Curriculum Vitae atau CV adalah hal yang pertama kali dilihat oleh perusahaan saat merekrut pegawai baru. Mostly, sekarang ini banyak perusahaan yang mewajibkan CV berbahasa Inggris. 

Wah, bikin CV aja nggak pernah, gimana mau bikin yang bahasa Inggris?

Tenang guys, biar kalian ngga kena skip perusahaan impian kalian, EnglishVit bakalan kasih contoh CV bahasa Inggris yang benar nih, check it out

Be concise

Singkat, padat, dan jelas. Dalam sehari, akan ada puluhan bahkan ratusan CV yang di-review oleh perusahaan. Jadi, pastikan CV kalian singkat, padat dan jelas. Jangan panjang-panjang dan terlalu bertele-tele. Awas, bisa kena skip!

 

Cukup cantumkan poin-poin penting seperti di bawah ini::

  

  1. Name (Nama) 
  2. Date of Birth (Tanggal Lahir) 
  3. Address (Alamat) 
  4. Contact (kontak)

Bisa berupa email, phone number, atau social media supaya perusahaan bisa menghubungi kalian.

        5. Status (status)

Beberapa perusahaan membutuhkan status pekerjanya, apakah sudah menikah atau belum. Jadi, sesuaikan CV kalian seperti kebutuhan perusahaan yang dituju ya.

        6. Skill (Keahlian) 

Nah, hal ini juga harus kalian sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Misal kalian punya banyak skill, jika memang kalian masih punya banyak ruang dalam CV kalian boleh nih dicantumin, tapi ingat ya goals CV yang baik adalah CV yang concise. Jadi misalkan kalian melamar ke perusahaan sebagai teacher, jangan lupa cantumkan skills yang bersangkutan seperti skor TOEFL misalnya..

       7. Educational Background 

Untuk educational background kalian hanya perlu mencantumkan 2 pendidikan terakhir yang kalian tempuh atau cukup mencantumkan pendidikan terakhir saja.

       8. Work Experience 

Hal lain yang bisa bikin kalian dilirik oleh perusahaan tujuan adalah riwayat pekerjaan kalian. Terutama yang yang berkaitan dengan perusahaan tujuan. 

       9. Achievement 

Poin terakhir yang wajib kalian cantumkan adalah pencapaian atau penghargaan yang pernah kalian dapat. Pastikan pencapaian yang kalian cantumkan ada kaitannya dengan posisi yang kalian lamar dan perusahaan tujuan. Misalnya, special project yang berhasil kalian selesaikan, kompetisi yang kalian menangkan waktu kuliah, dan hal membanggakan lainnya.

Supaya lebih jelas, yuk kita lihat contohnya: 

Itulah tadi tips membuat CV berbahasa Inggris yang baik. CV adalah sarana memperkenalan diri. It's your first impression so be sure it's solid and short.