Liburan akhir tahun sudah selesai! Waktunya kita kembali ke realita dan memulai aktivitas lagi seperti biasa. Biasanya setelah liburan gini kita sering sharing ke teman sekolah atau teman kantor tentang pengalaman atau cerita liburan kita masing-masing.

Kalau kamu masih bingung gimana caranya menceritakan pengalaman liburan pakai bahasa Inggris, ini penjelasan caranya!

Tense untuk Menceritakan Pengalaman Liburan

Untuk menceritakan pengalaman liburan dalam bahasa Inggris, kamu harus menggunakan rumus simple past tense. Simple past tense adalah bentuk kalimat bahasa Inggris yang digunakan untuk menyatakan peristiwa atau kejadian yang sudah selesai terjadi di masa lalu.

Ciri-ciri utama dari kalimat simple past tense adalah penggunaan V2 atau past simple. Berikut adalah rumus membuat kalimat simple past tense.

Pengen bisa bikin cerita sendiri pakai bahasa Inggris? Yuk, ikutan kelas English for Basic. Kamu akan belajar bahasa Inggris dari NOL sampai BISA dengan metode langsung praktik. Dijamin setelah ikut kelas ini kamu bisa praktik speaking, listening, reading, dan writing sendiri di rumah. Klik DI SINI untuk konsutasi GRATIS dengan admin.

Rumus kalimat verbal simple past tense:

SUBJECT + V2 + OBJECT

Contoh kalimat:

• I went to Gembira Loka Zoo last week.

(Aku pergi ke Kebun Binatang Gembira Loka minggu lalu.)

• We also visited many monuments.

(Kami juga mengunjungi banyak monumen.)

• My parents booked a hotel near the beach.

(Orang tuaku memesan hotel di dekat pantai.)

Rumus kalimat nominal simple past tense:

SUBJECT + WAS/WERE + ADJECTIVE/NOUN/ADVERB

Contoh kalimat:

• We were in Universal Studio at that time.

(Kami menonton acara Pirates di Universal Studio.)

• The beach was very beautiful.

(Pantai itu sangat indah.)

• I was so happy when we were in Kuala Lumpur.

(Aku sangat senang ketika kami sedang di Kuala Lumpur.)

Selain itu, ada beberapa keterangan waktu (adverbs of time) yang sering dipakai dalam simple past tense, seperti kata:

• Last holiday = Liburan yang lalu
  • This morning = Pagi tadi
  • Two days ago = Dua hari yang lalu
  • Yesterday = Kemarin

Setelah tahu tense yang seharusnya dipakai untuk menceritakan pengalaman, yuk kita lanjut dengan contoh cerita pengalaman liburan pakai bahasa Inggris. Check it out!

Contoh Cerita Liburan Sekolah Bahasa Inggris

Contoh 1

Cerita pengalaman liburan di rumah saja dalam bahasa Inggris

My worst holiday ever happened on the last semester break. I stayed at home for the entire two weeks. I had the same schedule every day as well.

The first thing that I did after I got up was praying. After that, I ate breakfast right away. Right after I had my breakfast, I fed and played with my cats. They all are so cute.

In the afternoon, I ate lunch and then napped on the couch until almost in the evening. Then, I had dinner and watched my favorite TV series with my parents and siblings.

Those were the activities that I did last holiday for two weeks. Nothing special happened during that holiday. I believed it was the worst semester break I had ever experienced.

Baca juga: Menceritakan Pengalaman Kerja dalam Bahasa Inggris

Artinya:

Liburan terburukku terjadi di liburan semester lalu. Aku cuma di rumah selama dua minggu penuh. Aku juga melakukan hal yang sama setiap harinya.

Hal pertama yang aku lakukan setelah bangun tidur adalah salat. Setelah itu, aku langsung sarapan. Setelah aku sarapan, aku memberi makan dan bermain dengan kucing-kucingku. Mereka semua sangat lucu.

Di siang hari, aku makan siang lalu  tidur siang di sofa sampai hampir malam. Kemudian, aku makan malam dan nonton serial TV favorit ku dengan orang tua dan saudaraku.

Itulah kegiatan-kegiatan yang aku lakukan pada liburan yang lalu selama dua minggu. Tidak ada hal istimewa terjadi selama liburan. Sepertinya liburan lalu adalah liburan semester terburuk yang pernah ku alami.

Contoh 2

Cerita pengalaman liburan ke Yogyakarta dalam bahasa Inggris

During the last school holiday, my family and I went on a vacation to Yogyakarta to visit my grandparents. We traveled from Jakarta using a car driven by my father. After eight hours of driving, we finally arrived in Yogyakarta.

I was so happy I could finally meet my grandparents again after two years. We planned on spending new years in Yogyakarta.

On our first day in Yogyakarta, we visited the Prambanan temple. It was my third time visiting that temple since I was a child, but I never got bored with the beauty of it.

The next day, we visited Parangtritis Beach and Depok Beach to eat some seafood. It was my first time visiting those beaches.

On new year's eve, we went to Malioboro Street to see the fireworks and it was the best fireworks I have ever seen. I experienced a lot of new things during this visit in Yogyakarta. I hope I can visit my grandparents again this year.

Artinya:

Pada liburan sekolah yang lalu, aku dan keluargaku pergi berlibur ke Yogyakarta untuk mengunjungi kakek dan nenekku. Kita berangkat dari Jakarta menggunakan mobil yang dikendarai oleh ayahku. Setelah delapan jam perjalanan, akhirnya kita sampai di Yogyakarta.

Aku senang sekali akhirnya bisa bertemu kakek-nenek lagi setelah dua tahun. Aku dan keluarga berencana menghabiskan tahun baru di Yogyakarta.

Pada hari pertama di Yogyakarta, kita mengunjungi candi Prambanan. Ini ketiga kalinya aku mengunjungi candi itu sejak kecil, tetapi aku nggak pernah bosan dengan keindahannya.

Keesokan harinya, kita mengunjungi Pantai Parangtritis dan Pantai Depok untuk makan seafood. Ini adalah pertama kalinya aku mengunjungi pantai-pantai itu.

Pada malam tahun baru, kita pergi ke Jalan Malioboro untuk melihat kembang api dan itu adalah kembang api terbaik yang pernah ku lihat. Banyak hal baru yang aku alami selama di Yogyakarta. Aku berharap aku bisa mengunjungi kakek-nenek lagi tahun ini.

Contoh 3

Cerita pengalaman liburan ke luar negeri dalam bahasa Inggris

My parents and I spent the holiday in Singapore. It was my first visit to Singapore, but my parents had been there several times for work.

The first place we visited was Universal Studios. I rode all of the rides there. It was the best theme park I had ever visited. My parents also bought me some of their merchandise. I was so happy on that day.

On the second day, we went to Merlion Park which is the symbol to welcome all visitors to Singapore. After we finished taking pictures there, my parents took me to Singapore Zoo.

I really enjoyed my holiday in Singapore. Even though it was only a short holiday, I think it was the best holiday of my life. I cannot wait to go there again.

Artinya:

Orang tuaku dan aku menghabiskan liburan di Singapura. Itu adalah kunjungan pertamaku ke Singapura, tetapi orang tuaku sudah beberapa kali ke sana untuk bekerja.

Tempat pertama yang kami kunjungi adalah Universal Studios. Aku menaiki semua wahana di sana. Tempat itu adalah taman hiburan terbaik yang pernah aku kunjungi. Orang tuaku juga membelikan aku beberapa suvenir dari sana. Aku senang sekali hari itu.

Di hari kedua, kami pergi ke Merlion Park yang merupakan simbol untuk menyambut semua pengunjung di Singapura. Setelah selesai berfoto disana, orang tuaku mengajakku ke Singapore Zoo.

Aku sangat menikmati liburanku di Singapura. Meskipun hanya liburan singkat, menurutku itu adalah liburan terbaik dalam hidupku. Aku nggak sabar kembali lagi ke sana.

Nah, itulah tense yang biasanya dipakai untuk menceritakan pengalaman liburan dalam bahasa Inggris beserta beberapa contoh cerita liburan dalam bahasa Inggris. Apapun pengalamannya kalau itu sudah terjadi di masa lalu, wajib pakai simple past tense ya!

Kamu pengen bisa bikin cerita sendiri pakai bahasa Inggris? Yuk, ikutan kelas English for Basic di Englishvit! Di kelas English for Basic kamu akan belajar bahasa Inggris dari NOL sampai BISA. Metode belajarnya akan fokus langsung praktik.

Dijamin setelah ikut kelas ini kamu bisa praktik speaking, listening, reading, dan writing sendiri di rumah. Menarik, kan? Yuk, tunggu apa lagi? Langsung aja klik DI SINI buat daftar kelasnya!