Belajar bahasa Inggris itu bisa dari mana aja, termasuk dari Youtube. Jadi, nggak cuma buat musikan atau nonton vlog doang. Karena Youtube juga punya banyak pilihan channel untuk belajar bahasa Inggris. Apa aja sih channel-nya? Check this out!

  • World Friends

Channel satu ini memang gak cuma fokus belajar bahasa Inggris. Tapi, dari World Friends, kamu bisa belajar lebih banyak tentang perbedaan bahasa Inggris yang ada di berbagai negara seperti; Inggris, Amerika, dan juga Australia. Jadi, kalau dengan nonton World Friends, kamu bakal tau kalau kosa kata yang dipakai di Inggris dan Amerika belum tentu sama dengan yang di Australia.   

  • Yanto Tanjung

Pak Yanto Tanjung sebagai one and only teacher di channel ini memberikan pembelajaran TOEFL untuk pemula. Bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, serta penjelasan yang runtut dan terperinci adalah senjata pamungkas Pak Yanto. Kalau kamu lihat videonya, banyak banget loh respon positif dari netizen.

  • TEDxTALKS

Kalau channel ini sih isinya seminar dari orang-orang hebat. Lah sesi belajar bahasa Inggrisnya mana? Ya dari mendengarkan seminar mereka! Belajar yang aku maksud dari channel ini adalah belajar listening ya. Kamu bisa aktifin subtitle jika perlu atau perlambat kecepatan video di pengaturan. Sambil menyelam, makan ikan. Sambil belajar bahasa Inggris, dapet ilmu baru. Mantul kan!

  • English Class 101

Kalau tadi Pak Yanto bahas tentang TOEFL, Teacher Alisha dari English Class 101 membahas bahasa Inggris lebih luas lagi. Dia memberikan tips-tips belajar bahasa Inggris yang beragam, mulai dari vocab sehari-hari sampai grammar. Semuanya dibahas lengkap di channel English Class 101. Sabi nih!

  • Learn English with TV Series

Kalau kamu suka nonton, ini nih yang kamu cari-cari. Channel ini akan mengajakmu belajar bahasa Inggris dengan cuplikan film dan series terkenal seperti FRIENDS, Harry Potter, Peaky Blinders, The Lion King dan masih banyak lagi. Dijamin gak bakalan bosen deh, karena penjelasannya jelas banget. 

Banyak kan channel YouTube buat belajar bahasa Inggris, metodenya beragam pula. Kamu bisa pillih deh mana yang palik cocok dengan cara belajar kamu. Oiya, jangan lupa practice karena bahasa Inggris itu bukan dirasakan tapi dipraktikkan. Kalau aku sih sukanya belajar bahasa Inggris di Aplikasi Slowly. Apa itu Slowly? Klik di sini ya kalau kamu penasaran!