Kalian tau nggak public speaking itu apa? 

Public speaking adalah kegiatan dimana kalian bicara didepan umum, contohnya presentasi dan pidato. 

Ngomong-ngomong public speaking, kalian nervous nggak sih kalau harus berbicara di depan umum? 

Don’t worry guys, EnglishVit udah siapin nih 4 hal yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi grogi kalian, check this out! :

  • Know your audience 

Mengenali audiens adalah hal penting untuk persiapan public speaking. Tentukan tema yang sesuai untuk audiens agar mereka nggak ngerasa out of place ya.

  • Preparation 

Persiapkan kebutuhan presentasi kalian jauh-jauh hari. Mulai dari poin-poin penting sampai alat peraga jika diperlukan. Yang paling utama adalah teks public speaking. Soekarno aja yang dijuluki singa mimbar nyiapin teks-nya. Masa’ kamu enggak?

  • Practice speaking

Penampilan yang bagus butuh latihan yang cukup. Nggak perlu ribet-ribet, minimal coba untuk berlatih di depan cermin supaya kalian benar-benar menguasai tema dan materi presentasi.

  • Practice body language

Selain menguasai tema, kalian juga harus mempersiapkan ekspresi tubuh. Saat public speaking, pastikan postur tubuh kalian tegap. Iringi dengan gerakan tangan yang sesuai dan secukupnya untuk memusatkan perhatian audiens.

Usaha nggak akan pernah mengkhianati hasil guys, nggak kayak mantan. Asalkan kalian percaya diri dan banyak berlatih, dijamin kegiatan 

public speaking kalian bakal berjalan lancar. Forevermore, no more theories let’s practice

.