4 Langkah mudah untuk persiapan kuliah luar negeri bisa kamu lakukan dalam waktu dekat. Mungkin nggak kira-kira? Kalau kata orang tuaku sih, nggak ada yang nggak mungkin asalkan mau bergerak buat mewujudkan itu. Kalau cuma sekedar angan-angan dan sebatas rencana aja mana mungkin bisa. Biar nggak cuma sekedar angan-angan, simak tulisan di bawah ini buat persiapan kuliah luar negeri dalam waktu singkat!

Nyiapin kuliah di dalam negeri aja kadang repot apalagi nyiapin kuliah ke luar negeri, ribetnya pasti berkali lipat dan nguras banyak waktu. 

Haduh… Nggak seharusnya kamu punya pikiran buruk di atas guys. Hal-hal yang cuma dipikirin itu emang sering banget keliatan ribet dan menakutkan tapi kamu harus tau, apapun ketakutan dan hal-hal buruk yang tumbuh dan berkembang di otak kamu itu nggak nyata. Kalau kata Kunto Aji di lagu Rehat sih,

🎶 Jangan berhenti, yang kau takutkan takkan terjadi...

Malah jadi nyanyikan, balik ke topik ya. Tanpa basa-basi lagi ini dia langkah persiapan kuliah luar negeri dalam waktu singkat: 

  • Langkah Awal
    • Cari Tau Kampus & Beasiswa

Langkah paling awal adalah kita harus tau kira-kira kampus mana yang dalam beberapa bulan kedepan buka pendaftaran. Kalau kamu mau daftar beasiswa berarti harus cari tahu juga beasiswa mana aja yang bakal buka pendaftaran dalam waktu dekat. Ini bener-bener langkah awal untuk langkah-langkah selanjutnya jadi pastiin kalau kamu lakukan langkah awal ini seefektif mungkin biar nggak buang-buang waktu.

  • Persiapan TOEFL/IELTS

Sembari cari tau tentang kampus dan beasiswa, kamu juga harus menyiapkan TOEFL/IELTS. Kenapa harus disiapin? Karena TOEFL/IELTS selalu jadi syarat yang sering banget diminta dari mahasiswa internasional. Ambil test prediction TOEFL/IELTS biar tau sampai mana kemampuan yang kamu punya. Hal itu juga memudahkan kamu buat belajar lebih efektif dalam waktu singkat. Tapi kalau kamu nggak mau ribet-ribet nyiapin TOEFL/IELTS bisa coba daftar beasiswa tanpa TOEFL/IELTS, lengkapnya bisa baca di artikel Beasiswa S1 Fully Funded di Korea Selatan : KGSP dan Beasiswa Monbukagakusho (MEXT) Kuliah S1 ke Jepang 

  • Langkah Kedua
    • Tentukan Kampus dan Beasiswa Pilihan

Kalau udah tau kampus dan beasiswa mana aja yang membuka pendaftaran dalam waktu dekat, kamu pilih deh kampus-kampus dan beasiswa mana aja yang jadi pilihan kamu. Cari tau secara mendalam tentang kampus dan beasiswa dan pastikan kalau kampus dan beasiswa yang kamu pilih sesuai dengan keinginan dan tujuan kamu.

  • Belajar & Latihan Soal TOEFL/IELTS

Mulai belajar dan kerjakan latihan soal tentang TOEFL/IELTS setelah kamu tau kemampuan TOEFL/IELTS. Karena waktu yang kamu punya nggak banyak kerjakan dua hal itu secara intensif. Latihan soal bisa kamu cari di internet dan buku-buku atau kalau kamu mau daftar ke lembaga persiapan tes IELTS/TOEFL biar totalitas juga bisa. Kamu juga bisa nih cek artikel Tips dan Trik Persiapan Test TOEFL buat dukung belajar kamu. 

  • Langkah Ketiga
    • Cicil Syarat

Mulai cicil syarat pendaftaran kampus dan beasiswa yang kamu pilih. Karena mengumpulkan persyaratan ini akan lama, pastikan kalau kamu tidak mengundur-ngundur waktu dalam mencicil syarat pendaftaran. Inget ya, waktu terus berjalan dan kamu ngga boleh lengah untuk mencicil syarat-syarat itu. . 

  • Ambil Test TOEFL/IELTS

Kalau udah merasa siap dan yakin dengan kemampuan yang kamu punya, mulai cek jadwal test TOEFL/IELTS dan pilih jadwal yang sesuai. Karena test TOEFL/IELTS untuk kuliah ke luar negeri itu mahal, kamu harus siapin dengan mateng dan jangan setengah-setengah baik dalam belajar maupun saat pengerjaan test. 

  • Langkah Keempat
    • Daftar Kampus dan Beasiswa

Yang terakhir atau yang paling penting, mulai untuk mendaftar kampus dan beasiswa yang telah membuka pendaftaran. Pastikan kalau persyaratan kamu sudah sesuai dengan yang diinginkan. Jangan tunggu sampai hari akhir pendaftaran karena menunda-nunda hal itu nggak baik! 

Itu dia persiapan-persiapan yang bisa kamu lakuin dalam kurun waktu yang singkat. Hal apapun itu bisa dikerjakan dengan waktu yang cepat asalkan kamu mau bergerak dan nggak nunda-nunda pekerjaan yang kamu punya. 

Baca juga beberapa artikel tentang TOEFL yang udah ditulis sama tim Englishvit di sini