Macam-macam dan contoh kartu ucapan bahasa Inggris untuk teman, sahabat dan keluarga. Apakah kalian sering mengirimkan kartu ucapan bahasa Inggris saat ada perayaan hari-hari tertentu? Misalnya pada saat hari raya Idulfitri, sebagian besar dari kalian pasti mengirimkan kartu ucapan.

 

Kartu ucapan dalam bahasa Inggris disebut dengan istilah greeting card. Dalam kartu ucapan bahasa Inggris biasanya terdiri receiver (nama penerima), body (isi), dan sender (nama pengirim). Struktur tersebut dipakai disemua jenis kartu ucapan bahasa Inggris.

 

Apa saja tipe kartu ucapan bahasa Inggris? Dan apa saja contoh kartu ucapan bahasa Inggris? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

 

Macam-Macam Kartu Ucapan Bahasa Inggris dan Contohnya

 

1. Birthday card

Birthday card adalah kartu ucapan bahasa Inggris yang diberikan saat ada orang yang sedang berulang tahun. Kartu ucapan ulang tahun jadi jenis kartu ucapan yang sering diberikan ke orang tersayang. 

 

Dalam kartu ucapan ulang tahun bahasa Inggris biasanya berisi ucapan selamat atas bertambahnya umur dan doa tentang hal-hal baik diumur yang baru. Untuk yang sedang mencari contoh ucapan ulang tahun bahasa Inggris, berikut adalah contohnya.

 

Contoh kartu ucapan bahasa Inggris:

  • Happy Birthday! I hope your day is full of all your favorite things! 

(Selamat ulang tahun! Aku harap harimu dipenuhi dengan hal-hal yang kamu sukai!)

 

  • Happy birthday to the person who makes me feel like the luckiest person alive every day. Every day, but especially today, I am thankful that you were born. Excited to spend another year with you. 

(Selamat ulang tahun untuk orang yang membuatku merasa seperti orang paling beruntung yang hidup setiap hari. Setiap hari, terutama hari ini, aku bersyukur kamu dilahirkan. Senang bisa menghabiskan satu tahun lagi bersamamu.)

 

  • Happy 25th Birthday, my friend! I can't imagine life without the memories we share! I hope you have a wonderful day and year to come!  I hope your day is full of happiness. Love you! 

(Selamat ulang tahun yang ke 25, temanku! Aku tidak bisa membayangkan hidup tanpa kenangan yang kita lalui bersama! Semoga harimu penuh dengan kebahagiaan. Aku sayang kamu!)

 

  • Happy birthday to one of my favorite people on the planet! I hope everyone remembers your birthday, but forgets how old you are. 

(Selamat ulang tahun untuk salah satu orang favoritku di planet ini! Aku berharap semua orang mengingat hari ulang tahunmu, tetapi lupa berapa usiamu)

 

2. Anniversary card

Anniversary card adalah kartu ucapan bahasa Inggris yang diberikan pada saat ada yang merayakan hari. Kartu ini dapat diberikan saat ada pasangan yang merayakan hari jadi pernikahan, pertunangan, pacaran, merayakan hari pertama kali bertemu, dan masih banyak lagi. 

 

Berikut adalah contoh kartu ucapan anniversary card.

  • Happy anniversary, my love! I love doing life with you. I love making memories with you. And I love that you love me too. 

(Selamat hari jadi, cintaku! Aku suka menjalankan hidup denganmu. Aku suka membuat kenangan bersamamu. Dan aku suka kamu juga mencintaiku.)

 

  • It’s been a tough year, but our love is tougher. Here’s to 5 years of being a team and sticking together. Happy anniversary, my love! 

(Ini tahun yang berat, tapi cinta kita lebih kuat. Ini untuk 5 tahun menjadi tim dan tetap bersama. Selamat hari jadi, cintaku!)

 

  • Happy anniversary to the one and only person I want by my side every day and night for the rest of my life. I love you, sweetheart! 

(Selamat hari jadi untuk satu-satunya orang yang ku inginkan di sisiku setiap hari dan malam selama sisa hidup ku. Aku mencintaimu, sayang!)

 

3. Farewell card

Farewell card atau kartu perpisahan adalah kartu yang dikirimkan pada kolega, teman, atau tetangga yang pindah ke rumah baru, tempat baru, atau tempat kerja baru. 

 

Kartu perpisahan bisa jadi kesempatan untuk menunjukkan rasa penghargaan terhadap orang dan dapat  membantu agar tetap menjalin hubungan baik dengan orang yang ingin pindah.

 

Berikut adalah contoh kartu ucapan farewell card:

  • Thanks a lot for all your support and encouragement. You are the best colleague I have ever met. Bye, and keep in touch! 

(Terima kasih banyak atas semua dukungan dan dorongan mu. Kamu adalah rekan kerja terbaik yang pernah ku temui. Sampai jumpa, dan tetap berhubungan ya!)

 

  • Thanks for training me. I'll do my best to make sure I uphold the work ethic and commitment that you've teached. Thanks for the motivation and for the on-the-job training I have received from you! Goodbye! 

(Terima kasih sudah melatih saya. Saya akan melakukan yang terbaik untuk memastikan saya menjunjung tinggi etos kerja dan komitmen yang sudah Anda ajarkan. Terima kasih atas motivasi dan pelatihan kerja yang saya terima! Selamat tinggal!)

 

  • Thank you for your kindness, patience, and advice. I've grown so much since I started working here. Good luck with your new job! 

(Terima kasih atas kebaikan, kesabaran, dan saran Anda. Saya telah berkembang pesat sejak saya mulai bekerja di sini. Semoga sukses dengan pekerjaan baru Anda!)

 

 

4. Graduation card

Graduation card biasanya diberikan kepada orang yang baru saja lulus sekolah atau kuliah. Kelulusan jadi momen penting bagi siapa pun karena hanya dirayakan sekali seumur hidup. Jadi, tunjukkan kepada orang-orang yang kamu sayang dengan pencapaian yang telah mereka capai dengan mengirimkan kartu ucapan bahasa Inggris!

 

Berikut adalah contoh kartu ucapan graduation card:

  • Happy Graduation Day! Today must be a very proud moment for you. All of the hard work you have put in has paid off. Congratulations!

(Selamat hari kelulusan. Hari ini pasti menjadi momen yang sangat membanggakan buat kamu. Semua kerja keras yang kamu lakukan sudah terbayar. Selamat!)

 

  • Congratulations! Now you can finally start getting paid for all your hard work.

(Selamat! Sekarang akhirnya semua kerja kerasmu terbayar sudah.)

 

  • Enjoy all of your achievements, my dear friend. You’ve come a long way and I’m excited to watch you grow.

(Nikmati semua pencapaianmu, temanku tersayang. Kamu sudah menempuh perjalanan jauh dan aku senang melihat kamu tumbuh.)

 

  • Congratulations on your graduation and best wishes for your next adventure!

(Selamat atas kelulusanmu dan doa terbaik buat perjalananmu selanjutnya!)

 

  • Congratulations on completing your college degree. Your hard work and determination is inspiring.

(Selamat atas kelulusanmu di kampus. Kerja keras dan tekadmu sangat menginspirasi.)

 

5. Mother's Day or Father's Day card

Mother’s Day atau Father’s Day adalah hari yang diperingati setiap tahun untuk menghormati atau menghargai, menungkapkan rasa sayang kepada ayah dan ibu. Di Indonesia, Hari Ibu diperingati pada tanggal 22 Desember, sedangkan Hari Ayah diperingati tiap tanggal 12 November. 

 

Untuk merayakan Hari Ibu dan Hari Ayah, kamu bisa mengirimkan kartu ucapan sebagai tanda terima kasih kepada figur ibu atau ayah yang kamu miliki. Berikut adalah contoh kartu ucapan mother’s day or father’s day card.

 

  • I am so grateful to have a dad who is as wonderful as you. Thank you for everything. Happy Father's Day! 

(Aku sangat bersyukur memiliki ayah yang luar biasa sepertimu. Terimakasih untuk semuanya. Selamat Hari Ayah!)

 

  • Thank you for always being there with your love, guidance and patience. Happy Father's Day! 

(Terima kasih karena selalu ada dengan cinta, bimbingan, dan kesabaranmu. Selamat Hari Ayah!)

 

  • Happy Mother's Day from your favorite child. Sorry for driving you crazy sometimes, it was just because I love you so much! 

(Selamat Hari Ibu dari anak kesayanganmu. Maaf terkadang membuatmu gila, itu hanya karena aku sangat mencintaimu!)

 

  • Thank you for all the hugs, words of encouragement, and patience through the years. I'm proud to be your kid. Happy Mother's Day, mom! 

(Terima kasih atas semua pelukan, kata-kata penyemangat, dan kesabaran selama bertahun-tahun. Aku bangga menjadi anakmu. Selamat Hari Ibu, mama!)

 

6. Wedding card

Saat diundang ke pesta pernikahan, entah itu keluarga, teman dekat, atau kenalan jauh, kita terbiasa untuk mengirimkan kartu ucapan pernikahan bahasa Inggris. Berikut adalah contoh kartu ucapan wedding card.

 

  • Happy wedding day, my friend! I am so sad I can't make it to your special day. I hope you can feel my love and support even though I can't be there.

(Selamat hari pernikahan, temanku! Aku sedih sekali tidak bisa datang ke hari istimewamu. Aku harap kamu bisa merasakan cinta dan dukunganku meskipun aku tidak dapat berada di sana.)

 

  • Happy wedding day! May your love for each other see you through all of life’s ups and downs.

(Selamat hari pernikahan! Semoga cinta di antara kalian bisa melewati semua pasang surut kehidupan.)

 

  • Congratulations on your wedding day! May the years ahead be filled with lasting love and happiness.

(Selamat hari pernikahan! Semoga tahun-tahun mendatang dipenuhi dengan cinta dan kebahagiaan abadi.)

 

  • On your special day, I wish that may your mutual love shine forever and I wish you an abundance of wonderful memories to follow. 

 

  • Happy wedding! Wishing that you always find joy, peace and support in each other during all ups and downs, You are a truly adorable couple, congratulations, dear friends!

 

Nah, itulah contoh kartu ucapan bahasa Inggris dan tipenya yang wajib kamu ketahui. Kamu juga bisa menggunakan contoh kartu ucapan bahasa Inggris tersebut untuk dikirimkan ke teman, sahabat, ataupun keluarga saat ada merayakan hari-hari tertentu.

 

Buat kalian yang sudah paham materi dasar bahasa Inggris, tapi masih pengen meningkatkan skill bahasa Inggris, yuk join live class Next Level English

 

Kelas Next Level English adalah kelas lanjutan untuk mendalami kemampuan bahasa Inggris di level menengah. Kamu akan belajar macam-macam kosakata bahasa Inggris tingkat lanjut, grammar level intermediate, dan cara mengembangkan kemampuan speaking kamu.

 

Menarik, kan? Yuk langsung aja, klik DI SINI buat join program Next Level English. Kalau kamu tertarik join, tapi masih pengen tanya-tanya lagi seputar program live class Next Level English, kamu bisa langsung menghubungi admin DI SINI untuk konsultasi secara GRATIS! Sampai ketemu di kelas!