Emang bisa belajar bahasa Inggris dari nonton series? Jawabannya tentu saja sangat bisa dong! Kalau kamu bosan belajar bahasa Inggris lewat buku atau dengan tutor, nonton series bahasa Inggris bisa jadi salah satu solusinya. Selain terhibur kamu juga sekaligus bisa belajar lho. 

Nonton series bahasa Inggris bisa jadi salah satu cara kamu untuk menambah vocabulary dan mempelajari cara bicara native speakers dalam kehidupan sehari-hari. Mempelajari bahasa sebenarnya bisa dilakukan melalui tayangan apapun asal kita memiliki kemauan untuk belajar, dan tidak hanya menikmatinya saja.

Rekomendasi Series TV Terbaik untuk Belajar Bahasa Inggris Bagi  Pemula

Untuk kamu yang ingin belajar bahasa Inggris lewat nonton series TV, yuk simak daftar rekomendasi series mudah untuk belajar bahasa Inggris di bawah ini!

1. Anne with An E

Anne with An E adalah serial TV yang diadaptasi dari buku Anne of Green Gables karya Lucy Maud Montgomery. Series ini menceritakan tentang Anne, seorang gadis muda berumur 13 tahun yang berambut merah. Ia adalah seorang yatim piatu yang diadopsi oleh sepasang kakak beradik, Matthew and Marilla Cuthbert yang hanya tinggal berdua dan tak pernah menikah. Konflik yang ada di series ini tak jauh dari topik-topik ketidaksetaraan gender, kemiskinan, pernikahan, hingga isu LGBT. 

Walaupun berlatarkan di abad ke 19, series ini masih sangat mudah untuk dipahami oleh pemula walaupun tanpa subtitle sekalipun. Serial Anne With An E sudah tayang sebanyak 3 musim yang terdiri dari 27 episode. Jika kamu tertarik belajar bahasa Inggris dengan nonton serial tv, kamu bisa memutar serial Anne With An E melalui layanan Netflix.

2. The Crown

Buat kamu yang tertarik belajar bahasa Inggris dengan aksen British, series ini bakal cocok banget buat kamu! The Crown merupakan serial tv yang mengangkat kisah nyata pemimpin Inggris, Ratu Elizabeth II. series ini menceritakan lika liku perjalanan hidup Ratu Elizabeth II dari ia belum menjadi orang nomor satu di Inggris hingga menjadi Ratu Inggris yang sampai saat ini masih dijabatnya.

Jika kamu kesulitan menangkap maksud orang yang berbicara dengan aksen British, kamu bisa gunakan serial ini untuk latihan listening sekaligus menangkap vocabulary yang digunakan percakapan para pemain The Crown. Saat ini sudah ada 40 episode dalam series The Crown yang terbagi dalam 4 musim. Kamu bisa menonton serial tv ini melalui layanan streaming film Netflix saja.

3. Stranger Things

Stranger Thing pertama kali rilis tahun 2016. Serial tv yang sebagian besar dibintangi oleh anak-anak ini dimulai dengan menceritakan tentang seorang anak bernama Will Byers yang diculik oleh sebuah monster saat ia hendak pulang ke rumah dengan menggunakan sepeda. Monster ini kabur dari Laboratorium National Hawkins yang saat, di tahun 1983, sedang melakukan penelitian untuk membuka tabir ke dunia lain.

Karena sebagian besar pemainnya adalah anak-anak, series ini cukup mudah untuk dinikmati tanpa subtitle. Kosakata yang digunakan dalam serial tv ini cukup familiar untuk para pemula. Series ini saat ini hanya bisa kamu tonton melalui layanan streaming film Netflix. Sudah ada 25 episode dalam serial Stranger Things yang terbagi menjadi 3 musim.

4. Fleabag

Fleabag secara garis besar menceritakan kehidupan wanita modern bernama Fleabag yang berlatarkan di kota London. Fleabag adalah wanita yang tidak pernah serius dalam hal percintaan. Ia selalu berganti-ganti pasangan dan tak pernah serius dalam menjalin hubungan. Dibalik tamengnya sebagai seorang wanita yang anggun dan menawan, Fleabag sebenarnya merupakan seseorang yang serakah, sesat, egois, apatis, sinis, dan bejat.

Kosakata bahasa Inggris yang digunakan dalam series ini cocok banget buat kamu yang berada di level intermediate yang ingin menambah hafalan kosakata. Serial tv yang pertama kali tayang tahun 2016 ini sudah memiliki 2 musim yang terdiri dari 12 episode. Fleabag bisa kamu tonton melalui layanan streaming film Amazon Prime Video.

5. Criminal Minds

Criminal Minds merupakan serial asal Amerika yang bercerita tentang sebuah divisi di FBI bernama BAU (Behavioral Analysis Unit) yang bertugas menangkap pembunuh berantai yang tersebar di seluruh negara-negara bagian di Amerika. Dengan informasi yang didapat melalui perilaku dan masa lalu para pembunuh berantai ini, para anggota FBI ini mampu menangkap dan memenjarakannya. 

Serial Criminal Minds cocok untuk kamu yang ingin menambah vocabulary tentang hal-hal yang berkaitan dengan penyelidikan kasus, kepolisian, dan kejahatan. Tiap-tiap episode dalam serial ini menceritakan hal yang berbeda-beda. Kamu dijamin tidak akan mudah bosan saat menontonnya. Ada 15 musim dari serial ini yang bisa kamu tonton melalui layanan streaming film Disney+.

Nah itu tadi rekomendasi series terbaik untuk belajar bahasa Inggris. Semoga rekomendasi tadi bisa menambah watch-list kamu ya!

Untuk sobat Englishvit yang ingin untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, yuk ikutan live class Next Level English di Englishvit. Kelas Next Level English cocok banget buat sobat Englishvit yang sudah bisa bahasa Inggris dan ingin menambah penguasaan vocabulary, penggunaan grammar, dan mengembangkan kemampuan speaking bahasa Inggris bersama guru yang interaktif, profesional dan berpengalaman. Tunggu apalagi? Klik DI SINI untuk mendaftar live class Next Level English.