Beasiswa Korea Selatan terbaik selain Global Korea Scholarship (GKS) itu ada banyak dan of course nggak kalah menarik sama GKS. Kalau kamu pengen jadi salah satu mahasiswa kampus di Korea Selatan dan berharap bisa datengin tempat-tempat syuting Drama Korea favorit kamu, simak terus ke bawah ya! 

Sebagai pecinta Drakor atau Drama Korea aku pengen banget bisa datengin lokasi-lokasi syuting drama favoritku. Pengen banget bisa pergi ke Busan, Namsan Tower, atau sekedar ngelewatin tempat-tempat random yang ada di Korea. Kayaknya enak banget bisa tinggal di sana dan nikmatin cuaca yang nggak ada di Indonesia. 

Salah satu opsi agar impian aku terwujud ya dengan kuliah dan dapet beasiswa di Korea Selatan. Banyak banget yang nyaranin aku buat daftar GKS, tapi aku butuh banyak referensi beasiswa biar aku juga punya kesempatan lebih. Untungnya banget nih, ada seleb twitter namanya Alira yang kuliah di Korea Selatan dan sering bagi-bagi info beasiswa. 

Setelah aku kumpulin, ternyata ada 3 beasiswa selain GKS yang ada di Korea selatan. Ini dia daftarnya: 

  • POSCO Asia Fellowship Scholarship

Beasiswa ini adalah beasiswa yang diberikan oleh POSCO TJ Park Foundation kepada beberapa negara di Asia termasuk Indonesia untuk jenjang S2 dan S3. Beasiswa ini juga bertujuan meningkatkan talenta anak muda di kawasan Asia dalam bidang akademik dan budaya. Walaupun tidak menutup berbagai program studi dalam penerimaan beasiswa, namun POSCO mengutamakan beberapa program studi seperti International Studies, Korean Studies, Public Policy, Science dan Engineering. Buat lebih lengkapnya kamu bisa cek website resmi mereka di sini. 

  • Hyundai Chung Mong-Koo Global Scholarship

Disupport oleh Hyundai Motor Company, beasiswa ini adalah bentuk dari dukungan Hyundai untuk mahasiswa internasional yang ada di 8 negara ASEAN termasuk Indonesia untuk berkuliah di Korea Selatan dengan jenjang S2, S3, dan fast track S2-S3. Walaupun benefit dari beasiswa ini bisa dikatakan banyak namun beasiswa ini hanya mendukung program Ekonomi, Manajemen, Teknik Industri dan beberapa program teknik, serta Korean Studies. Buat yang pilihan programnya nggak termasuk dalam beasiswa ini, jangan sedih ya.. Beasiswa di Korea Selatan nggak cuma Hyundai Chung Mong-Koo Global Scholarship kok! Oiya biar tambah paham lagi sama beasiswanya cek ke website resminya aja! Cek ke Hyundai Chung Mong-Koo Global Scholarship

  • Ewha International Student Scholarship

Ewha International Student Scholarship adalah beasiswa yang diberikan oleh Ewha Womans University kepada mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan kuliah di Korea Selatan. Ewha Womans University punya banyak pilihan beasiswa yang bisa kamu coba. Dari yang partially funded sampai yang fully funded, Ewha ada semua.. Beasiswa yang ditawarin sama Ewha juga tersedia dari jenjang S1 sampai S3, komplit banget kan ya! Sayangnya sesuai dengan nama dari universitas, Ewha Womans University ini khusus perempuan ya. Yang masih nggak percaya kalau kampus ini cuman buat perempuan cek aja nih websitenya di sini!

Banyak kan pilihan beasiswa yang ada di Korea Selatan… semuanya bisa kamu coba lho biar mimpi kamu buat pergi ke Korea Selatan dan nikmatin cuaca di sana bisa jadi kenyataan dan nggak cuman angan-angan aja.  

Ngomong-ngomong mau daftar beasiswa, TOEFL nya apa kabar? Buat yang lagi persiapan TOEFL kamu bisa nih cek 5 Tips Menjawab Soal Grammar TOEFL di sini dan tingkatin TOEFL kamu sekarang!