Dapat undangan interview kerja tapi pakai bahasa Inggris? Simak tulisan ini untuk tau tips sukses menghadapi interview kerja bahasa Inggris! Buat kamu yang melamar pekerjaan sebagai penerjemah, penulis, karyawan di perusahaan multinasional, pramugari, guru, atau public relation, pasti sering dong dapet undangan interview kerja pakai bahasa Inggris.

 

Eittss, jangan pusing dulu. Interview kerja dengan bahasa Inggris pada dasarnya sama lho dengan interview dengan bahasa Indonesia. Perbedaannya hanya terletak di bahasanya saja kok. Hanya saja, kamu harus mempersiapkan diri lebih matang saat interview bahasa Inggris, karena tidak semua pelamar kerja memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik.

 

Tips Sukses Menghadapi Interview Kerja Bahasa Inggris

 

 

Jika kamu sedang mempersiapkan interview kerja bahasa inggris, yuk ikuti 5 tips sukses menghadapi interview kerja bahasa Inggris di bawah ini:

 

1. Pelajari pertanyaan umum dalam interview bahasa Inggris

Pertanyaan dalam interview bahasa Inggris sebenarnya itu-itu aja. Pertanyaannya pasti tidak jauh tentang perkenalan diri kamu, pengalaman yang kamu miliki, kelebihan dan kekurangan diri, alasan melamar pekerjaan, tentang pendidikan, gaji yang kamu inginkan, dan lain-lain. Contoh-contoh pertanyaan bisa kamu cari dengan mudah di Internet lho.

 

Setelah kamu tahu pertanyaan-pertanyaannya, kamu bisa mulai mempersiapkan jawabanmu atas pertanyaan itu. Cara ini akan sangat membantu kamu saat wawancara agar tidak tersendat-sendat saat menjawab pertanyaan.

 

2. Cari tahu seluruh informasi tentang perusahaan

Selama mempersiapkan wawancara, kamu harus tahu betul perusahaan yang kamu lamar. Pastikan kamu mengunjungi website, media sosial, akun LinkedIn perusahaan yang kamu lamar untuk mengumpulkan semua informasi tentang sejarah, tujuan, ataupun nilai-nilai yang perusahaan itu anut. Selain itu, kadang-kadang pewawancara juga akan menanyakan kepada pelamar tentang apa yang mereka ketahui tentang perusahaan yang sedang dilamar.

 

 

3. Hafalkan kosakata yang berhubungan dengan posisi yang kamu lamar

Belajar kosakata bahasa Inggris yang berkaitan dengan pekerjaan yang kamu lamar akan mempermudah kamu menjelaskan jawabanmu secara rinci. Kamu juga akan mudah memahami perkataan pewawancara tanpa perlu memintanya untuk mengulanginya terus menerus. Saat kamu paham semua kosakata yang berkaitan dengan pekerjaan tersebut, kamu akan meninggalkan kesan baik pada pewawancara bahwa kamu memang benar-benar menguasai bidangmu.

 

4. Mempersiapkan pertanyaan untuk pewawancara 

Di akhir sesi wawancara, pewawancara biasanya akan memberikan kamu kesempatan untuk bertanya tentang pekerjaan atau tentang perusahaan yang kamu lamar. Tunjukkan bahwa kamu benar-benar ingin diterima di pekerjaan itu dengan mengajukkan 2-3 pertanyaan tentang pekerjaan itu. Kamu akan meninggalkan kesan baik dan pewawancara akan menganggap kamu bersungguh-sungguh ingin menempati posisi itu.

 

Pertanyaan yang bisa kamu tanyakan pada pewawancara, seperti can you tell me more about the team I would be working in? (bisakah kamu memberitahu saya lebih banyak tentang tim tempat saya akan bekerja?), can you tell me more about the day-to-day responsibilities of the role? (bisakah kamu memberitahu saya lebih banyak tentang tugas sehari-hari untuk posisi ini?), can you describe the working culture of the company? (bisakah kamu menggambarkan budaya kerja perusahaan?) dan masih banyak lagi.

 

 

5. Lakukan simulasi latihan wawancara

Setelah kamu mempelajari pertanyaan, mempersiapkan jawaban, menghafal kosakata, mempersiapkan pertanyaan, hal yang terakhir harus kamu lakukan sebelum menghadiri interview kerja bahasa inggris adalah praktek latihan interview. Saat latihan, bicaralah seolah-olah kamu sedang berada di dalam interview yang sesungguhnya dan usahakan untuk merekamnya. Cara ini akan sangat efektif untuk mengoreksi jawaban-jawaban dan pronounciation kamu yang masih perlu diperbaiki, serta meningkatkan kepercayaan diri kamu, lho.

 

Sekarang sudah tau kan tips-tips persiapan menghadapi interview kerja bahasa Inggris? Jangan sampai kemampuan bahasa Inggris menghalangi kamu mendapatkan pekerjaan impianmu!

 

Untuk belajar lebih lanjut tentang interview kerja bahasa Inggris, kamu bisa ikut program Job Interview Hack di Englishvit, lho. Program ini dibuat oleh HRD yang sudah berpengalaman menginterview pelamar kerja! Tidak hanya mengupas tuntas tips persiapan interview kerja dengan bahasa Inggris, kamu juga akan disuguhi materi tentang cara mengirim email dan cara berkomunikasi dengan HRD dengan baik. Tunggu apalagi? Klik DI SINI untuk mendaftar!