15 Fakta Kampung Inggris yang banyak orang nggak tahu. Banyak yang sudah mengenal Kampung Inggris sebagai tempat kursus bahasa Inggris paling populer di Indonesia. Tapi banyak yang gak tahu kalau sebenarnya Kampung Inggris bukanlah sebuah kampung.

Fakta Kampung Inggris

Mungkin sebagian dari kamu sudah tau fakta tentang Kampung Inggris. Tapi ada fakta lain yang gak banyak orang tau tentang Kampung Inggris. Ini dia 15 fakta Kampung Inggris berdasarkan penuturan dari orang-orang yang tinggal di Kampung Inggris.

1. Kampung Inggris bukan nama lembaga

Mungkin sebagian kalian taunya kalo Kampung Inggris itu adalah nama kursusan yang ada di Pare. Tapi sebenarnya Kampung Inggris merupakan kumpulan dari banyaknya ratusan lembaga kursus yang ada di 2 desa, yaitu desa Tulungrejo dan desa Pelem, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

2. Gak semua masyarakat berbahasa Inggris

Untuk masyarakat yang tinggal disekitar masih tetap pake bahasa Jawa untuk berkomunikasi. Adapun yang selalu berbicara dengan bahasa Inggris adalah para pelajar kursus yang mana di lingkungan belajar dan asrama wajib untuk berbahasa Inggris. Namun, seiring perkembangan waktu, hampir sebagian warga mulai bisa berbahasa Inggris, seperti para pedagang.

3. Program yang ada di Kampung Inggris gak hanya bahasa Inggris

Selain bahasa Inggris, ada berbagai macam bahasa lainnya yang ada di Kampung Inggris ini. Mulai dari bahasa Arab, Jepang, Mandarin, Korea, Prancis, dan bahasa lainnya. Jadi kalo kamu mau belajar bahasa lain selain bahasa Inggris juga bisa disini.

4. Alat transportasi utama adalah sepeda

Hampir seluruh pelajar yang belajar di Kampung Inggris menggunakan sepeda sebagai alat transportasi utama. Ketika kamu sampai di Pare, bakal ada sepeda sejauh mata memandang karena mereka menggunakannya untuk pergi ke kelas, nyari makan, atau juga jalan-jalan disekitar. Selain sepeda, ada juga sebagian yang menggunakan motor kok.

5. Program belajar dimulai tanggal 10 dan 25 setiap bulan

Kalo kamu mau belajar di Kampung Inggris, harus tau dulu kalo program kelas dari semua kursusan dibuka setiap bulan di tanggal 10 dan 25. Jadi pastikan kamu udah daftar sebelum kedua tanggal ini ya!

6. Tidak banyak bule yang ada di Kampung Inggris

Meskipun namanya Kampung Inggris, justru disini kamu tidak akan menemukan banyak bule atau native speakers. Di Kampung Inggris kebanyakan terdiri dari warga lokal yang memang jago bahasa Inggris. Meskipun begitu, kamu tetap bisa kok belajar bahasa Inggris.

7. Belajar sekaligus berwisata

Gak cuman belajar, di Kampung Inggris kamu bisa sambil jalan-jalan di sekitarnya kok. Mulai dari kulineran ketan susu, pergi wisata ke Bromo, Gunung Kelud, Kota Batu dan tempat wisata lainnya yang ada di sekitar Kediri.

8. Kampung Inggris bukan kampung terpelosok

Walaupun kota kecil, nyatanya Pare punya berbagai kebutuhan secara lengkap layaknya kota besar. Selain itu, di Kampung Inggris yang sudah dikenal hingga pelosok nusantara ini juga sudah menyediakan berbagai fasilitas penunjang bagi warganya. Mulai dari tersedianya supermarket, mesin ATM, tempat hiburan hingga sarana umum lainnya yang tergolong sebagai fasilitas publik.

9. Biaya hidup yang murah banget

Disini kamu juga bisa sekalian berhemat loh! Di Kampung Inggris ini biaya hidup sangat terjangkau sehingga kebanyakan pelajar yang sudah belajar disini, salah satunya aku sendiri sangat betah tinggal di Pare.

10. Lingkungan belajar yang mendukung

Karena banyak orang yang datang kesana khusus untuk belajar, maka di Kampung Inggris adalah lingkungan yang cocok untuk kamu belajar. Kita akan dengan mudah untuk praktek berbicara, dan juga ada banyak teman yang sama-sama belajar bahasa Inggris menjadikan semangat terjaga.

11. Gak ada camp yang 1 kamar berisi 1 orang aja

Karena belajar bahasa Inggris gak cuman di kelas aja, di tempat tinggal pun tetep harus pake bahasa Inggris loh! Makanya hampir di setiap kursusan yang menyediakan English camp area mewajibkan para pelajar untuk speaking English di dalam kehidupan sehari-hari. Nah untuk memaksimalkan saat berkomunikasi, gak ada camp yang berisi 1 orang aja di tiap kamarnya. Kecuali kamu mutusin untuk tinggal sendiri di kos.

12. Belajar bareng tanpa batasan umur

Enaknya kalo belajar di Kampung Inggris Pare ini adalah kamu bisa belajar bersama-sama tanpa mikirin umur. Bahkan kamu bisa nemuin tutor yang mengajar berasal dari lulusan SMA atau peserta yang sudah bekerja memutuskan untuk belajar disini. Bakalan seru deh kalo belajar di Pare!

13. Dapat banyak teman baru bahkan teman seperjuangan

Kamu bisa temukan orang-orang yang belajar di Pare berasal dari berbagai daerah yang ada di seluruh Indonesia dengan latar belakang yang bermacam-macam. Dengan tujuan beragam, seperti belajar bahasa Inggris untuk masuk universitas, beasiswa luar negeri, atau CPNS membuat kamu bisa bertemu teman seperjuangan karena punya tujuan yang sama.

14. Pare itu jahat!

Kalau kamu yang udah pernah ke Pare pasti dah tau istilah ini kan? Kenapa sih bisa ada istilah kayak gini? Berawal dari orang-orang yang datang ke Pare untuk belajar, lalu saling ketemu dan sama-sama belajar bareng. Sampai akhirnya makin asik karena makin akrab dan juga kemana-mana bareng tapi harus pisah karena masa periode belajar yang di tanggal 10 dan 25 udah selesai. Makanya muncul istilah kayak gini karena awalnya kita ketemu di Pare tapi harus pisah di Pare juga deh.

15. Surganya kuliner

Last but not least, penting banget dilakuin kalo kamu ke Pare adalah hunting kuliner yang ada disana. Kamu bisa nemuin berbagai macam kuliner khas daerah saat kamu belajar di Pare ditambah lagi dengan harga yang super-duper murah. Mulai dari Ketan susu, nasi pecel dan lainnya.

Ini dia kumpulan fakta menarik yang harus kamu ketahui tentang Kampung Inggris. Kedengarannya seru ya? Maka dari itu setelah ini mulai rencanakan untuk menghabiskan waktu belajar di Kampung Inggris ya! Aku sendiri rasanya ingin balik lagi kesana karena secinta itu dengan Kampung Inggris. Selain dapat ilmu, kamu juga bakal dapat banyak teman baru plus sekalian berwisata juga. Kalau kamu mau mencari kursus di Kampung Inggris, langsung aja klik disini yang berisi info seputar Kampung Inggris plus daftar rekomendasi kursus di Kampung Inggris.