Perbedaan “Meanwhile” dan “While” dalam Kalimat. Penggunaan kata meanwhile dan while seringkali membuat bingung ketika ditemukan pada sebuah kalimat. Dua kata ini memiliki makna yang hampir sama sehingga penggunaan dua kata ini selalu tertukar dalam kalimat bahasa Inggris. 

Sebenarnya kata meanwhile dan while memiliki arti yang berbeda dan juga digunakan pada kondisi yang berbeda. Kira-kira apa ya perbedaan dari kedua kata ini? Daripada terus-terusan bingung, kali ini Englishvit akan membahas perbedaan dari kata meanwhile dan while beserta arti dan penggunaannya pada sebuah kalimat.

Meanwhile

“Meanwhile” merupakan adverb (kata keterangan bahasa Inggris) yang mana menurut Cambridge Dictionary memiliki arti, yaitu “until something expected happens, or while something else is happening” (sampai sesuatu yang diharapkan terjadi atau saat yang sesuatu yang lain sedang terjadi).

Dalam bahasa Indonesia bisa artikan menjadi “sementara itu”. Kata meanwhile sendiri mempunyai sinonim, yaitu meantime. Dalam konteks penggunaannya, kata meanwhile digunakan untuk menggabungkan 2 kalimat yang mana penggunaannya selalu diantara kalimat 1 dan kalimat 2. Selain itu penggunaannya tidak bisa di awal kalimat selalu diikuti tanda koma setelahnya. 

While

“While” termasuk ke dalam conjunction (kata sambung bahasa Inggris) yang berarti aksi yang sedang berlangsung atau dalam proses. Dalam bahasa Indonesia, kata while diartikan “ketika” yang mana penggunaannya mirip dengan kata when.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kata while merupakan conjunction. Sebagai conjunction, artinya terdapat dua klausa yang digabungkan menjadi satu kalimat. Sehingga terdapat dua klausa yang digabungkan menjadi satu kalimat. Oleh karena itu, jika while terletak di awal kalimat, induk kalimat akan diawali dengan tanda koma, sementara jika terletak di tengah kalimat tidak perlu menggunakan tanda koma.

Secara singkat, kata while digunakan dalam 1 kalimat yang memiliki 2 aksi dan dilakukan dalam waktu bersamaan.

Contoh Penggunaan “Meanwhile” dan While dalam Kalimat

Supaya kamu semakin mengerti, coba lihat contoh penggunaan meanwhile dan while pada kalimat di bawah ini.

 Meanwhile

  • You can clean the living room and dust the furniture. Meanwhile, I'll wash the dishes and clean the fridge. (Kamu bisa membersihkan ruang tamu dan mengelap perabotan/mebel. Sementara saya akan mencuci piring dan membersihkan lemari es.)
  • The client is coming in one hour. Meanwhile, let's prepare our meeting room. (Klien akan datang dalam satu jam. Sementara itu mari kita mempersiapkan ruang pertemuan.)
  • My mother is going to the market. Meanwhile, my sister is home alone. (Ibuku sedang pergi ke pasar, sementara adikku dirumah sendirian.)
  • The party will start at 8 pm. Meanwhile, let’s decorate the room and other food. (Pesta akan dimulai pukul 8 malam, sementara itu mari kita menghias ruangan dan makanan yang lainnya.)
  • She went shopping at the local grocery store. Meanwhile, her husband stayed at home playing with their kids. (Dia pergi belanja di toko kelontong lokal. Sementara itu, suaminya tinggal di rumah bermain dengan anak-anak mereka).

While

  • I will my homework while you watch TV. (Saya akan mengerjakan PR saya ketika kamu menonton TV.)
  • She was cleaning the floor while her brother was watching TV. (Dia sedang membersihkan lantai ketika saudara laki-lakinya sedang menonton TV.)
  • While I was waiting for Jeremy, I heard a loud noise. (Ketika aku sedang menunggu Jeremy, aku mendengar suara yang keras.)
  • You can go swimming while I'm having lunch. (Kamu boleh pergi berenang ketika aku sedang makan siang.)
  • You knocked on the door while she was taking a bath. (Kamu mengetuk pintu ketika dia sedang mandi.)

Itulah penjelasan mengenai perbedaan kata meanwhile dan while. Sudah ada gambaran dari kedua perbedaan kata di atas?

Atau kamu masih butuh penjelasan lebih dalam tentang pembahasan ini?

Kamu bisa mengikuti program kelas English for Basic yang akan membantu kamu mempelajari grammar dan speaking skill dari nol hingga bisa. Tentunya ketika kamu mengikuti program kelas ini kamu akan diajari oleh tutor-tutor yang profesional dan berpengalaman.

Jika tertarik ingin mendaftar kelas ataupun ingin berkonsultasi dahulu bisa langsung menghubungi admin di bawah ini ya!