Siapa yang nggak pengen tahu caranya belajar bahasa Inggris dari nol sampai bisa? Englishvit yakin sih, tips ini banyak banget dicari-cari sama pemula, yang baru aja mulai belajar. Dan pengen cepet-cepet bisa bahasa Inggris.

 

As you’ve known, bahasa Inggris sekarang ini udah kayak motor, dipakai dimana-mana. Kalau kamu mau dapet kerjaan yang oke, gaji yang oke, sekolah yang oke, kampus yang oke, atau beasiswa ke luar negeri, minimal kamu harus jago bahasa Inggris.

 

Nggak ada kata terlambat buat belajar bahasa Inggris, asal kamu ada kemauan yang kuat buat belajar, pasti bakalan bisa. Apa aja kira-kira caranya biar bisa bahasa Inggris dari nol? Simak tipsnya di bawah ini yuk!

 

 

1. Perbanyak penguasaan kosakata

Memperbanyak hafalan kosakata, basically, bisa kamu lakuin dimana dan kapan aja. Apalagi kamu udah punya hp kan? Kamu bisa nambah vocab lewat dengerin lagu, nonton series atau film, baca buku, artikel, blog, dan lain-lain. As long as there is a will, there is a way, kok.

 

Tapi, jangan cuma hafalan kosakata bahasa Inggris aja ya. Kamu juga harus ngapalin kosakatanya, sambil nyari contoh penggunaannya dalam kalimat, atau di percakapan. In this way, kamu jadi tau cara pakai vocab itu dalam kalimat.

 

Sometimes, orang-orang banyak hafal vocab, tapi nggak tahu gimana cara pakainya waktu ngobrol. Padahal, yang paling penting dari hafalan vocab adalah, supaya kamu nggak kehabisan kata-kata waktu ngobrol pake bahasa Inggris.

 

 

2. Pelajari simple tense terlebih dahulu

Supaya bisa communicate pake bahasa Inggris, kamu harus mempelajari dulu simple tense buat dasar, so that nantinya kamu bisa bikin kalimat bahasa Inggris. Pengen tau kenapa harus belajar simple tense dulu? Basically, ada 3 jenis simple tense atau kalimat sederhana di bahasa Inggris, yaitu simple present tense, simple past tense, dan simpel future tense.

 

Kalau kamu udah bisa 3 basic simple tense itu, Englishvit jamin kamu udah bisa komunikasi pake bahasa Inggris, walaupun masih belum jago-jago banget. Semua orang pasti mulai dari basic, guys, nggak mungkin baru belajar langsung jago. Semua butuh proses.

 

Ketiga basic simple tense itu juga bakal jadi dasar mempelajari tenses di level selanjutnya, yang lebih susah. Dijamin kamu bakal lebih gampang paham saat mempelajari tenses-tenses lainnya. 

 

 

3. Sering-sering untuk praktek

Menurut Englishvit, ini nih tips paling ampuh buat kamu yang pengen cepet bisa bahasa Inggris. Setelah kamu tahu basic-basic materi bahasa Inggris. Kamu harus sering pakai materi itu buat praktek ngomong atau nulis pakai bahasa Inggris. Rugi banget, kalian udah ngeluangin waktu kalian buat belajar bahasa Inggris, tapi nggak pernah dipakai buat praktek.

 

Selain buat ngelatih penggunaan vocab yang udah kamu hafal, praktek ngomong pakai bahasa Inggris, bisa jadi cara buat memperlancar pronunciation kamu. Makin sering kamu praktek, bakal makin lancar juga bahasa Inggrismu.

 

It’s okay, kalau kamu masih suka salah-salah grammar ataupun pengucapan, it’s normal buat orang yang masih belajar bahasa Inggris. Makanya, kamu harus cari learning buddy yang supportive, dan nggak bakal ngolok-olok kamu waktu bikin salah. Hempaskan ke laut aja guys, temen yang judgemental kayak gitu.

 

 

4. Manfaatin aplikasi belajar bahasa Inggris gratis

Kalian pasti sadar banget, materi pembelajaran bahasa Inggris tuh kayak air di laut, nggak habis-habis. Makanya Englishvit nyaranin kalian buat instal aplikasi-aplikasi pembelajaran bahasa Inggris yang udah tersedia gratis dan bisa didownload ke hp.

 

Aplikasi-aplikasi itu biasanya sudah disusun lengkap dari level basic sampai level advanced. Jadi, kamu nggak perlu ribet-ribet lagi ngumpulin satu persatu materinya. Dan tinggal download, and then tinggal pakai aja.

 

Materi yang disediain juga biasanya bakal bisa disesuaiin sama level kemampuan bahasa Inggris kamu, kalau kamu udah lumayan bisa bahasa Inggris, kamu mungkin akan mulai belajar bahasa Inggris di level intermediate.

 

 

Kamu juga memilih sendiri metode pembelajaran yang cocok buat kamu. Kalau kamu belum tau mau pakai aplikasi yang mana buat belajar, nih, Englishvit punya rekomendasi aplikasinya buat kamu.

 

Baca juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis

 

5. Ikut kursus bahasa Inggris di Englishvit

Last but not least, cara ampuh lainnya buat bisa bahasa Inggris dari nol sampai bisa, adalah dengan ikutan kursus bahasa Inggris di Englishvit. Englishvit bahkan punya kelas khusus lho, yang sengaja dibuat buat para pemula yaitu English for Basic.

 

Apa itu kelas English for Basic? Basically, kelas ini dibuat buat para pemula yang belum bisa bahasa Inggris sama sekali. Di kelas ini, kamu bakal diajarin materi dasar bahasa Inggris dari mulai konsep kelas kata, speaking dasar, dan grammar dasar.

 

Lebih kerennya lagi, pembelajaran kelas di Englishvit ini fokus ke 75% praktek, dan 25% teori. Karena lebih banyak praktek, setelah selesai ikut kelas ini, kamu bakal langsung bisa cas cis cus komunikasi pakai bahasa Inggris.

 

 

Tips dari nomor 1 sampai nomor 4, juga bakal kamu dapet penerapannya di kelas English for Basic ini, lho. Tunggu apa lagi? Klik DI SINI untuk ikutan live class English for Basic.

 

Nah, itulah 5 cara belajar bahasa Inggris buat pemula dari nol sampai bisa. Semua tips ini jangan cuma dibaca ya guys, tapi dipraktekkin beneran. So, you can learn English better and quicker. See you in other articles!