Inilah beberapa hal yang harus kamu lakukan supaya bisa bahasa Inggris secara otodidak! Learning English isn’t that hard. Belajar bahasa Inggris sebenernya nggak sesusah itu kok!

 

Kalau ada kemauan, kamu bahkan bisa lho belajar bahasa Inggris secara mandiri. Apalagi semua orang udah punya gadget yang bisa dipakai buat akses internet.

 

Hal itu bikin kamu makin gampang buat kamu akses materi pembelajaran yang sudah banyak tersedia secara gratis. Ibaratnya, cuma dengan satu click aja, kamu udah bisa dapet materi pembelajaran bahasa Inggris.

 

Kamu cuma butuh niat yang kuat, dan punya sikap konsisten supaya bisa jago bahasa Inggris secara otodidak.

 

Buat yang penasaran gimana caranya bisa bahasa Inggris cuma dengan modal hp dan kuota doang, ikuti cara-cara dibawah ini yuk! Check it out!

 

 

Step #1: Ubah bahasa di hp jadi bahasa Inggris

Cara effortless buat belajar bahasa Inggris secara otodidak adalah dengan mengubah settingan bahasa di hp ke bahasa Inggris.

 

Emang ngaruh, ya? Ngaruh dong!

 

Kalau kamu ada di environment yang mostly pakai bahasa Inggris, kamu bakalan jadi terbiasa pula pakai bahasa Inggris.

 

By changing your language setting, you create your own English environment. So, setiap kamu buka hp, kamu secara nggak sadar akan terus menerus akan belajar bahasa Inggris. 

 

At first, kamu pasti bakalan ngerasa aneh dan nggak paham sama kosakatanya. Tapi, lama kelamaan kamu bakalan secara otomatis paham kosakata-kosakata yang sering muncul di hp lho. 

 

 

Step #2: Perbanyak follow akun-akun native speakers

Terlalu banyak buka social media sebenernya nggak bakal nimbulin efek negatif kalau kamu tahu cara memanfaatkannya. Kamu bisa manfaatin social media sebagai media buat belajar bahasa Inggris lho.

 

Kamu bisa mulai dengan follow akun artis luar negeri favorite kamu, atau akun meme berbahasa Inggris. Cara ini secara nggak sadar bikin kamu mengonsumsi konten berbahasa Inggris setiap hari.

 

Kamu juga bisa ngelatih skill writing kamu dengan cara ikutan bikin comment di account-account yang udah kamu follow

 

Sesuatu yang selalu dianggap buruk, sebenernya bisa jadi hal yang baik, kalau kita tahu cara memanfaatkannya.

 

 

Step #3: Download aplikasi pembelajaran

 

Kalau tujuan kamu pengen fokus untuk belajar grammar, Englishvit nyaranin kamu buat download aplikasi pembelajaran bahasa Inggris.

 

Why

 

Materi-materi diaplikasi pembelajaran biasanya udah lengkap lho, bahkan kamu bisa milih mau belajar di level mana dan materi tentang apa. 

 

Tips ini cocok buat sobat Englishvit yang mager ngumpulin materi pembelajaran sendiri. Aplikasi yang ada pun saat ini juga udah banyak macamnya. Kamu bisa mengunduh aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu saat belajar bahasa Inggris.

 

Englishvit sudah pernah bikin rekomendasi 10 aplikasi pembelajaran bahasa Inggris yang bisa kamu download secara gratis lho! Kamu bisa klik link di bawah ini sebagai referensi!

 

Baca juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis

 

 

Step #4: Biasakan membaca tulisan bahasa Inggris

 

Manfaatkan juga hp kamu buat nyari sumber-sumber bacaan yang berbahasa Inggris. Lewat baca buku kamu jadi bisa menambah jumlah hafalan kosakatamu lho. 

 

Lewat membaca buku kamu bakalan secara nggak langsung jadi tahu tentang aturan grammar yang baik dan benar. 

 

Kalau kamu lebih suka baca cerita fiksi, kamu bisa mulai dengan mendownload aplikasi Wattpad, lalu mencari cerita berbahasa Inggris yang sesuai dengan selera kamu. 

 

Nah, kalau kamu sukanya baca artikel atau berita, kamu bisa tuh download aplikasi The Jakarta Post. Selain jadi tahu isu-isu terkini yang ada di Indonesia, kamu juga bisa mengasah kemampuan reading kamu.

 

 

Step #5: Ganti tontonan ke video berbahasa Inggris

 

Kamu pasti udah bosen dan sering banget deh baca tips yang satu ini, iya kan? Tapi, Englishvit nggak bakalan bosen buat mention tips yang satu ini, karena tips ini beneran ampuh bikin orang jadi jago bahasa Inggris secara otodidak. 

 

Makanya nggak heran kalau tips sering banget direkomendasikan ke orang-orang buat dilakuin. Lewat nonton video berbahasa Inggris, kamu bisa belajar pronunciation dari native speakers langsung. 

 

Kamu juga jadi makin tambah tahu idiom atau expression-expression yang sering dipakai sama bule-bule waktu ngobrol di kehidupan sehari-hari lho. 

 

So that nantinya kalau kamu ngobrol pakai bahasa Inggris jadi nggak kaku dan makin mirip dengan cara ngomong dan ngobrolnya native speakers

 

 

Step #6: Berteman dengan native speakers

 

Nggak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri buat dapet temen native speakers, lewat hp aja kamu udah bisa dapet temen ngobrol dari berbagai negara di belahan dunia. 

 

Punya temen native speakers secara nggak langsung bikin kamu terpaksa pakai bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan temen kamu. 

 

Inget pepatah ‘practice makes perfect’? Belajar bahasa Inggris cocok banget dianalogikan pake pepatah itu. Makin sering kamu latihan writing, speaking, listening, dan reading pakai bahasa Inggris, lama kelamaan skill kamu akan terasah dan akan makin jago.

 

 

Nah, itu dia cara-cara mudah yang bisa kamu lakukan agar bisa jago bahasa Inggris secara otodidak. Where there's a will, there's a way. Kalau ada kemauan yang kuat, kamu bakalan bisa kok nemu cara belajar yang cocok. Good luck, guys!

 

Buat sobat Englishvit yang udah nyoba belajar bahasa Inggris sendiri, tapi ngerasa skill-nya stuck dan gitu-gitu aja, pasti pernah ngalamin permasalahan di bawah ini:

  • Susah nyari partner belajar bahasa Inggris
  • Bingung nanya kemana kalau nggak paham materi bahasa Inggris
  • Bosen karena metode belajarnya gitu-gitu aja
  • Nggak PD waktu ngomong Inggris karena takut salah grammar

 

Kalau kamu ngalamin masalah-masalah di atas, tenang aja guys, Englishvit punya solusinya lho! Kamu bisa ngatasin masalah-masalah diatas dengan ikutan live class English for Basic di Englishvit!

 

Kelas English for Basic, cocok banget buat kamu para pemula yang baru awal belajar bahasa Inggris, karena di kelas ini, kamu bakal diajarin skill-skill dasar bahasa Inggris dari NOL sampai BISA. Setelah ikut kelas English for Basic, kamu bakalan bisa:

  • Dapet partner belajar bahasa Inggris yang profesional dan nggak judgmental
  • Punya support group yang bakalan jawab pertanyaan kamu 24/7
  • Merasa enjoy dan nggak bosen selama proses pembelajaran
  • Tambah percaya diri buat ngobrol pakai bahasa Inggris

 

Yuk, kita dengerin cerita kata salah satu alumni yang pernah join program live class English for Basic

 

Dulunya, Kak Rossa ngerasa susah paham kalau denger orang ngomong pakai bahasa Inggris. Akhirnya, Kak Rossa memutuskan buat join live class English for Basic

 

Sejak bergabung di kelas English for Basic, secara bertahap basic skill Kak Rossa jadi meningkat. Dia pun ngerasa seneng belajar bahasa Inggris di Englishvit, karena bertemu dengan guru yang sangat helpful. Dan akhirnya, sekarang, Kak Rossa sudah bisa paham saat ada orang ngobrol pakai bahasa Inggris.

 

Kita denger langsung yuk testimoni dari Kak Rossa setelah join kelas di English for Basic

 

 

Kak Rossa sudah membuktikannya lho. How about you

 

Buat kalian yang pengen ngikutin jejak Kak Rossa ningkatin skill bahasa Inggris, langsung aja klik DI SINI buat join live class English for Basic!

 

Kalau kamu tertarik, tapi pengen tanya-tanya dulu seputar program live class English for Basic, kamu bisa menghubungi admin langsung di bawah ini untuk berkonsultasi secara GRATIS. Sampai ketemu di kelas!