Ini dia jurusan-jurusan kuliah yang butuh skill bahasa Inggris. Pasti kamu udah familiar dengan statement kalau bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang dipakai untuk berkomunikasi antar negara-negara di dunia. Yups, statement ini kerasa banget efeknya terutama di social media. Kamu bakal ketinggalan banyak informasi-informasi penting dan terbaru jika tidak bisa berbahasa Inggris.

 

Selain dipakai dalam setting kehidupan sehari-hari atau untuk berbisnis, bahasa Inggris juga intens dipakai di dunia pendidikan, terutama di jenjang perkuliahan, even though jurusan-jurusannya bukan termasuk dalam jurusan bahasa Inggris.

 

Kali ini Englishvit akan membahas satu per satu jurusan-jurusan dalam perkuliahan yang biasanya membutuhkan skill bahasa Inggris as a reference buat para sobat Englishvit yang masih galau mau ngelanjutin kuliah ke jurusan apa. Check it out!

 

Jurusan kuliah yang butuh kemampuan bahasa Inggris

 

 

1. Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris

Dari namanya saja sudah jelas kalau jurusan sastra Inggris dan pendidikan bahasa Inggris butuh skill bahasa Inggris untuk bisa survive selama perkuliahan. Jangan anggap kuliah di jurusan bahasa Inggris kamu bisa masuk kuliah tanpa ada basic kemampuan bahasa Inggris.

 

No! Salah besar! Jurusan bahasa Inggris bukan tempat untuk les bahasa Inggris. Dari hari pertama kuliah pun akan dosen akan menyampaikan materi dengan bahasa Inggris. So, it’s better kalau kamu udah punya basic kemampuan bahasa Inggris sebelum masuk jurusan ini.

 

 

2. Hubungan Internasional

Meskipun jurusan ini nggak ada hubungannya dengan bahasa, tapi kuliah di jurusan hubungan internasional cukup banyak butuh skill bahasa Inggris lho. Di jurusan ini nantinya kamu akan belajar tentang hubungan diplomatik antar bangsa-bangsa, cara bernegosiasi dan berdiplomasi dengan negara-negara lain. 

 

Karena bahasa yang digunakan secara internasional adalah bahasa Inggris, otomatis kamu harus bisa dan punya, at least, basic skill speaking, writing, listening, reading bahasa Inggris untuk bisa berkomunikasi dan menjalin hubungan baik dengan negara lainnya. 

 

Moreover, lulusan dari jurusan HI pasti mengincar untuk bekerja di kementerian luar negeri. Persyaratan untuk bisa diterima bekerja di kementrian ini pun harus jago bahasa Inggris lho. That’s why mahasiswa jurusan HI harus punya skill bahasa Inggris yang bagus.

 

 

3. Pariwisata dan Perhotelan

Sudah bukan jadi rahasia lagi kalau mahasiswa pariwisata dan perhotelan diwajibkan untuk bisa berbahasa Inggris. Prospek kerja lulusan pariwisata dan perhotelan pasti akan ada hubungannya dengan wisatawan dari luar negeri. Selama perkuliahan pun banyak buku dan referensi pembelajaran yang hanya tersedia dalam bahasa Inggris. 

 

Jika sudah lulus mahasiswa lulusan jurusan pariwisata bisa menjadi tour guide. Dan tour guide pun juga akan butuh skill bahasa Inggris kalau mau mendapatkan gaji yang besar dengan cara menargetkan wisatawan luar negeri. 

 

 

4. Ilmu Komunikasi

Mahasiswa jurusan ilmu komunikasi memang tidak diwajibkan punya kemampuan bahasa Inggris. Tapi, kemampuan ini akan sangat bermanfaat nantinya untuk menunjang proses perkuliahan. Di jurusan ini kamu akan belajar tentang cara-cara menyampaikan menyampaikan informasi ke audiences secara tepat dan efektif. 

 

It’s important to have English skill supaya kamu bisa reach out more audiences dengan pakai bahasa Inggris. Di jurusan ini, bakalan ada juga mata kuliah wajib bahasa Inggris yang harus kamu ikuti lho. 

 

Selain itu, saat terjun ke lapangan pekerjaan nanti, kemampuan ini juga akan dibutuhkan sebagai nilai plus, serta untuk berkomunikasi maksimal di dunia kerja. Nggak lucu dong, kalau mahasiswa komunikasi tapi nggak bisa lancar berkomunikasi dengan orang lain?

 

 

5. Hubungan Masyarakat atau Public Relation

Jurusan public relation atau PR bertujuan untuk mencetak dan mempersiapkan calon-calon humas untuk perusahaan atau organisasi-organisasi. Jurusan ini akan mempersiapkan kamu untuk bisa berkomunikasi dengan baik, karena nantinya lulusan dari  jurusan ini akan jadi penghubung antara perusahaan dan masyarakat. 

 

Kemampuan bahasa Inggris bakal mempermudah proses perkuliahan kamu nantinya, karena nantinya kamu akan dituntut untuk bisa membuat press release dalam bahasa Inggris lho. It’ll create bad impression kalau sampai-sampai PR perusahaan, as the face of a company nulis dan ngomong pake bahasa Inggris yang belepotan sih?

 

Nah, itu dia jurusan-jurusan di perkuliahan yang banyak membutuhkan skill bahasa Inggris untuk menunjang kegiatan belajar saat kuliah. Apapun jurusan yang ingin kamu masuki atau kamu incar, nggak ada salahnya lho kalau kamu punya kemampuan bahasa Inggris yang bagus.

 

Buat sobat Englishvit yang baru belajar bahasa Inggris dari nol, tapi bingung harus memulai dari mana? Atau kamu sudah belajar bahasa Inggris tapi kemampuanmu masih kayak gitu aja? Atau juga mungkin kamu mengalami permasalahan seperti di bawah ini:

  • Belum punya skill dasar untuk menguasai bahasa Inggris
  • Tidak PD untuk bicara bahasa Inggris karena takut salah grammar
  • Susah memahami grammar dan penggunaannya
  • Sudah ikuti les bahasa Inggris tapi masih belum ada peningkatan
  • Nggak punya partner untuk belajar bahasa Inggris

 

Kalau kamu mengalami permasalahan-permasalahan di atas, tenang aja. Englishvit punya solusinya lho. Kamu bisa ngatasin masalah-masalah diatas dengan ikutan live class English for Basic di Englishvit!

 

Kelas English for Basic, cocok banget buat kamu para pemula, karena kamu bakal diajarin skill-skill dasar bahasa Inggris dari NOL sampai BISA. Setelah ikut kelas English for Basic, kamu dijamin bisa:

  • Punya skill dasar speaking, listening, writing, reading bahasa Inggris
  • Percaya diri untuk bicara pakai bahasa Inggris
  • Tidak bingung ketika ditanya dengan bahasa Inggris karena paham grammar dan vocabulary
  • Punya partner belajar bahasa Inggris yang profesional dan tidak judgmental

 

Ini kata ex student Englishvit yang pernah ikutan belajar di program live class English for Basic.

 

 

Menarik kan? Ada banyak banget keuntungan yang bisa kamu dapat dengan join live class English for Basic? Tunggu apalagi? Klik DI SINI untuk mendaftar live class English for Basic.

 

Kalau kamu tertarik dan ingin bertanya-tanya dulu seputar program live class English for Basic, kamu bisa menghubungi admin langsung di bawah ini untuk berkonsultasi secara GRATIS. Sampai ketemu di kelas!