Rekomendasi novel bahasa Inggris untuk pemula yang baru memulai belajar bahasa Inggris untuk meningkatkan skill reading. Membaca buku dari dulu sudah jadi salah satu cara terbaik untuk orang-orang yang sedang belajar bahasa Inggris untuk menambah vocabulary. Membaca memberikanmu akses pada bentuk paling lengkap dari kumpulan vocabulary bahasa Inggris. Lewat membaca buku bahasa Inggris, kamu bisa mempelajari kata-kata yang mungkin belum tentu butuhkan saat ini, tetapi akan sangat berguna di kemudian hari.

Kunci utama sukses belajar bahasa Inggris lewat membaca buku adalah dengan memilih buku yang ringan serta sesuai dengan genre yang kamu sukai. Novel biasanya jadi pilihan pertama para pemula untuk belajar bahasa Inggris, karena vocabulary dalam novel sering kali menggunakan kosakata bahasa Inggris yang umum digunakan sehari-hari sehingga lebih mudah untuk dipahami untuk pemula sekalipun.

7 Rekomendasi novel bahasa inggris terbaik untuk pemula

Penasaran nggak apa saja novel-novel yang cocok untuk pemula? Simak tulisan di bawah ini untuk tahu 7 rekomendasi novel bahasa Inggris terbaik untuk pemula.

1. Bridge to Terabithia

Bridge to Terabithia adalah novel fiksi bergenre fantasi yang ditulis oleh Katherine Paterson. Novel ini bercerita tentang sepasang sahabat laki-laki dan perempuan, Jesse Aarons dan Leslie. Jess dan Leslie bersekolah di sekolah yang sama, selain itu Leslie rupanya juga tinggal di seberang rumah Jess.

Mereka selalu bermain di hutan setiap pulang sekolah. Saat di sungai, mereka  selalu bermain dengan menyeberangi  sungai kecil, melompatinya dan menganggap bahwa mereka berpindah ke tempat ajaib bernama Terabithia. Diakhir cerita, terdapat suatu kejadian tragis yang terjadi di antara sepasang sahabat ini.  Buat kamu yang udah pernah nonton film Bridge to Terabithia, nggak ada salahnya lho nyobain buat baca versi  bukunya.

 

2. Dear Nobody

Dear Nobody adalah sebuah novel young adult karya Berlie Doherty. Novel ini mengisahkan tentang dua remaja, Helen dan Chris, yang hamil diluar pernikahan. Novel ini diawali dengan Helen yang menceritakan kegembiraan, ketakutan, dan ketidakamanannya selama masa kehamilan di luar nikah dalam serangkaian surat yang ditulis untuk anaknya yang belum lahir yang ia panggil sebagai ‘Nobody’.

Diakhir cerita, penulis juga menyampaikan sudut pandang Chris sebagai pihak lelaki dalam tragedi hamil diluar nikah ini, dan tidak lupa pula menceritakan masa depan yang akan terjadi pada Chris, Helen, serta anak mereka. Selain mempunyai nilai moral yang tinggi, novel ini akan sangat cocok untuk pemula karena ditulis dengan kosakata bahasa Inggris yang sering digunakan sehari-hari.

3. For Keeps

For Keeps merupakan novel karya dari penulis Natasha Friend. Novel ini bercerita tentang Josie Gardner dan ibunya, Kate, yang hanya tinggal berdua saja selama enam belas tahun. Selama ini, Josie belum pernah bertemu ayah kandungnya. Ayahnya, Paul Tucci meninggalkan ibunya yang dulu sedang hamil saat masih berumur 16 tahun.

Namun, keadaan berubah ketika tiba-tiba ayah Josie kembali ke kota di mana Josie dan ibunya tinggal. Josie dibingungkan dengan keadaan dimana dia harus berurusan dengan bukan hanya satu, tapi dua pria dalam hidupnya, yaitu ayahnya dan pacar pertamanya, yang Josie takutkan akan menyakitinya seperti Paul menyakiti ibunya.

 

4. Diary Of Wimpy Kid

Diary Of Wimpy Kid adalah salah satu novel serial karya Jeff Kinney. Novel ini mengisahkan tentang kehidupan seorang anak laki-laki bernama Greg Heffley yang baru saja masuk SMP. Dalam novel Greg digambarkan sebagai seorang anak laki-laki yang lemah dan cupu. Greg harus bisa bertahan di SMP dan selamat dari gangguan kedua saudara laki-lakinya, Manny dan Rodrick yang menyebalkan. 

Seperti judulnya, buku ini ditulis dengan format seperti buku diary yang sesungguhnya serta dilengkapi dengan ilustrasi menarik yang mendukung cerita dalam buku. Saat ini, sudah ada 16 buah serial buku Diary Of Wimpy Kid yang sudah terbit dan bisa dibeli di toko buku lho. Apa kamu tertarik membaca buku ini?

5. Five Little Peppers and How They Grew

Five Little Peppers and How They Grew adalah novel karya dari penulis Harriett Lothrop. Novel ini mengisahkan tentang lima anak bersaudara, Polly, Ben, Joel, Davie, dan Phronsie Pepper yang hanya tinggal bersama ibu mereka dalam kemiskinan dan hampir tak bisa memenuhi kebutuhannya.

Permasalahan dimulai ketika Ben dan Polly bersekongkol untuk menghibur saudara-saudaranya dengan cara memberi mereka natal yang tak akan terlupakan. Namun, hal-hal yang tak diinginkan terjadi. Phronsie melarikan diri dari rumah. Saat melarikan diri, Phronsie terjebak dalam bahaya dan dipertemukan dengan Jasper King muda, yang pada akhirnya akan mengubah nasib keluarga Pepper. Penasaran dengan kelanjutan cerita keluarga Peppers bersaudara? Yuk baca bukunya!

 

6. The Old Man and The Sea

The Old Man and The Sea adalah salah satu novel karya penulis legendaris dalam perkembangan sastra, Ernest Hemingway. Meskipun novel ini telat terbit sejak tahun 1951 lalu, pilihan kosakata yang digunakan dalam buku ini masih bisa dipahami oleh pemula yang kemampuan bahasa Inggrisnya masih di level basic. 

Secara singkat, novel ini menceritakan tentang seorang nelayan tua bernama Santiago, yang berasal dari Kuba. Selama delapan puluh empat hari, ia telah berlayar di laut dan selalu kembali dengan tangan kosong tanpa membawa satu ikan pun. Setelah sial selama delapan puluh empat hari, ia bertekad akan berlayar dan tak akan kembali tanpa membawa tangkapan. Selama perjalanannya mencari ikan, terdapat kejadian-kejadian yang tak bisa dilupakan oleh Santiago.

7. The Perks of Being a Wallflower

The Perks of Being a Wallflower adalah novel karya dari penulis Stephen Chbosky yang pertama kali terbit tahun 1999. Novel ini menceritakan tentang kisah Charlie, seorang remaja laki-laki introvert yang baru masuk SMA. Ia merasakan perasaan jatuh cinta sekaligus dihadapkan dengan masa lalunya yang traumatis.

Novel ini tidak dibagi berdasarkan bab, melainkan dibagi berdasarkan surat-surat bertanggal yang diceritakan di buku ditulis oleh Charlie. Charlie menulis seluruh buku sebagai serangkaian surat kepada teman anonimnya. Pembaca tak akan pernah tahu siapa ‘teman’ ini, dan ‘teman’ ini juga tidak pernah membalas surat dari Charlie. Novel ini cocok sekali untuk pemula, karena disajikan dengan ringan dan mudah dipahami oleh pemula sekalipun.

Nah itu tadi 7 rekomendasi buku bahasa Inggris terbaik yang cocok banget dibaca oleh pemula yang baru memulai belajar bahasa Inggris. Kira-kira kamu tertarik membaca buku yang mana nih?

Selain belajar bahasa Inggris dengan membaca buku, kamu juga bisa belajar bahasa Inggris bareng Englishvit dengan cara ikutan live class English for Basic lho. Kelas English for Basic, cocok banget buat kamu para pemula, karena kamu akan belajar skill dasar dalam bahasa Inggris dari NOL sampai BISA yang akan bermanfaat banget jadi fondasi kamu untuk menguasai bahasa Inggris! Klik DI SINI untuk mendaftar live class English for Basic.