Ikuti tips-tips berikut ini agar lebih mudah paham grammar bahasa Inggris. Grammar sering jadi momok bagi orang yang sedang belajar bahasa Inggris. Selain karena materinya yang cukup banyak, aturan grammar bahasa Inggris sangat berbeda dengan bahasa Indonesia. Akibatnya kamu tidak bisa menerjemahkan kalimat bahasa Indonesia secara langsung ke bahasa Inggris, karena ada aturan-aturan dalam grammar bahasa Inggris yang perlu kamu ikuti saat membuat kalimat bahasa Inggris.

 

Cukup ribet juga ya? Biar gak ribet lagi, yuk ikuti tips-tips saat mempelajari grammar bahasa Inggris yang bisa kamu terapkan agar kamu cepat jago bahasa Inggris.

 

 

1. Pahami materi-materi parts of speech

Dalam bahasa Inggris terdapat 8 macam parts of speech (kelas kata), yaitu noun, pronoun, verb, adjective, adverb, conjunction, preposition, interjection. Masing-masing jenis parts of speech harus kamu kuasai secara sungguh-sungguh lho, karena parts of speech merupakan komponen-komponen yang akan membentuk kalimat dalam bahasa Inggris.

 

Kamu akan lebih lancar dan tidak akan bingung saat membuat kalimat bahasa Inggris jika sudah paham betul materi tentang parts of speech. Jangan hanya hafal banyak kosakata bahasa Inggris saja, tapi kamu juga harus paham bagaimana cara menggunakannya dalam kalimat. 

 

2. Berusahalah untuk memperbanyak hafalan kosakata

Selain mempermudah saat berkomunikasi dengan bahasa Inggris nantinya, hafal banyak kosakata akan mempermudah kamu dalam memahami materi grammar. Kamu juga akan jadi lebih gampang saat mengerjakan soal-soal latihan grammar.

 

Untuk menambah hafalan kosakata, kamu bisa melakukannya dengan cara menonton film, series, baca buku, majalah, artikel, atau novel berbahasa Inggris. Kelilingi dirimu dengan hal-hal yang berbau bahasa Inggris agar kamu makin cepat hafal banyak kosakata-kosakata bahasa Inggris lainnya.

 

 

3. Kuasai pola struktur kalimat bahasa Inggris

Untuk pemula ada tiga macam struktur kalimat bahasa Inggris yang harus kamu kuasai sebelum melanjutkan materi grammar ke tingkat selanjutnya, yaitu simple present tense, simple past tense, dan simple future tense. Ketiga struktur kalimat ini masing-masing digunakan untuk membuat kalimat yang dilakukan di masa sekarang, masa lalu, dan masa depan. 

 

Jika kamu sudah paham betul tiga pola struktur ketiga kalimat tersebut, kamu akan lebih mudah dalam mempelajari pola-pola kalimat dalam bahasa Inggris lainnya. Bisa disebut ketiga jenis kalimat itu adalah dasar dari jenis-jenis kalimat lainnya dalam bahasa Inggris. Kamu sudah paham pola struktur ketiga kalimat itu belum?

 

4. Konsisten berlatih soal grammar

Biasanya materi grammar sulit lebih dipahami karena tidak langsung dipakai untuk praktek. Setelah mempelajari satu macam materi grammar pastikan kamu langsung mencari soal dalam buku ataupun di internet yang menyediakan soal-soal latihan tentang materi tersebut.

 

Semakin banyak dan semakin sering kamu melakukan latihan soal grammar, kamu akan semakin tahu cara penggunaannya. Kamu bisa meluangkan waktu selama 30 menit setiap harinya dalam sehari untuk berlatih soal-soal grammar. Dengan konsisten berlatih kamu juga tidak akan mudah lupa tentang materi-materi yang sudah kamu pelajari sebelumnya.

 

 

 

5. Perbanyak membaca teks bahasa Inggris

Emang apa hubungannya membaca teks bahasa Inggris dengan belajar grammar? Ketika kamu membaca teks bahasa Inggris, kamu secara tidak sengaja akan memahami aturan-aturan grammar dalam bahasa Inggris. Luangkan waktu setidaknya 15 menit dalam sehari untuk membaca teks dalam bahasa Inggris.

 

Pilihlah buku atau bacaan yang sesuai dengan minatmu. Jika kamu lebih suka membaca buku yang banyak gambarnya, maka kamu akan lebih cocok membaca komik berbahasa Inggris. Selain itu, pilihlah bacaan berbahasa Inggris yang kosakatanya sesuai dengan kemampuan kamu saat ini agar kamu makin betah saat membacanya.

 

Baca juga: 7 Rekomendasi Novel Bahasa Inggris Terbaik untuk Pemula

 

6. Memanfaatkan aplikasi pembelajaran bahasa Inggris

Saat ini sudah banyak sekali aplikasi-aplikasi yang bisa kamu unduh secara gratis di Play Store dan App Store, yang menyediakan materi pembelajaran tentang grammar bahasa Inggris. Selain bisa belajar materi dan langsung berlatih, kamu bisa mendapatkan feedback dan koreksi secara langsung lewat aplikasi yang kamu gunakan. Jadi kamu langsung tahu tuh materi dan cara penggunaannya secara langsung. 

 

Beberapa aplikasi yang menyediakan materi-materi tentang pembelajaran grammar bahasa Inggri yang bisa kamu coba, antara lain Duolingo, Johnny Grammar Word Challenge, Hello English, Busuu, Memrise, English Grammar in Use, GramMars Wars, Grammaropolis, dan masih banyak lagi!

 

 

7. Belajar langsung dengan tutor berkompeten

Cara paling ampuh agar kamu cepat bisa paham grammar bahasa Inggris adalah dengan belajar langsung dengan tutor yang berkompeten yang berpengalaman mengajar bahasa Inggris. Saat ini sudah banyak sekali les bahasa Inggris online yang tersedia dengan harga yang terjangkau. 

 

Kamu juga bisa memilih sendiri kelas-kelas pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan yang ingin kamu tingkatkan. Jika ingin jago grammar kamu bisa ikut kelas yang hanya fokus mempelajari grammar saja. Meskipun tidak gratis, belajar langsung dengan tutor sangat efektif untuk meningkatkan pemahaman tentang grammar. Akan ada guru yang secara ekskusif membimbing kamu.

 

Nah itu tadi 7 tips yang bisa kamu terapkan saat sedang mempelajari tentang grammar bahasa Inggris. Jangan cuma dibaca aja, tapi juga dipraktekkan ya!

 

Kalau kamu masih juga kesulitan menggunakan grammar saat bercakap-cakap dengan bahasa Inggris, ikut aja live class Grammar for Speaking di Englishvit! Di kelas Grammar for Speaking kamu akan belajar memahami penggunaan grammar yang tepat dalam berbagai konteks percakapan. Setelah ikut kelas Grammar for Speaking, kamu dijamin bisa meningkatkan skill speaking kamu dengan penggunaan grammar yang baik dan benar. Klik DI SINI untuk mendaftar kelas Grammar for Speaking.