. Kuncinya, kamu harus bisa menempatkan kata-kata ini dengan tepat dan sesuai dengan konteks tulisannya. Penasaran dengan kosakatanya? Yuk, langsung saja kita bahas satu per satu!

 

 

Kosakata Unik Bahasa Inggris yang Jarang Digunakan

 

1. Serendipity

Serendipity berarti ‘penemuan atau peristiwa yang bahagia dan tidak terduga’. Kata ini sering juga diartikan sebagai ‘keberuntungan’

 

Contoh kalimat: 

  • Meeting her like that was true serendipity

(Bertemu dengannya seperti itu adalah keberuntungan yang sebenarnya.)

 

  • My plans rarely work, but serendipity has been good to me. 

(Rencanaku jarang berhasil, tetapi keberuntungan berpihak padaku.)

 

2. Xenophobia

Xenophobia adalah istilah untuk ketidaksukaan atau ketakutan yang kuat dan tidak masuk akal terhadap orang-orang dari negara lain.

 

Contoh kalimat:

  • Many countries show signs of xenophobia

(Banyak negara menunjukkan tanda-tanda xenofobia.)

 

  • A campaign against racism and xenophobia should be done. 

(Kampanye melawan rasisme dan xenofobia harus dilakukan.)

 

 

3. Acumen

Acumen termasuk dalam kata benda. Acumen memiliki arti sebagai ketajaman, kecerdasan, atau kecerdikan. Kata ini digunakan untuk mendeskripsikan orang yang memiliki kemampuan dalam membuat keputusan dan penilaian yang baik dalam bisnis atau dalam bidang bisnis tertentu.

 

Contoh kalimat:

  • I have never possessed any business acumen

(Aku tidak pernah memiliki kecerdasan dalam bisnis.)

 

  • His business acumen has made him very successful. 

(Ketajaman bisnisnya telah membuatnya sangat sukses.)

 

4. Bastion

Bastion artinya benteng pertahanan. Kata ini digunakan untuk mendeskripsikan tempat yang memiliki pertahanan yang baik, dan bisa juga digunakan untuk mendeskripsikan institusi atau orang yang punya prinsip yang teguh.

 

Contoh kalimat: 

  • The soldiers hid behind the bastion to avoid arrows. 

(Para prajurit bersembunyi di balik benteng pertahanan untuk menghindari panah.)

 

  • Singapore was the last bastion of British defenses in South-East Asia at that time. 

(Singapura adalah benteng terakhir pertahanan Inggris di Asia Tenggara pada waktu itu.)

 

 

5. Burgeon

Burgeon termasuk dalam kata kerja yang berarti berkembang. Kata ini digunakan untuk mendeskripsikan hal yang tumbuh atau berkembang dengan cepat.

 

Contoh kalimat:

  • Our company's business is burgeoning now. 

(Bisnis perusahaan kami sedang berkembang sekarang.)

 

  • She burgeoned into a fine actress. 

(Dia berkembang menjadi aktris yang hebat.)

 

6. Effete

Effete merupakan adjective yang memiliki arti lelah atau tak berguna lagi. Kata ini bisa kamu gunakan untuk mendeskripsikan seseorang atau sesuatu yang terlalu lemah atau kurang bersemangat, sampai tidak berguna lagi.

 

Contoh kalimat:

  • You would have been too effete to beat them. 

(Kamu akan terlalu lemah akan terlalu efektif untuk mengalahkan mereka.)

 

  • A rich aroma of manure and wood smoke, pungent to my effete nostrils. 

(Aroma pupuk kandang dan asap kayu yang kaya, menyengat lubang hidung ku.)

 

 

7. Fractious

Fractious adalah kata sifat yang berarti cengeng atau mudah marah, suka berdebat, berkelahi, atau mengeluh, dan sulit dikendalikan. Kata ini sering digunakan untuk menjelaskan anak-anak atau binatang yang sedang rewel.

 

Contoh kalimat:

  • Children become fractious when they are tired. 

(Anak-anak jadi rewel ketika mereka lelah.)

 

  • I muttered like a fractious housewife. 

(Aku bergumam seperti ibu rumah tangga yang cerewet.)

 

8. Noisome

Noisome adalah adjective yang digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang berbahaya atau sangat mengganggu hingga hampir membahayakan orang. Kata ini juga digunakan untuk mendeskripsikan sesuatu yang berbau tidak enak atau busuk.

 

Contoh kalimat: 

  • The air is infected with noisome gasses. 

(Udaranya terinfeksi dengan gas-gas yang berbahaya.) 

 

  • Noisome vapors from the smoldering waste is polluting the air.  

(Uap bau dari sampah yang membara mencemari udara.)

 

 

9. Odious 

Odious merupakan adjective yang memiliki arti 'menjijikkan' atau 'najis'. Kata ini digunakan untuk mendeskripsikan suatu hal yang lebih dari menjijikkan. 

 

Contoh kalimat:

  • Kidnapping a child is an odious crime. 

(Menculik anak adalah kejahatan yang menjijikkan.)

 

  • I find your flattery odious

(Rayuanmu menjijikkan.)

 

10. Visceral

Viseral adalah kata sifat yang berarti 'mendalam'. Kata ini digunakan untuk mendeskripsikan suatu yang terjadi karena berdasarkan reaksi emosional tanpa alasan atau pemikiran yang panjang.

 

Contoh kalimat:

  • Images such as this were made to provoke a visceral response. 

(Gambar seperti ini dibuat untuk memancing tanggapan mendalam.)

 

  • She had a visceral dislike of all things foreign. 

(Dia memiliki ketidaksukaan mendalam terhadap semua hal asing.)

 

Nah, itu tadi 10 fakta unik dan menarik tentang bahasa Inggris, dan 10 kata unik dalam bahasa Inggris yang jarang digunakan dalam percakapan atau tulisan sehari-hari. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan kamu tentang bahasa Inggris lebih dalam lagi.

 

Untuk kamu yang pengen tahu lebih tentang asal usul bahasa Inggris. Englishvit punya video yang menjelaskan materi tentang perkembangan bahasa Inggris. Penasaran? Kamu bisa langsung klik video di bawah ini.

 

 

Khusus buat kamu yang selama ini merasa sudah lama belajar bahasa Inggris, pernah nggak ngalamin permasalahan di bawah ini?

 

  • Ngerasa skill speaking stuck dan gitu-gitu aja 
  • Nggak PD waktu ngomong Inggris karena takut salah grammar
  • Susah nyari partner ngobrol pakai bahasa Inggris
  • Banyak filler a, e, a, e saat speaking

 

Kalau kamu ngalamin masalah-masalah di atas, Englishvit punya solusinya lho! Yuk, ikutan program live class VIP English Bootcamp di Englishvit!

 

Di kelas VIP English Bootcamp kamu akan belajar cara penggunaan grammar untuk speaking, pronunciation, dan tentunya practice speaking langsung dengan guru yang profesional dan berpengalaman. Program ini dijamin 10X lebih cepat bisa membantu kamu meningkatkan speaking skill kamu hanya dalam waktu 1 minggu aja! 

 

Kelas VIP English Bootcamp, cocok banget buat kamu yang pengen ningkatin skill speaking dalam waktu yang singkat. Setelah ikut program VIP English Bootcamp, kamu bakalan bisa:

 

  • Ningkatin kemampuan bahasa Inggris terutama dalam skill speaking
  • Tambah percaya diri buat ngobrol pakai bahasa Inggris
  • Dapet partner belajar bahasa Inggris yang profesional dan nggak judgmental
  • Lancar speaking tanpa banyak jeda di tengah-tengah kalimat

 

Ada banyak banget kan keuntungan yang bisa kamu dapat dengan join program VIP English Bootcamp. Tunggu apalagi? Klik DI SINI untuk mendaftar program VIP English Bootcamp.

 

Kalau kamu tertarik, tapi pengen tanya-tanya dulu seputar program live class VIP English Bootcamp, kamu bisa menghubungi admin langsung di bawah ini untuk berkonsultasi secara GRATIS. Sampai ketemu di kelas!