englishvit.com - Mau merasakan student exchange ke Amerika? Mungkin pertukaran pelajar fully-funded dengan Global UGRAD Program bisa jadi salah satunya nih.

Halooo! Apa kabar wahai jiwa yang terabaikan :")

Gimana kondisi fisik dan hati kalian selama pandemi ini? 

Yang hilang biarlah hilang, yang pergi gausah dicari lagi, yakinlah suatu saat nanti ada ganti yang lebih baik lagi uwuwuw.

Kali ini Dinela bakal bahas salah satu program pertukaran pelajar yang diselenggarakan oleh AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation) nih. 

Apa itu?

Global Undergraduate Exchange Program

Merupakan sebuah program yang menawarkan beasiswa penuh untuk student exchange ke perguruan tinggi di Amerika Serikat selama satu semester.

Program yang biasa disebut Global UGRAD ini akan memberikan beasiswa yang mencakup:

  1. Biaya kuliah selama satu semester
  2. Uang transportasi
  3. Akomodasi
  4. Asuransi kesehatan
  5. Uang buku
  6. Uang bulanan

Mantap betul kan gengs. Kamu mempunyai kesempatan untuk memperluas wawasan, menambah pengalaman, dan mengenali budaya negara lain tanpa perlu pusing memikirkan biaya. Merasakan hidup di negara maju seperti Amerika Serikat tak hanya jadi angan belaka. Kamu bisa praktek speaking tiap hari langsung sama native. Pernah denger pepatah “bisa karena terbiasa” kan? Nah, kesempatan ini bagus banget nih buat naikin skill bahasa Inggrismu.

Ya asalkan kamu ngga kelupaan aja waktu balik ke Indonesia. Saking terbiasanya ntar malah ngomong sama Mang Batagor pake bahasa Inggris lagi ekekkekek. 

Tahan dulu imajinasinya ya. Sebelum terlalu jauh berandai-andai, kita liat dulu nih persyaratannya apa aja.

Persyaratan Program Global UGRAD

  • Warga negara Indonesia
  • Usia minimal 18 tahun
  • Mahasiswa S1/D4 di kampus Indonesia dan minimal berada pada semester 1. Lebih diutamakan mahasiswa semester 3 sampai 5
  • Menunjukkan jiwa kepemimpinan melalui kegiatan akademik, keterlibatan dalam masyarakat, dan ekstrakurikuler yang diikuti
  • Mempunyai kemampuan bahasa Inggris yang baik dengan menunjukkan hasil tes TOEFL ITP atau TOEFL Prediction dua tahun terakhir dengan score minimal 500
  • Berkomitmen untuk kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan program ini

Untuk poin terakhir itu harus benar-benar diingat ya... jangan sampai nanti keenakan di Amerika terus enggak mau pulang :“)

Oiya, program ini diutamakan bagi kamu yang belum pernah ke Amerika Serikat atau ke luar negeri. Jadi kalau kamu udah sering liburan keliling dunia coba deh kasih kesempatan buat temen-temen kalian yang pengen ngerasain naik pesawat hehe.

Nah, kalau kamu berhasil jadi awardee, kamu akan tinggal bersama mahasiswa lainnya di asrama atau fasilitas perumahan yang disediakan kampus. 

Apabila kamu memenuhi syarat-syarat di atas, kamu bisa nih mulai mempersiapkan berkas aplikasinya. Apa saja itu?

  • Surat referensi akademik (letter of reference) sebanyak 2 buah. 1 dari dosen pengajar di jurusanmu, dan yang 1nya lagi dari dosen lain, atasan, pelatih, atau lainnya
  • Fotokopi KTP
  • Transkrip nilai dalam bahasa Indonesia dan Inggris

Dokumen tersebut harus kamu siapkan dalam bahasa Inggris ya... kamu bisa gunakan jasa penerjemah tersumpah untuk menerjemahkannya.

Setelah menyerahkan aplikasi online, pelamar harus menginformasikan pihak AMINEF dengan mengirim email ke [email protected] dan melampirkan hasil scan sertifikat TOEFL ITP atau TOEFL Prediction dengan subyek “[Nama Lengkap]-Completed Global UGRAD Online Form”

Serahkan aplikasimu sebelum deadline ya gengs... 

Kapan sih deadlinenya? 

Kalau Dinela liat di websitenya sih tanggal 31 Desember, enggak tau nanti bakal ada perubahan apa gak ya mengingat pandemi ini belum ada kejelasan kapan musnahnya :“)

Maka dari itu pantengin terus website resmi AMINEF ya... kamu bisa langsung cek dengan KLIK DI SINI