Buat kamu yang sedang belajar bahasa Inggris, vocabulary menjadi dasar penting yang harus kamu kuasai agar kamu dapat mempraktikkan kemampuan bahasamu dengan pengetahuan vocabulary yang dimiliki. Setiap orang memiliki caranya masing-masing ketika mempelajari vocabulary itu sendiri. Nah, agar vocabulary yang sudah kamu pelajari tidak mudah lupa, berikut Englishvit akan bagikan tiga cara untuk kamu menghafal vocabulary agar tidak mudah lupa.

Setiap orang yang belajar bahasa Inggris pernah merasakan kesulitan mengingat vocabulary yang sudah dihafal. Padahal kamu sudah berusaha mengingat vocabulary tersebut, namun sangat susah untuk menghafalnya. Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa kita susah menghafal kosakata. Mulai dari penggunaan metode menghafal yang tidak cocok dengan kita, atau kosakata tersebut susah diucapkan sehingga kita susah untuk mengingatnya.

 

Cara Menghafal Vocabulary Bahasa Inggris

  • Menggunakan metode Spaced Repetition

Dasarnya, metode ini menggunakan sistem pembagian waktu yang mana kamu mempelajari vocabulary dengan memberi jarak waktu yang mana bisa satu hari, satu minggu, ataupun satu bulan. Metode ini bisa dibilang sangat bagus untuk kamu dalam menghafal vocabulary agar tidak mudah lupa.

Contohnya adalah: kamu mempelajari satu kata baru hari ini. Lalu kamu mempelajari kata itu 3 hari setelahnya. Dari 3 hari, kamu mempelajari kata itu lagi 1 minggu setelahnya. Pada akhirnya, kamu mempelajari kata itu 1 bulan setelahnya. 

 

  • Listen, Read, Speak

Ketiga kegiatan ini sangat direkomendasikan untuk membantu kamu menghafal vocabulary yang mana merupakan poin penting dalam mempelajari bahasa Inggris. Kamu dapat memulai dengan rajin membaca buku berbahasa Inggris, baik itu novel, komik, ataupun tipe bacaan yang kamu sukai. Dengan selalu membaca, kamu akan terbiasa dengan vocabulary tersebut karena sering menemukan kata tersebut dalam bacaanmu sehingga mudah untuk mengingatnya.

Selain membaca, mendengarkan video bahasa Inggris, bisa berupa video podcast, lagu, atau film juga dapat membantu kamu dalam mengingat vocabulary. Kamu bisa mencatat vocabulary yang baru ditemukan dari video yang kamu tonton, lalu menggunakan vocabulary baru tersebut. Semakin sering kamu menggunakan vocabulary tersebut akan membuat kamu tidak lupa.

Lalu dalam speaking kamu dapat menggunakan vocabulary yang dipelajari dalam percakapan. Kamu bisa coba mempraktikkannya sendiri dengan berbicara di depan cermin. Semakin sering kamu berlatih mengucapkannya, maka kamu akan selalu mengingat vocabulary tersebut. Jika kamu belum tahu pengucapannya, kamu bisa berlatih sambil mendengarkan audio atau video pengucapan kata tersebut. Saat kamu mendengarkannya, cobalah mengikuti ucapan tersebut setelahnya. Semakin sering kamu berlatih mengucapkan kata tersebut, gak hanya kosakata kamu yang semakin diingat, tapi kemampuan pengucapanmu juga.

 

  • Permainan kosakata

Cara terakhir yang bisa kamu coba adalah dengan menghafal vocabulary melalui permainan kata.  Saat ini ada banyak jenis permainan yang dapat kamu gunakan untuk belajar kosakata bahasa Inggris. Kamu bisa bermain Scrabble, Crosswords, dan permainan lainnya yang berhubungan dengan vocabulary. Mulai dari menebak vocabulary tersebut lalu menulisnya membuat kamu bisa mengingat vocabulary tersebut dan tidak mudah lupa. Dengan berlatih vocabulary kamu melalui permainan, selain gaya belajar jadi menyenangkan kamu juga akan lebih familiar dengan vocabulary tersebut. 

 

Itulah tiga cara yang bisa kamu coba untuk menghafal vocabulary agar tidak mudah lupa. Kamu bisa memilih salah satu dari ketiganya yang cocok dengan gaya belajar kamu. Jangan lupa untuk terus berlatih dan mengulang-ulang vocabulary yang telah kamu pelajari serta dipakai dalam percakapan sehar-hari kamu. Semakin sering kamu mengulangnya, maka kemampuan bahasa Inggrismu akan semakin berkembang.