Kalian Pernah dapet tugas nulis essay bahasa Inggris? Sulit nggak sih? 

Menulis essay, baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris tujuan utamanya sama, yaitu untuk menyampaikan gagasan kalian dengan baik dan teratur. Untuk kalian yang mentok dan bingung mau mulai dari mana, simak penjelasan berikut: 

1.Buat Outline Essay 

Apa itu outline essay? Outline essay adalah gambaran tentang hal yang akan kalian bahas dalam essay. Sebelum membuat outline, pastikan kalian sudah tahu topik yang akan dibahas ya. Kalau sudah tahu, kalian bisa lanjut dengan kerangka seperti di bawah ini: 

Topic : The benefit of playing games

(Topik adalah tema dari esai yang akan ditulis)

Title : Top 10 reasons why playing games can improve our English

(Nah kalau ini namanya judul, pembaca essay kalian nantinya bakal punya gambaran essay kalian isinya apa dari judul ya). 

Body:

(Karena ini masih outline, kalian tulis ide-ide apa aja dulu yang kalian bisa bahas di essay)

Concluding sentence: Siapkan kesimpulan dari ide-ide kalian dari awal supaya tetap stay on track saat menulis essay .

2.Buat Introduction 

Membuat Introductory paragraph wajib banget dalam menulis essay. Agar paragraf pembukaan kalian terlihat bagus, pastikan ada dua hal dibawah ini ya di introductory paragraph:

  •  Hook sentence

Hook sentence adalah kalimat pembuka paragraf pertama essay, kalimat pertama ini harus berkaitan dengan topik pembahasan kalian ya, contoh: 

Playing games is always associated with negative terms, but there are several benefits that could be taken from playing games. 

  • Thesis statement: 

Statement ini berisi tentang garis besar topik sekaligus posisi kalian dalam essay, kalimat ini baiknya diletakkan di akhir paragraf pembuka.

Contoh: For some reasons, playing games is proven to improve their players’ skill

Young lady typing on keyboard of laptop in living room

3. Buat Body

Untuk membuat body paragraph dibutuhkan kalimat kalimat pendukung, atau dalam bahasa Inggris disebut supporting sentence. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menulis supporting sentence adalah: 

  • Giving and analyzing evidence 

Untuk menguatkan opini-opini yang sudah kalian tulis, sertakan juga bukti yang bisa mendukung opini tersebut. Hal ini bisa dilakukan dengan mengutip penelitian-penelitian yang sudah ada. Contoh: 

A research by Radboud University shows that video game players’ have higher cognitive skill development than non players.’ From this research, we can understand that playing games also produces good results.

  • Provide Transition

Essay yang bagus adalah essay yang enak dibaca. Untuk itu, perhatikan transisi antar paragraf. Beberapa kata yang commonly used as transition are: in other words, on the contrary, furthermore, afterward, according etc. Contoh: 

According to Adam Lobel, playing games could improve their player’s cognitive skill through the team-up match, through this feature of game players are interacting and discussing strategies.

4.Closing Paragraph 

Terakhir, tutuplah essay kalian dengan menyatakan kembali thesis statement untuk menunjukkan konsistensi essay. Lalu, summarize atau simpulkan ide-ide kalian secara singkat dan padat dalam satu kalimat.

Itulah kiat-kiat menulis essay dari EnglishVit. Semoga setelah membaca tips ini, menulis essay berbahasa Inggris bakal jadi easy peasy lemon squeezy. Kalau kamu ada tips lainnya, boleh banget share di kolom komentar. As always, no more theories let’s practice. Peace out!