Lamaran kerja nggak pernah dapet balesan? Ikuti tips cara menulis email bahasa Inggris berikut ini! Nulis email untuk melamar kerja memang gampang-gampang susah. 

 

Kalau kurang bagus saat menulis email, bisa-bisa lamaran kerjamu langsung dimasukin ke folder sampah lho.

 

Apalagi kamu harus nulis email pakai bahasa Inggris, ada banyak banget hal-hal yang kamu perlu perhatikan, seperti grammar, pemilihan kata, spelling, tanda baca, dan masih banyak lagi.

 

Buat sobat Englishvit yang masih kebingungan saat nulis email untuk melamar pekerjaan, yuk ikuti tips-tips di bawah ini. Check it out!

 

 

1. Pakai alamat email yang profesional

Alamat email bakal jadi hal pertama yang akan diperhatikan recruiter saat membuka email kamu, so pastikan alamat email kamu jelas dan mencerminkan diri kamu. 

 

Jangan pakai alamat email dengan username yang aneh-aneh, seperti [email protected] atau [email protected]

 

Bisa-bisa email kamu langsung masuk ke folder trash, karena dianggep nggak profesional dan kekanak-kanakan.

 

Sebaiknya gunakan alamat email yang username-nya adalah nama kamu, seperti [email protected] atau [email protected]. Buat alamat email baru kalau alamat email kamu masih kurang profesional.

 

 

2. Jangan lupa mengisi subjek email

Subjek email atau subject title bisa disebut sebagai judul dari email lamaran kerja yang akan kamu kirimkan. Bagian ini harus banget kamu isi untuk mempermudah recruiter untuk menyortir email lamaran sesuai dengan posisi pekerjaan. 

 

Nggak cuma kamu lho yang sedang cari pekerjaan, ada ribuan job seeker lainnya yang bakal ngambil posisi kamu, kalau kamu melakukan sedikit kesalahan sekalipun.

 

Pastikan subjek email kamu singkat dan jelas. Jika recruiter sudah memberikan aturan tentang subjek email, pastikan kamu mengikuti aturan itu.

 

Jika tidak ada, kamu bisa menuliskannya dengan format:

 

(Posisi Pekerjaan)_(Nama Lengkap Pelamar)

Katy Perry_Content Creator

 

 

3. Pastikan kamu mengisi body email

Body email merupakan bagian paling penting dari email lamaran kerja. Banyak orang yang menyepelekan bagian ini dan hanya melampirkan CV saja di badan email. Don’t do that ya! Body email harus diisi!

 

Englishvit yakin email kamu langsung masuk folder sampah kalau body-nya kosong. Yuk kita bahas hal-hal apa aja yang harus ada di body email saat melamar kerja.

 

Hal-hal yang harus ditulis dalam body email lamaran pekerjaan

a. Salam pembuka

Tuliskan salam pembuka di bagian awal badan email. Jika kamu tahu nama recruiter atau staff HRD yang akan menerima email-mu, kamu bisa langsung menyebutkan namanya, seperti contoh di bawah ini.

 

  • Dear Mr. Lang
  • Dear Professor Lang

 

Kalau kamu tidak tahu nama HRD yang bertugas menerima email, kamu bisa memakai salam pembuka berikut ini:

 

  • Dear Hiring Manager of PT. Wiyata Insan Bestari (Englishvit)
  • Dear Human Resources Manager of PT. Wiyata Insan Bestari (Englishvit)
  • Dear Englishvit Recruiter

 

 

b. Perkenalan diri

After greeting, introduce yourself! Perkenalkan diri kamu dengan cara menyebutkan nama kamu, jurusan, asal kampus, tempat kamu mendapatkan loker, dan posisi yang ingin kamu lamar.

 

Pastikan perkenalan diri ini singkat dan jelas, dengan sekali membaca recruiter sudah tahu basic informasi tentang siapa kamu

 

Contoh:

My name is Poppy Purnama Sari. I’m a fresh graduate in Communication Management from Universitas Padjajaran. 

 

Through this email, I convey my interest in joining the ABC company, according to the information posted on the company's Instagram on March 10, 2022 as a content writer.

 

(Nama saya Poppy Purnama Sari. Saya adalah lulusan baru Manajemen Komunikasi dari Universitas Padjajaran.

 

Melalui email ini, saya menyampaikan ketertarikan saya untuk bergabung dengan perusahaan ABC, sesuai dengan informasi yang diposting di Instagram perusahaan pada 10 Maret 2022 sebagai penulis konten.)

 

c. Alasan melamar pekerjaan

Di bagian ini kamu harus bisa meyakinkan recruiter kalau kamu adalah kandidat yang paling sesuai dengan harapan yang dibutuhkan perusahaan yang akan kamu lamar. 

 

Pastikan skill yang kamu punya match dengan posisi yang akan kamu lamar.

 

Selain skill yang harus match, pengalaman organisasi, magang, atau kerja yang kamu sebutkan juga harus menunjang skill kamu.

 

Hal ini akan menambah kesempatanmu untuk dipertimbangkan masuk ke proses seleksi berikutnya.

 

Contoh: 

I have very good writing skills. I once won 1st place in the National Writing Competition when I was in my fifth semester in university. I have also participated as an intern journalist for the ABC newspaper. 

 

Becoming a content writer is my dream, so I really hope to be able to develop my skills and participate in this company.

 

(Saya memiliki kemampuan menulis yang sangat baik. Saya pernah menjadi juara 1 Lomba Karya Tulis Nasional ketika saya masih semester 5 di bangku kuliah. Saya juga pernah berpartisipasi sebagai jurnalis magang untuk surat kabar ABC.

 

Menjadi penulis konten adalah impian saya, jadi saya sangat berharap dapat mengembangkan keterampilan saya dan berpartisipasi di perusahaan ini.)

 

 

d. Menyebutkan dokumen yang dilampirkan

Sebagai informasi tambahan, jangan lupa untuk menyebutkan dokumen apa saja yang kamu lampirkan dalam email. Hal ini juga bisa jadi reminder buat kamu supaya nggak ada dokumen yang ketinggalan lupa tidak dilampirkan.

 

Contoh:

- I have attached my CV and portfolio along with this email.

 

(Saya sudah melampirkan CV dan portofolio saya dalam surel ini.)

 

e. Penutup 

Tuliskan ucapan terima kasih pada recruiter karena sudah membaca email darimu. Di bagian ini kamu juga bisa menambahkan ucapan harapan agar diterima di perusahaan tersebut.

 

Contoh:

- Thank you for taking the time to review my resume. I look forward to hearing from you soon!

 

(Terima kasih telah meluangkan waktu untuk meninjau resume saya. Saya berharap untuk mendengar kabar dari Anda sesegera mungkin!)

 

 

4. Hanya lampirkan dokumen yang diminta

Setelah selesai membuat bagian badan email tuliskan juga nama-nama dokumen yang akan kamu lampirkan dalam email. 

 

Baca baik-baik informasi lowongan pekerjaan yang kamu dapatkan. Lampirkan dokumen-dokumen yang hanya diminta oleh recruiter.

 

Jangan lampirkan dokumen-dokumen penting seperti fotokopi kartu identitas, kartu keluarga, dan dokumen penting lainnya, jika tidak diminta. 

 

Hal ini untuk berjaga-jaga agar dokumen-dokumen tersebut tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

 

 

5. Jangan lupa memberikan informasi kontakmu

Di akhir email, jangan lupa untuk memberikan informasi kontak kamu kepada recruiter. Cek berkali-kali dan pastikan nomor HP atau alamat email yang kamu berikan benar dan bisa dihubungi.

 

Jangan sampai kamu salah memberikan nomor HP dan melewatkan kesempatan untuk lolos ke proses seleksi berikutnya karena recruiter tidak bisa menghubungi kamu

 

Contoh:

Best regards,

Katy Perry

089000009210 / [email protected]

 

Itulah tips-tips cara menulis email lamaran kerja bahasa Inggris yang bisa kamu terapkan. Semoga tips ini bermanfaat dan bisa membantu kamu mendapatkan pekerjaan yang kamu ingin-inginkan. Good luck, guys!

 

Buat para fresh graduate yang baru pertama kali mencari pekerjaan, apakah kalian mengalami beberapa hal ini:

 

  • Tidak pernah dapat balasan email dari recruiter
  • Kurang PD dengan pengalaman diri sebelum mendaftar kerja
  • Kurang paham cara menghubungi recruiter
  • Takut kurang persiapan saat interview kerja

 

Masalah-masalah di atas bisa diatasi kalau kamu ikut program Job Interview Hack di Englishvit, lho! Apa itu program Job Interview Hack

 

Job Interview Hack adalah program khusus yang dibuat untuk mengupas tuntas tips persiapan interview kerja dengan bahasa Inggris. 

 

Program ini dibuat langsung oleh HRD yang sudah berpengalaman menginterview pelamar kerja, lho! Jadi, materi interview kerja yang diberikan pun pasti valid dan akan sangat membantu kamu untuk lolos ke tahap penerimaan kerja selanjutnya. 

 

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti program Job Interview Hack, yaitu:

 

  • Cara mengirim email agar dibaca oleh HRD 
  • Trik ‘menjual’ pengalaman diri ke HRD
  • Etika saat menghubungi recruiter
  • Persiapan agar sukses lolos interview kerja

 

Ada banyak banget kan keuntungan yang bisa kamu dapat dengan join program Job Interview Hack Tunggu apalagi? Klik DI SINI untuk mendaftar program Job Interview Hack

 

Kalau kamu tertarik untuk mendaftar, tapi masih pengen tanya-tanya info seputar program Job Interview Hack, kamu bisa menghubungi admin langsung di bawah ini untuk berkonsultasi secara GRATIS.