Apa yang jadi pertimbangan kamu saat memilih kampus? Lokasinya, biayanya, atau reputasinya? Reputasi kampus bisa terlihat dari akreditasinya lho. Akreditasi penting banget diketahui agar kamu tahu mutu kampus yang akan kamu daftar apakah baik atau tidak. Jika kampus yang kamu ingin daftar sudah terakreditasi kamu tidak perlu khawatir kampus tersebut akan abal-abal. 

 

Selain itu, akreditasi kampus juga penting saat nanti kamu sudah lulus. Karena perusahaan BUMN dan beberapa perusahaan swasta lainnya kadang hanya merekrut mahasiswa dari lulusan kampus yang terakreditasi A lho. 

 

Sekarang sudah tau kan pentingnya akreditasi kampus buat masa depan kamu nantinya. Jika kamu ingin berkuliah di jogja, yuk simak daftar kampus-kampus di jogja yang sudah terakreditasi A di bawah ini!

Universitas di Jogja yang Terakreditas A

 

1. Universitas Gadjah Mada

Siapa yang tak tau reputasi Universitas Gadjah Mada? Pada tahun 2021, kampus ini mendapat peringkat ke 2 sebagai universitas terbaik di Indonesia versi Kemendikbud. UGM telah mendapatkan akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) pada tahun 2017 lalu. 

 

Selain sudah terakreditas A, UGM juga telah meluluskan beberapa tokoh-tokoh publik di Indonesia, seperti Joko Widodo, Ganjar Pranowo, Mahfud MD, Sapardi Djoko Damono, dan masih banyak lagi . Gimana, tertarik kuliah di UGM?

 

2. Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas di Jogja kedua yang telah terakreditasi A adalah Universitas Negeri Yogyakarta. UNY dulunya dikenal dengan nama IKIP Yogyakarta dan hanya menyediakan fakultas keguruan saja. 

 

Namun, saat ini, UNY sudah memiliki program studi dan jurusan yang tak hanya keguruan saja. UNY mendapatkan peringkat ke 18 sebagai kampus terbaik di Indonesia versi Kemendikbud. Kampus ini juga terkenal sebagai kampus dengan biaya yang cukup murah lho. Kalau kamu tertarik berkarir sebagai guru setelah lulus, kamu bisa mendaftarkan diri di UNY ya.

 

3. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga juga sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT lho. Sama dengan UNY, UIN SUKA juga terkenal memiliki biaya kuliah yang cukup murah. UKT termurahnya hanya 400.000 ribu saja lho. 

 

Untuk prodi yang selama ini selalu ramai pendaftar di UIN SUKA adalah prodi Pendidikan Agama Islam dan prodi Perbankan Syariah. Apakah UIN SUKA masuk di kriteria kampus idaman kamu?

4. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Sejak tahun 2014 lalu, UPN Veteran Yogyakarta sudah berganti status menjadi perguruan tinggi negeri. UPN pun juga sudah terakreditasi A lho. Kampus ini juga terkenal dengan jurusan-jurusannya yang berkaitan dengan pertambangan dan perminyakan. 

 

Nah, untuk kamu yang tertarik berkarir di PT. Pertamina, Freeport Indonesia, atau pun di  PT. Kaltim Prima Coal, kamu bisa mulai mencari-cari informasi pendaftaran untuk bisa berkuliah di UPN. Tertarik? 

 

5. Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Kalau kamu mau melanjutkan kuliah di bidang seni, jangan lupa untuk mendaftar ke Institut Seni Indonesia Yogyakarta ya! Selain kampusnya yang sudah terakreditasi A, hampir seluruh prodi di ISI pun juga sudah mendapat akreditasi A. 

 

Pada awal tahun 2021 lalu, ISI Yogyakarta mendapat peringkat 101-150 untuk subjek seni dan desain dan peringkat 51-100 untuk subjek seni pertunjukan di level internasional menurut QS World University Rankings. Impressive banget ya!

 

6. Universitas Sanata Dharma

Kampus USD (Universitas Sanata Dharma) merupakan universitas swasta di Yogyakarta yang juga telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat A lho. Universitas Sanata Dharma dulunya dikenal dengan nama IKIP Sanata Dharma. 

 

Saat ini kampus USD sudah memiliki 23 program studi yang bisa kamu pilih sesuai dengan incaranmu. Kampus ini terkenal dengan program studi bahasa Inggrisnya lho!

7. Universitas Ahmad Dahlan

Kampus Universitas Ahmad Dahlan (UAD) telah mendapatkan akreditasi A sejak tahun 2017 lalu lho. Kampus swasta ini merupakan pengembangan dari kampus yang dulunya dikenal dengan nama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Yogyakarta.

 

Selain menawarkan program studi kependidikan, UAD saat ini juga menawarkan puluhan prodi non kependidikan lainnya. Salah satu program studi yang selalu ramai peminat di kampus UAD adalah prodi farmasi.

 

8. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Universitas selanjutnya yang patut kamu pertimbangakan untuk melanjutkan pendidikan tinggi adalah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau sering disingkat dengan UMY. UMY pada tahun 2022 masuk dalam peringkat ke 16 sebagai kampus terbaik di indonesia menurut QS AUR.

 

Prestasi dan keunggulan kampus ini tak perlu kamu pertanyakan lagi deh. UMY saat ini juga memiliki 8 fakultas yang terdiri dari 3 program vokasi, 23 program sarjana, 7 program magister, 3 program doktor dan 5 program pendidikan profesi.

 

9.  Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia, disingkat sebagai UII, merupakan universitas swasta tertua di Indonesia. Selain kampusnya yang sudah terakreditasi A, hampir seluruh program studi di UII juga sudah terakreditasi A pula lho.

 

Universitas yang telah didirikan sejak tahun 1945 lalu ini mendapat peringkat sebagai perguruan tinggi Islam terbaik di Indonesia versi Webometrics. Apa UII masuk dalam kampus incaran kamu?

10. Universitas Atma Jaya Yogyakarta 

Rekomendasi kampus di Jogja yang sudah terakreditasi A adalah Universitas Atma Jaya Yogyakarta atau UAJY. UAJY sudah didirikan sejak tanggal 27 September 1965 lalu. Sudah cukup lama ya?

Beberapa prodi yang selalu ramai peminat di UAJY, yaitu prodi Ilmu Hukum, Manajemen atau Akuntansi, dan Teknik Industri. Tertarik lanjut kuliah di UAJY?

 

Itu tadi daftar rekomendasi kampus di jogja yang sudah terakreditas A. Semoga daftar diatas bisa jadi panduan kamu memilih kampus incaran kamu ya. Dan Jangan sampai salah pilih kampus yang tidak terakreditasi.

 

Apa para sobat Englishvit tahu kalau kemampuan bahasa Inggris juga penting dimiliki sebelum kamu masuk perguruan tinggi? Sebagian besar kampus akan menguji kemampuan bahasa Inggris kamu lewat tes TOEFL lho. Skor tes TOEFL di universitas sering digunakan sebagai persyaratan kelulusan dan persyaratan saat mendaftar beasiswa.

 

Yuk, persiapkan diri kamu dengan mengikuti program Grammar for TOEFL Hack di Englishvit. Di program Grammar for TOEFL Hack, kamu akan mendapatkan tips and trik mengerjakan soal grammar TOEFL dari guru yang profesional dan berpengalaman. Tunggu apalagi? Klik DI SINI untuk mendaftar program Grammar for TOEFL Hack!