Ada 4 cara tips mudah untuk melatih speaking biar bahasa Inggris kamu enggak gitu-gitu aja dan cenderung menurun. Penasaran nggak sih 4 tips mudahny apa aja? simak ke bawah ya..

Keluhan yang banyak banget disebutin ketika mau belajar speaking adalah nggak punya temen buat lawan bicara. Padahal setidaknya kamu pasti punya 1 atau 2 temen yang sering kamu temui setiap hari atau mungkin kamu tinggal bareng sama beberapa temen kamu. Manfaatin aja temen-temen kamu buat ajang belajar speaking bahasa Inggris. Pasti tambah seru kalau belajarnya bareng-bareng sama temen. 

Mr. Pandu, salah satu mentor di Englishvit pernah ngasih tips buat belajar speaking bareng temen yang asyik dan seru. Ini nih tips Speaking English yang Mr. Pandu kasih:  

  • Jadwal Bahasa

Bikin jadwal speaking bahasa Inggris sama temenmu. Boleh per jam atau per hari. Misalnya kalau mau pakai per jam, kamu bisa jadwalkan dari jam 9 pagi sampai 5 sore untuk ngobrol pakai bahasa Inggris. Atau kalau kamu mau pakai perhari ya tentuin aja dalam seminggu kamu mau pakai berapa hari untuk ngobrol pakai bahasa Inggris. Jangan cuman bikin jadwal tapi nggak dikerjain ya.. Harus dilaksanain!

  • Punishment

Ini yang bikin seru dan menantang. Bikin hukuman buat yang ngelewatin atau menghindar dengan sengaja dari speak in English. Hukumannya kalau bisa tetep yang berkaitan sama speaking in English agar tetap positif dan bermanfaat, contohnya speech in English terus upload di Instagram. 

  • Choose Interesting Topic

Setelah menentukan jadwal speaking practice, coba bikin jadwal khusus untuk Speaking tematik. Ambil suatu tema yang lagi populer atau kamu dan teman-temanmu suka terus obrolin. Kurang lebih seperti konsep debat dengan pembagian pro dan kontra. Atau kalau debat terkesan serius kamu bisa share aja apa yang kamu tau tentang tema tersebut. 

  • Evaluasi

Walau terkesan ribet, tapi kamu perlu banget yang namanya evaluasai. Dari evaluasi kamu jadi tau hal-hal mana yang berkembang dan bagian-bagian mana yang harus kamu tingkatin lagi. Evaluasi nggak harus pakai kertas dan tertulis, lakuin aja secara lisan tiap akhir sesi dari jadwal yang udah kamu tentuin. Minta temen kamu buat ngasih masukan dan kamu juga nggak boleh lupa buat ngasih masukan ke temen kamu.

Belajar bareng temen itu emang seru. Belajarnya dapet, have fun nya juga nggak ketinggalan. Yuk! langsung panggil temen-temen kamu dan mulai belajar speaking bahasa Inggris sekarang. 

Permasalahan lain yang sering muncul kalau belajar speaking adalah vocabulary, tapi jangan sedih ya aku ada nih artikel nambah kosa kata biar percakapan lebih ciamik dan keren, kamu bisa cek 10 Vocab Aesthetic untuk Daily Conversation di sini.