Belajar bahasa Inggris secara secara otodidak itu mudah, kok. Cara belajar ini sangat memungkinkan untuk dilakukan sendiri. Meskipun tidak ada guru yang menyediakan materi dan memotivasi kamu untuk belajar, semua ini bisa banget dilakukan jika sobat Englishvit memiliki kemauan yang kuat. 

Apalagi saat ini perkembangan teknologi dan informasi sudah sangat memudahkan semua orang untuk mengakses informasi secara lebih mudah. Sumber-sumber pembelajaran bahasa inggris juga dapat dibuka dan diunduh melalui internet dalam hitungan detik saja.

Jika sobat Englishvit tertarik belajar bahasa Inggris secara otodidak, berikut cara-cara yang bisa sobat lakukan:

1. Mengubah pengaturan bahasa di hp menjadi bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris akan menjadi lebih mudah apabila kamu berada di lingkungan yang dikelilingi dengan bahasa Inggris. Salah satu cara menciptakan lingkungan tersebut adalah dengan mengubah pengaturan bahasa gadget terutama hpmu menjadi bahasa Inggris. Dengan mengubah pengaturan bahasa, secara tidak sadar kamu akan hafal serta mengerti konteks beberapa kosakata dalam bahasa Inggris setiap harinya. 

Saat menginstal aplikasi baru, cobalah memilih bahasa Inggris sebagai bahasa utama aplikasi tersebut. Awalnya, pasti kamu akan merasa kesulitan karena bertemu kosakata bahasa Inggris yang belum pernah kamu ketahui sebelumnya. Tetapi, lama kelamaan kamu akan terbiasa dengan kosakata itu karena digunakan dalam aplikasi tiap kamu membukanya.

2. Meluangkan waktu setiap hari untuk belajar

Agar cepat menguasai bahasa Inggris, sobat Englishvit harus konsisten untuk belajar dengan meluangkan waktu setiap harinya. Hal ini bisa dimulai dengan meluangkan waktu selama 10 menit setiap harinya untuk berlatih. Apabila kamu menemukan kosakata baru dalam bahasa Inggris, gunakan waktu 10 menit tersebut untuk mencari arti kata, cara pengucapannya, dan mencari contoh-contoh kalimat dengan kosakata tersebut.

Waktu tersebut juga dapat digunakan untuk mempelajari jenis-jenis kalimat baru, macam-macam kata kerja dalam bahasa Inggris, kata ganti orang dalam bahasa Inggris, dan lain-lain. Yang terpenting, sobat Englishvit harus konsisten untuk belajar hal-hal baru terkait bahasa Inggris setiap harinya.

3. Carilah komunitas atau teman untuk berlatih bahasa Inggris

Menemukan teman atau komunitas yang memiliki tujuan sama yaitu belajar bahasa Inggris akan sangat membantu sobat Englishvit untuk berlatih bahasa Inggris. Salah satu hal yang terpenting saat mempelajari bahasa Inggris adalah dengan praktek menggunakannya. Teman atau komunitas dapat membantu mengoreksi kemampuan bahasa Inggris kamu, seperti cara pengucapan kata, penyusunan kalimat, dan penggunaan kosa kata yang tepat, dan lain-lain.

Jika tidak memiliki teman yang tertarik belajar bahasa Inggris, sobat Englishvit dapat mencari kawan online melalui aplikasi atau website penyedia layanan berlatih bahasa inggris, seperti Conversation Exchange, The Mixxer, Easy Language Exchange, Speaky, Papora, LingoGlobe, Language Share untuk saling ngobrol, bertukar informasi dan pengalaman dengan menggunakan bahasa Inggris.

4. Menginstal aplikasi pembelajaran bahasa Inggris

Saat ini sudah banyak sekali aplikasi-aplikasi pembelajaran bahasa Inggris yang dapat diunduh secara gratis di Play Store atau App Store. Aplikasi pembelajaran bahasa Inggris ini biasanya menyediakan materi-materi yang sesuai dengan kemampuan penggunanya. Kamu bisa memilih sendiri materi yang ingin kamu kuasai dan cara penyajian materi bahasa Inggris yang kamu sukai.

Selain itu memasang aplikasi pembelajaran di hp akan mempermudah sobat Englishvit untuk belajar bahasa inggris dimanapun dan kapanpun.

Nah, itu tadi beberapa cara mudah yang bisa sobat Englishvit lakukan jika ingin belajar bahasa inggris secara otodidak. Hal yang terpenting saat belajar bahasa Inggris adalah harus ada kemauan untuk konsisten dalam belajar dan praktek bahasa inggris ya!

Kalau kamu ingin belajar bahasa Inggris tapi terkendala waktu, Englishvit punya program Learning Package yang pembelajarannya flexible, lho jadi kamu bisa belajar di manapun dan kapan pun! Program ini juga bisa akses seumur hidup. Klik di sini untuk mendaftar!